Wakil Gubernur Jambi, H Abdullah Sani memberikan pencerahan pada pada Tasyakuran Hari Lahir 90 Gerakan Pemuda Ansor di Sekretariat Pengurus Wilayah (PW) GP Ansor Provinsi Jambi, Telanaipura, Kota Jambi, Provinsi Jambi, Rabu (24/4/2024). (Foto : Matra/DiskominfoJambi).

(Matra, Jambi) – Gerakan Pemuda (GP) Ansor perlu terus meningkatkan peran menjadi stabilisator (pencipta stabilitas kehidupan masyarakat) dan dinamisator (penggerak masyarakat) memajukan pembangunan daerah dan nasional. Peran tersebut penting untuk mendukung kiprah GP Ansor terus memberdayakan masyarakat di bidang pendidikan, sosial agama dan budaya.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Gubernur Jambi, Drs H Abdullah Sani, MPdI pada Tasyakuran Hari Lahir 90 Gerakan Pemuda Ansor di Sekretariat Pengurus Wilayah (PW) GP Ansor Provinsi Jambi, Telanaipura, Kota Jambi, Provinsi Jambi, Rabu (24/4/2024) malam.

Menurut Abdullah Sani, untuk meningkatkan peran dalam pembangunan, GP Ansor Jambi juga harus tetap memperkuat sinergitas (kerja sama) dengan pemerintah daerah. GP Ansur tidak lagi cukup mengambil peran sebagai penghubung/fasilitator pemerintah dengan masyarakat, tetapi juga menjadi penggerak pembangunan.

“Saya juga meyakini bahwa GP Ansor sebagai wadah mencetak kader – kader pemimpin bangsa di masa depan. Selama ini sudah cukup banyak kader GP Ansor yang berhasil menjadi pemimpin di tingkat daerah dan nasional,”katanya.

Aset Bangsa

Abdullah Sani mengatakan, pemuda merupakan aset bangsa yang tidak ternilai harganya. Pemuda menjadi agen perubahan bagi suatu bangsa dan negara menghadapi kemajuan. Pemuda bukan hanya sekedar harapan regenerasi. Namun pemuda juga merupakan bibit-bibit yang akan meneruskan sebuah peradaban. Sumpah Pemuda merupakan bukti hasil yang brilian bahwa pemuda mampu bergerak dan berjuang dalam menyatukan bangsa.

“Begitu pula dengan GP Ansor. GP Ansor memiliki arti penting bagi Indonesia termasuk Provinsi Jambi. GP Ansor hadir, bersatu dan berjuang mewujudkan masyarakat Indonesia yang demokratis, adil, makmur dan sejahtera berdasarkan ajaran Islam Ahlussunnah Waljama’ah,”katanya.

Menurut Abdullah Sani, usia 90 tahun bukanlah waktu yang singkat bagi GP Ansor. Sebagai organisasi besar yang menaungi pemuda Islam, GP Ansor tidak luput dari pasang surut karena berbagai tugas dan tantangan yang harus dihadapinya. Di usia ini, GP Ansor mampu membuktikan perjalanan panjang yang ditempuh, sebagai organisasi kepemudaan, kemasyarakatan, kebangsaan, keagamaan dan sebagai organisasi yang tangguh dengan anggota-anggotanya yang solid.

“Semoga jiwa solidaritas dan ketangguhan GP Ansor di masa depan terus mengkristal di hati masing-masing anggota. Dengan demikian GP Ansor dapat membentuk sistem regenerasi yang kuat, yang dapat membawa keutuhan GP Ansor di tahun-tahun berikutnya,”tambhanya.

Kemudian, lanjut Abdullah Sani, GP Ansor juga diharapkan dapat menjadi organisasi yang kuat. Karena itu GP Ansor harus tetap memantapkan pondasi fondasi istiqomah, solidaritas, soliditas, kekompakan, persaudaraan dan kemampuan bermusyawarah. Kemudian GP Ansor juga harus tetap mampu bekerja sama dengan seluruh pengurus dan anggota demi meningkatkan kemajuan bersama. Dengan demikian GP Ansor akan tetap mampu melahirkan kader-kader berkualitas yang berakhlak mulia.

Daya Saing

Dikatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi terus berupaya meningkatkan kualitas dan daya saing pemuda-pemudi Provinsi Jambi melalui program-program pembangunan diberbagai sektor. Baik pendidikan, budaya, kewirausahaan dan sebagainya.

Menurut Abdullah Sani, dalam Program Dumisake Pilar Jambi Tangguh, Pemprov Jambi memberikan Bantuan Modal Kerja bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) atau industri rumah tangga. Termasuk di dalamnya UMKM Millenial, Usaha Kreatif Mak-mak dan UMKM Pemula.

Hal ini diharapkan turut menumbuhkan minat pemuda-pemudi Provinsi Jambi untuk berwirausaha. Program tersebut selanjutnya diharapkan bisa menumbuhkan kemandirian ekonomi serta membuka lapangan kerja demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daerah.

“Selamat HUT ke-90 GP Ansor. Melalui semangat hari ulang tahun ini, GP Ansor teruslah berkarya, berinovasi dengan semangat pembaharuan membangun Tanah Air. Mari kita bersama-sama membangun pemuda-pemudi Indonesia umumnya dan Provinsi Jambi khususnya agar menjadi generasi yang tangguh, pantang menyerah dan berdaya saing dengan negara-negara lain,”katanya.

Sementara itu, Sekretaris Pengurus Wilayah GP Ansor Provinsi Jambi, Sahabat Habibi pada kesempatan tersebut mengatakan, GP Ansor dari periode Juli 2022 sampai Desember 2023 telah berhasil mencetak sekitar 3.262 orang.

“Seluruh kader kami harapkan tetap menjaga dan merawat loyalitasnya terhadap organisasi GP Ansor tanpa mengenal tempat dan waktu,”katanya. (Matra/AdeSM/WA).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *