Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Pinto Jayanegara (dua dari kanan) bersama siswa di salah satu sekolah di Jambi, Kamis (2/5/2024). (Foto : Matra/HumasDPRDJambi).

(Matra, Jambi) – Pendidikan merupakan salah satu kunci penting meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Provinsi Jambi. Melalui peningkatan kualitas pendidikan, kemampuan dan produktivitas sumber daya manusia (SDM) di Jambi akan semakin baik. Karena itu peningkatan kualitas pendidikan di Jambi harus terus diupayakan guna memperbaiki IPM.

Hal tersbeut diungkapkan Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Pinto Jayanegara terkait Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2024 di Jambi, Kamis (2/5/2024). Menurut Pinto Jayanegara, IPM Provinsi Jambi saat ini baru mencapai 73,73 atau masih berada pada peringkat tiga paling bawah di Indonesia. IPM Jambi tersebut lebih rendah dibandingkan rata-rata IPM nasional 74,39.

Menyikapi hal itu, Pinto Jayanegara meminta pemerintah daerah di Jambi, sekolah, guru, orang tua dan masyarakat harus bersinergi (bekerja sama) menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan berkualitas bagi para siswa. Hal itu penting untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan mencapai Jambi yang lebih sejahtera.

“Hardiknas tahun ini menjadi momen penting bagi kita untuk kembali fokus pada peran strategis pendidikan dalam meningkatkan IPM Provinsi Jambi. Pendidikan berkualitas merupakan kunci untuk melahirkan generasi muda yang cerdas, terampil dan berkarakter demi mendorong kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat,”jelasnya.

Menurut Pinto Jayanegara, pemerintah juga harus terus meningkatkan anggaran pendidikan dan memberikan perhatian yang lebih besar kepada sekolah-sekolah di daerah terpencil. Guru-guru harus terus meningkatkan kompetensi dan profesionalismenya.

“Kemudian orang tua harus memberikan dukungan dan dorongan kepada anak-anak mereka untuk belajar. Dan masyarakat harus ikut serta dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif,”tambahnya.

Pinto Jayanegara lebih lanjut mengatakan, Hardiknas juga merupakan momen penting untuk melakukan refleksi dan evaluasi kemajuan pendidikan di Indonesia, termasuk di Provinsi Jambi. Refleksi dan evaluasi pendidikan itu penting guna mengetahui sejauh mana kemajuan atau kualitas pendidikan di Jambi, baik kualitas pendidikan dasar, menengah maupun pendidikan tinggi.

“Hardiknas tahun ini menjadi momen penting untuk kita refleksikan dan evaluasi kemajuan pendidikan di Indonesia, termasuk di Provinsi Jambi. Kita harus bersyukur atas kemajuan yang telah dicapai. Namun kita juga harus terus berbenah diri untuk meningkatkan kualitas pendidikan di masa depan,”ujarnya.

Pinto Jayanegara mengharapkan, peringatan Hardiknas tahun ini juga diharapkan menjadi momentum bagi seluruh jajaran pendidikan untuk memperkuat komitmen bersama memajukan pendidikan di Indonesia. Hal itu penting karena pada hakekatnya pendidikan merupakan kunci penting membangun bangsa yang maju dan sejahtera.

“Saya optimis, melalui komitmen dan kerja sama semua pihak, IPM Provinsi Jambi dapat ditingkatkan secara signifikan melalui perbaikan kualitas pendidikan. Karena itu saya mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta dalam upaya memajukan pendidikan di Jambi,”katanya. (Matra/AdeSM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *