Gubernur Jambi, H Al Haris memeriksa suasana di dalam bus pada pelepasan mudik gratis warga Jambi ke Pulau Jawa di Terminal Alam Barajo, Kota Jambi, Provinsi Jambi, Jumat (5/4/2024). (Foto : Matra/DiskominfoJambi).

(Matra, Jambi) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi memfasilitasi mudik Lebaran gratis bagi sekitar 100 orang warga Jambi ke beberapa kota di Pulau Jawa. Pelepasan mudik gratis menggunakan dua unit bus antar kota antar provinsi (AKAP) tersebut dilakukan Gubernur Jambi, Al Haris di Terminal Alam Barajo, Kota Jambi, Provinsi Jambi, Jumat (5/4/2024).

Selain itu, Pemprov Jambi juga memfasilitasi mudik gratis bagi 328 orang mahasiswa asal Provinsi Jambi yang berada di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Rombongan mudik gratis mahasiswa Jambi perantauan tersebut tiba di Kota Jambi, Jumat (5/4/2024) menggunakan delapan unit bus AKAP.

Gubernur Jambi, H Al Haris ketika melepas rombongan mudik gratis ke Pulau Jawa tersebut mengatakan, pihaknya memberikan fasilitas mudik gratis bagi warga Jambi asal Jawa dua tahun terakhir. Program mudik gratis tersebut merupakan salah satu bentuk perhatian Pemprov Jambi kepada warga Jambi asal Jawa yang kesulitan ekonomi.

Melalui mudik gratis tersebut, warga Jambi asal Jawa yang sudah lama tidak pulang kampung bisa menikmati Lebaran (Idul Fitri) 1445 Hijriah (H) bersama sanak saudara maupun orang tua di kampung halaman mereka, Pulau Jawa.

“Kami berharap mudik gratis ini memberikan kegembiraan bagi seluruh peserta mudik gratis ini. Harapan kami, para peserta mudik gratis selamat-selamat sampai tujuan dan bisa nanti kembali ke Jambi dengan sehat dan selamat,”katanya.

Sementara itu, Staf Ahli Gubernur Jambi Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM), H Husairi dan Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jambi Drs Ariansyah, ME menyambut kedatangan rombongan mudik gratis mahasiswa asal Jambi Jabodetabek di Kota Jambi, Jumat, Jumat (5/4/2024) pagi.

H Husairi pada kesempatan itu mengatakan, mudik gratis bagi para mahasiswa asal Jambi di Jabodetabek tersebut juga merupakan salah satu perhatian khusus kepada para mahasiswa Jambi di perantauan. Melalui mudik gratis tersebut, para mahasiswa Jambi yang selama ini menimba ilmu di perantauan bisa bertemu keluarga di Jambi tanpa mengeluarkan biaya yang besar.

“Bagi para mahasiswa Jambi asal daerah kabupaten yang pulang kampung melalui mudik gratis tersebut bisa melanjtkan perjalanan dari Kota Jambi ke kampung halaman masing-masing dengan penuh kegembiraan,”katanya.

Sementara itu, Ketua Umum Persatuan Mahasiswa Jambi Jakarta Raya (Permaja Jaya) masa bakti 2022-2024, Irpandi pada kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Jambi yang memfasilitasi mudik gratis bagi ratusan mahasiswa asal Jambi se-Jabodetabek.

“Mudik gratis ini sangat membantu kami bisa pulang kampung dengan biaya yang lebih murah. Mudah-mudahan mudik gratis ini menambah semangat para mahasiswa Jambi di perantauan menempuh studi,”katanya.

Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jambi, Drs Ariansyah, ME pada kesempatan itu menjelaskan, pemberangkatan peserta mudik gratis warga Jambi ke Pulau Jawa dan penyambutan mahasiswa mudik gratis dari Jabodetabek dilakukan penuh perhatian agar para pemudik tidak sampai ada yang kecewa.

“Armada bus yang mengangkut para pemudik gratis tersebut juga benar-benar laik jalan agar perjalaan pemudik gratis lancar, selamat di perjalanan dan tiba tepat waktu. Kami berharap seluruh peserta mudik gratis ini senang,”ujarnya. (Matra/AdeSM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *