Pelepasan distribusi logistik Pemilu Serentak 2024 di gudang logistik KPU Merangin, Minggu (11/2/2024). (Foto : Matra/DiskominfoMerangin).

(Matra, Merangin) – Distribusi logistik Pemilu Serentak 2024 di Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi ditargetkan harus tuntas selama tiga hari mulai H -3 hingga H – 1 Pemilu, Minggu – Selasa (11 – 13/2/2024). Distribusi logistik pemilu hari pertama di Merangin,  Minggu (11/2/2024) diprioritaskan ke desa-desa terjauh dan terpencil.

Hal tersebut dikatakan Asisten I Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merangin, Ote Sayoeti pada pelepasan distrubusi logistik Pemilu Serentak 2024 ke 11 kecamatan di gudang logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Merangin, Bangko, Merangin, Jambi, Minggu (11/2/2024).

Menurut Ote Sayoeti, pendistribusian logistik pemilu seperti tinta, surat suara, formulir dan sebagainya ke desa-desa terjauh dan terpencil diutamakan mengantisipasi gangguan transportasi akibat hujan dan bencana alam.

Selama dua hari terakhir, kata Ote Sayoeti, curah hujan di Merangin masih cukup tinggi. Hujan membuat akses ke daerah-daerah terjauh di Merangin seperti Kecamatan Jangkat, Tabir Barat dan Tabir Ilir bisa terhambat jika terjadi longsor dan licin. Sementara waktu pendistribusian logistik pemilu terbatas hanya tiga hari.

“Karena itu pada hari pertama distribusi logistik pemilu di Merangin diprioritaskan ke 11 kecamatan terjauh. Di antaranya Kecamatan Jangkat, Tabur Barat dan Tabir Ilir. Kita mangharapkan distribusi logistik pemilu tersebut sudah sampai di Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) hari ini juga, Minggu (11/2/2024),”katanya.

Ote Sayuti mengharapkan, pendistribusian logistik Pemilu 2024 ke kecamatan-kecamatan terjauh di Merangin bisa berlangsung lancar. Meski Merangin dalam dua hari terakhir diguyur hujan, pihaknya mengharapkan logistik pemilu bisa sampai di setiap Panitia Pemungutan Suara (PPS) setiap desa H – 1, Selasa (13/2/2024).

“’Kita sama-sama berdoa agar pendistribusian logistik Pemilu 2024 tersebut lancar. Distribusi logistic pemilu tersebut dikawal satuan pengamanan dari Polres Merangin, Komando Distrik Militer (Kodim) 0420/Sarolangun Bangko (Sarko), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Perlindungan Masyarakat (Linmas),”katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Merangin, Alber Trisman pada kesempatan tersebut mengatakan, distribusi logistik pemilu ke setiap TPS di 24 kecamatan se-Kabupaten Merangin ditargetkan tuntas pada H – 1, Rabu (13/2/2024). Guna menjamin kelancaran distribusi logistik pemilu tersebut, KPU Merangin mendapat bantuan beberapa unit kendaraan double gardan (gardan dua) di dinas instansi terkait Merangin.

Dijelaskan, jumlah TPS di 24 kecamatan di Merangin pada Pemilu Serentak 2024 sebanyak 1.202 TPS unit. TPS tersebut tersebar di 215 desa/kelurahan. Sedangkan jumlah pemilih di Kabupaten Merangin berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) mencapai 276.576 orang. Pemilih laki-laki sekitar 139.669 orang dan pemilih perempuan sekitar 136.907 orang. (Matra/AdeSM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *