Wakil Gubernur Jambi, H Abdullah Sani menyampaikan pencerahan iman pada peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1445 H di Masjid Nur Hidayah RT 19 Desa Kebon IX, Sungaigelam, Muarojambi, Minggu (28/1/2024) malam. (Foto : Matra/DiskominfoJambi).

(Matra, Muarojambi) – Umat Islam hendaknya bisa menjadikan peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1445 H sebagai momengtum melakukan introspeksi diri dan pembelajaran agar bisa menjalani hidup lebih baik berdasakan nilai-nilai religi. Sikap religius tersebut penting agar umat Islam mampu menghadapi berbagai problema kehidupan secara cara arif, bijaksana dan selalu dekat kepada Allah SWT.

Hal tersebut dikatakan Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, Drs H Abdullah Sani, MPdi pada peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1445 H di Masjid Nur Hidayah RT 19 Desa Kebon IX, Kecamatan Sungaigelam, Kabupaten Muarojambi, Minggu (28/1/2024) malam.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, dr Feri Kunadi, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Hukum Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi, Ali Zaini serta Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Provinsi Jambi, Drs Sardaini, MM.

Abdullah Sani pada kesempatan tersebut mengatakan, melalui introspeksi diri, manusia dapat menyikapi setiap perubahan dalam hidup dengan baik. Kemudian introspeksi diri juga membuat umat Islam dapat berkomunikasi dengan sang pencipta melalui ibadah yang diwajibkan-Nya, yaitu salat lima waktu sehari semalam.

Dikatakan, peristiwa Isra Miraj berkaitan erat dengan salat lima waktu. Salat lima waktu sudah menjadi sejarah sejak Isra Miraj Nabi Muhammad SAW mendapatkan perintah menunaikan salat lima waktu dalam sehari semalam.

“Untuk itu marilah kita tanamkan niat untuk selalu melaksanakan salat lima waktu. Kita berdoa, bermunajat dan berserah diri kepada Allah SWT. Kita juga hendaknya senantiasa memohon ampunan dan meminta keberkahan serta petunjuk menghadapi setiap permasalahan hidup. Kemudian yang paling utama, kita harus menghindari hal-hal yang menghambat diterimanya amal soleh kita di hadapan Allah SWT,”ujarnya.

Warga Sungaigelam mengikuti peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1445 H di Masjid Nur Hidayah RT 19 Desa Kebon IX, Sungaigelam, Muarojambi, Minggu (28/1/2024) malam. (Foto : Matra/DiskominfoJambi).

Rasa Syukur

Menurut Abdullah Sani, peringatan Isra Miraj merupakan momen mewujudkan rasa syukur kepada Allah SWT yang senantiasa menganugerahkan berbagai nikmat. Karena itu bahwa sikap dan perilaku Nabi Muhammad SAW harus dijadikan teladan bagi semua umat Islam.

Melalui momentum Isra Miraj ini pula, lanjutnya, hendaknya umat Islam manfaatkan waktu untuk tetap istiqomah, mengikat diri terhadap ajaran Islam yang utuh. Kemudian umat Islam juga harus tetap berupaya menyempurnakan akhlak dengan menjabarkan, menterjemahkan, merespon pesan dan nilai Islam ke dalam seluruh aspek kehidupan.

“Kalau ingin hidup tenang, ingin sukses, maka jangan tinggalkan salat. Salat adalah tiang agama. Teruslah membaca sholawat agar hidup lebih bermakna dan mendapat ketenangan serta berkah dari Allah SWT,”tambahnya.

Abdullah Sani mengatakan, peristiwa Isra Miraj juga mengandung hikmah yang selalu relevan dengan kehidupan dalam keadaan dan masa apapun. Melalui peristiwa Isra Miraj setiap umat dan masyarakat dari suatu bangsa, mendambakan kemajuan, perdamaian, kesejahteraan dan kebahagiaan.

Implementasi nilai-nilai agama yang mengandung kejujuran, ketaatan, kepatuhan, kedisiplinan, ketenangan dan kebersamaan akan membawa pada situasi dan kondisi Baldatun Toyyibatun Warrobbun (negeri yang baik dan Tuhan maha pengampun).

Sukseskan Pemilu

Sementara itu, Camat Sungaigelam, Mulyadi pada kesempatan tersebut mengimbau warga masyarakat menjadikan peringatan Isra Miraj sebagai kesempatan meningkatkan kebersamaan dan kerukunan, khususnya menghadapi Pemilu Serentak 2024.

“Bebarapa hari lagi kita melaksanakan pemilu. Mari kita ciptakan kerukunan dan kedmaian di tengah masyarakat. Kita juga harus mendukung pemilu dengan menggunakan hak pilih. Kita datang ke tempat pemungutan suara (TPS) menggunakan hak pilih kita,”katanya.

Mulyadi juga mengmbau warga masyarakat tetap wsapada banjir, sebab curah hujan di Muarojambi saat ini masih relative tinggi dan sungai pun masih meluap.

“Saat ini musim hujan. Kita harus hati-hati petir dan banjir. Jika ada yang lain mendapat musibah cepat laporkan kepetugas desa,”ujarnya.

Sementara Ketua Penyelenggara Isra Miraj Masjid Nur Hidayah RT 19 Desa Kebon IX, Kecamatan Sungaigelam, Burhanudin mengapresiasi kekompakan masyarakat Sungaigelam menghadiri peringatan Isra Miraj tersebut.

“Mudah – mudahan melalui peringatan Isra Miraj ini, masyarakat Sungaigelam tetap bersatu, rukun membangun daerah dan keluarga kita,”katanya. (Matra/AdeSM/SW).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *