Penonton Kejuaraan F1 Powerboat Danau Toba, Balige, Toba, Sumut, medio Februari 2023. (Foro : Matra/Ist).

(Matra, Jakarta) – Wisatawan atau pengunjung diperkirakan bakal membludak menyaksikan perhelatan Kejuaraan Dunia Formula 1 (F1) Powerboat (Kapal Super Cepat) Danau Toba 2024 yang digelar pantai Balige, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Sabtu – Minggu (2 – 3/3/2024).

Mengantisipasi lonjakan pengunjung tersebut, hotel-hotel dan penginapan di kawasan Destinasi Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba menyiapkan sekitar 6.757 unit kamar. Baik itu di Kota Wisata Parapat, Kabupaten Simalungun, Balige, Kabupaten Toba, Samosir, Humbang Hasundutan maupun di Kota Pematangsiantar.

Direktur Pemasaran PT Aviasi Pariwisata Indonesia (InJourney), Maya Watono di Jakarta, Kamis (29/2/2024) menjelaskan, berdasarkan koordinasi dengan para pengusaha hotel dan penginapan (home stay) di kawasan Parapat, Balige dan sekitarnya, mereka sudah menyiapkan kamar hotel yang mencukupi. Jadi pengunjung yang ingin menyaksikan F1 Powerboat Danau Toba II/2024 di Balige, Danau Toba, tidak akan kekurangan tempat menginap.

“Kami juga baru meresmikan satu hotel berbintan di Samosir dengan kapasitas ratusan kamar. Kehadiran hotel tersebut akan membantu menampung lonjakan pengunjung yang menyaksikan F1 Powerboat Danau Toba 2024. Kemudian hotel-hotel dan homae stay di Parapat, Balige, Pematangsiantar dan Humbang Hasundutan dan daerah lain di DanauToba sudah siap hadapi lonjakan pengunjung,”katanya.

Dikatakan, untuk menjamin kelancaran trasportasi, pihak InJourney sudah melakukan koordinasi dengan jajaran keamanan, dinsa perhubungan, pemerintah kabupaten di kawasan danau Toba dan pemilik transportasi. Rekayasa lalu lintas akan dilakukan mulai dari Kota Pematangsiantar – Parapat – Balige – Samosir – Humbang Hasundutan dan daerah sekitar.

“Pengauran lalu lintas dan parker di Balige sendiri akan dilakukan semaksimalnya mencegah terjadinya kemacetan arus lalu lintas dari dan ke arena lomba F1 Powerboat Danau Toba, pantai Balige,”katanya.

Liputan Pers

Menurut Maya Watono, liputan pers pada penyelenggaraan F1 Powerboat Danau Toba II/2024 sangat luas. Sekitar 265 media massa siap meliput kejuaraan dunia F1 Powerboat Danau Toba 2024 tersebut. Baik itu media lokal, nasional dan internasional. Media massa yang meliput F1 Powerboat tersebut terdiri dari media cetak, elektronik dan media digital (online).

“Sekitar 265 jurnalis dari berbagai media lokal dan nasional sudah mendaftar meliput F1 Powerboat ini. Mereka berasal dari 29 orang jurnalis media local, 84 orang jurnalis media nasional dan seorang jurnalis media internasional,”katanya.

Sementara itu, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo mengatakan, perhatian dunia terhadap perhelatan olahraga air kelas dunia, F1 Powerboat Danau Toba 2024 sangat tinggi. Hal itu tak terlepas dari kesuksesan kejuaraan dunia F1 Powerboat Danau Toba I medio Februari 2023.

“Media tersohor Amerika Serikat, The New York Times sudah memberikan pengakuan bahwa Danau Toba salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi wisatawan dunia tahun 2024. Wisatawan dunia wajib mengunjungi Danau Toba buka hanya karena adanya F1 Powerboat, tetapi juga banyaknya suguhan wisata menarik di kawasan Daun Toba,”ujarnya.

Melihat tingginya perhatian dunia terhadap Danau Toba, termasuk penyelenggaraan kejuaraan dunia F1 Powerboat Danau Toba 2024, seluruh jajaran pemerintah, pengusaha dan elemen masyarakat diharapkan mendukung suksesnya penyelenggaraan F1 Powerboat tersebut.

“Kejuaraan dunia F1 Powerboat ini akan mendongkark kunjungan wisata sekaligus menggeliatkan ekonomi masyarakat di kawasan pariwisata Danau Toba dan sekitarnya. Karena itu mari kita dukung bersama kesuksesan event (kegiatan) olahraga air kelas dunia ini,”katanya. (Matra/AdeSM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *