Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga (kanan) meninjau sumber air di Panei, Simalungun, Sumut, Sabtu (20/4/2024). (Foto : Matra/DiskominfoSimalungun).

(Matra, Jambi) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) “Tirta Lihou” terus berupaya mencari sumber-sumber mata air yang bisa dimanfaatkan menjadi bahan baku produksi air bersih. Karena itu penelitian mengenai sumber-sumber air di Simalungun terus dilakukan. Salah satu di antaranya penelitian sumber air di Kecamatan Panei, Kabupaten Simalungun.

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Simalungun, Andri Rahadia di Pematangraya, Simalungun, Sumuatera Utara (Sumut), Senin (22/4/2024) menjelaskan, sumber air di Panei tersebut sangat potensial menjadi bahan baku produksi air bersih PDAM Tirta Lihou.

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga dan Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Lihou, Dodi Ridowin Mandalahi sudah meninjau sumber air di Kecamatan Panei tersebut, Sabtu (20/4/2024). Pada peninjauan tersebut, Radiapoh Hasiholan Sinaga meminta pihak PDAM Tirta Lihou memeriksa debit (volume) sumber air tersebut. Kemudian sumber air tersebut juga perlu segera diteliti gune mengetahui kelayakan sumber air itu untuk dikonsumsi.

“Saya minta pihak PDAM Tirta Lihou meneliti kelayakan sumber air ini apakah layak untuk konsumsi. Kemudian saya juga minta agar diteliti berapa sumber air ini yang bisa diproduksi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,”katanya.

Menurut Andri Rahadian, Bupati Simalungun juga meminta PDAM Tirta Lihou dan instansi terkait mengukur ketinggian sumber air di Panei itu dari permukaan laut. Hal itu penting agar nantinya tidak ada masalah setelah sumber air sudah dimanfaatkan.

“Jadi ini semua aspek harus diperhatikan, diteliti sebelum sumber air ini dimanfatkan jadi air konsumsi. Jangan nanti setelah kita bangun pengolahan air ini, ternyata tidak bisa dimanfaatkan dan disalurkan ke masyarakat. Jadi, saya meminta agar semuanya diperhatikan dan jangan asal-asalan,”katanya.

Dikatakan, jika bisa dimanfaatkan menjadi sumber air konsumsi, potensi sumber air di Panei tersebut direncanakan untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat sekitar. Selama ini warga masyarakat Panei dan sekitarnya masih kesulitan mendapatkan air bersih akibat keterbatasan pasokan air dari PDAM Tirta Lihou. (Matra/AdeSM/DKS).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *