Pasangan pengantin baru, Muhammad Iqbal dengan dr Esy Risdianti (putri sulung Gubernur Jambi) pada acara resepsi pernikahan di Ratu Conmvention Center (RCC), Kota Jambi, Minggu (21/4/2024). (Foto : Matra/Radesman Saragih).

(Matra, Jambi) – Sedikitnya 100.000 orang undangan menghadiri resepsi pernikahan putri sulung Gubernur Jambi, H Al Haris, yakni dr Esy Risdianti dengan pasangan pengantin laki – laki, Muhammad Iqbal, STr, Ak di Ratu Conmvention Center (RCC), Kota Jambi, Minggu (21/4/2024). Para undangan yang datang dari berbagai kalangan dan daerah di Kota Jambi dan berbagai kabupaten di Provinsi Jambi tersebut sudah memadati tempat resepsi pernikahan tersebut sejak pagi.

Resepsi pernikahan hari kedua pernikahan putri sulung Gubernur Jambi tersebut diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran, doa dan dilanjutkan dengan ramah tamah, yakni makan dan foto bersama. Banyaknya undangan yang hadir membuat suasana di ruang resepsi, RCC penuh sesak.

Undangan yang menikmati sajian makanan pun berdesak-desakan dan bahkan seling serobot. Upaya pihak panitia mengatur antrean makan pun banyak tidak dihiraukan undangan. Para undangan berupaya saling mendahului untuk mendapatkan makanan.

“Wah, tidak mau antre nih. Saling serobot saja. Kota sudah lama antre, eh malah dipotong (diserobot) orang yang baru datang. Sebagian besar yang nyerobot kaum ibu-ibu pula. Yah, ngalah lah,”kata seorang undangan.

Pantauan medialintassumatera.net (Matra), resepsi pernikahan Muhammad Iqbal, STr, Ak dengan dr Esy Risdianti benar – benar menjadi pesta rakyat. Ratusan ribu undangan yang datang dari berbagai kalngan dan daerah di Jambi menyatu menyampaikan ucapan selamat berbahagia kepada mempelai laki-laki dan wanita beserta keluarga.

Pasangan pengantin Muhammad Iqbal, STr, Ak dengan dr Esy Risdianti beserta orang tua mereka, yakni orang tua mempelai wanita, Gubernur Jambi, H Al Haris dengan isteri Hj Hesnidar dan orang tua mempelai laki-laki, Drs HZA Bakar, MPdI dan Dra Hj Yanawati, MPdI berfoto bersama dengan para keluarga dekat, handai taulan dan para undangan lainnya.

Sedangkan di ruangan resepsi, para undangan makan bersama seperti suasana di kampung halaman dengan duduk di lantai. Para undangan terpaksa makan dengan duduk dilantai karena kursi tamu terbatas dan mereka tidak terbiasa makan dengan berdiri seperti gaya orang kota.

“Ah, enak duduk di lantai lah Pak makannya. Seperti di kampung. Lebih santai dibandingkan makan dengan berdiri. Yang penting kita orang kecil ini diundang pada acara Gubernur Jambi ini sudah senang,”kata Saleh (45), warga seberang Kota Jambi sembari menikmati santapan siang pada resepsi tersebut.

Prosesi pernikahan adat Melayu Jambi pasangan Muhammad Iqbal, STr, Ak dengan dr Esy Risdianti (putri sulung Gubernur Jambi) di Masjid Agung, Al Falah, Kota Jambi, Jumat (19/42024). Antara pihak keluarga pengantin laki-laki. (Foto : Ist).

Dua Hari

Resepsi pernikahan putri sulung Gubernur Jambi, dr Esy Risdianti dengan pasangannnya, Muhammad Iqbal, STr, Ak digelar selama dua hari, Sabtu – Minggu (20 – 21/4/2024). Resepsi digelar setelah pelaksanaan akad nikah di Masjid Al Falah, Kota Jambi, Jumat (19/4/2024).

Resepsi hari pertama dikhususkan bagi para undangan tokoh dan pejabat nasional, pemerintah daerah para wakil rakyat daerah dan pusat dan undangan khusus lainnya. Sedangkan resepsi hari kedua lebih banyak dihadiri warga masyarakat dan para pejabat organisasi peringkat dinas (OPD) maupun sipil negara (ASN) se-Provinsi Jambi.

Para pejabat dan mantan pejabat tingkat pusat yang turut menghadiri resepsi pernikahan putri sulung Gubernur Jambi tersebut antara lain mantan Wakil Presiden RI periode 2004 – 2009 dan 2014 – 2019, Dr HM Yusuf Kalla, Guru Besar Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Prof Dr Ermaya Suryadinata, SH, MH, MS, Gubernur Lampung, H Arinal Junaidi mantan Gubernur Jambi 2010 – 2015 dan anggota DPR RI, H Hasan Basri Agus dan anggota DPR RI, HA Bakri.

Wakil Gubernur Jambi, Drs H Abdullah Sani, MPdI pada kesempatan itu mengharapkan pasangan pengantin baru, Muhammad Iqbal, STr, Ak/dr Esy Risdianti hendaknya bisa membina keluarga dengan penuh tanggung jawab, harmonis dan langgeng hingga usia tua.

Prosesi adat pernikahan Melayu Jambi, dr Esy Risdianti (putri sulung Gubernur Jambi) dengan tunangannya, Muhammad Iqbal, STr, Ak di Masjid Agung, Al Falah, Kota Jambi, Jumat (19/42024). Penyambutan pihak keluarga pengantin wanita. (Foto : Ist).

Kendati di masa mendatang bakal terjadi berbagai gelombang yang mengganggu keharmonisan rumah tangga, cobaan yang bakal datang silih berganti, Muhammad Iqbal, STr, Ak dan dr Esy Risdianti bisa menghadapinya dengan hati yang tetap teguh.

“Anada berdua harus mampu mengatsi berbagai gelombang rumah tangga yang bisa muncul nanti di tengah keluarga. Manis jangan lekas dimakan dan pahit jangan lekas dibuang. Kalau terjadi perselisihan di tengah rumah tangga, ananda harus duduk bersama selesaikan secepat mungin dengan sikap arif dan bijaksana, bermusyawarah dengan penuh keterbukaan dan penuh kasih saying,”katanya.

Ketua DPRD Provinsi Jambi, H Edi Purwanto yang ditunjuk mewakili keluarga Gubernur Jambi, H Al Haris menyampaikan ucapan terima kasih atas segala perhatian dan kehadiran seluruh undangan. Edi Purwanto juga mengapresiasi atas dukungan dan partisipasi seluruh pihak atas terselanggaranya akan nikah dan resepsi pernikahan Muhammad Iqbal, STr, Ak/dr Esy Risdianti.

“Kalau ada kekurangan menyambut dan menjamu kami mohon maaf. Kami mohon doa dan restunya untuk kebahagiaan keluarga Muhammad Iqbal, STr, Ak/dr Esy Risdianti,”katanya. (Matra/AdeSM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *