Pj Bupati Merangin, H Mukti Said (kanan) menjabat tangan pasien ketika melakukan sidak ke RSUD Kolonel Abunjani, Merangin, Provinsi Jambi, Selasa (16/4/2024). (Foto : Matra/DiskominfoMerangin).

(Matra, Merangin) – Seluruh pelayanan publik, terutama pelayanan kesehatan di Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi dipastikan aktif sejak hari pertama kerja pasca libur Lebaran, Selasa (16/4/2024). Seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merangin harus melaksanakan tugas masing-masing di kantor maupun melalui bekerja dari rumah (Work From Home/WFH).

Untuk memastikan aktifnya pelayanan publik tersebut, Penjabat (Pj) Bupati Merangin, H Mukti Said melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa kantor organisasi perangkat dinas (OPD), termasuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kolonel Abunjani Bangko, Merangin pada hari pertama masuk kerja pasca Lebaran (Idul Fitri) 1445 Hijriah (H), Selasa (16/4/2024).

Sidak tersebut diikuti Direktur RSUD Kolonel Abundjani Bangko, dr Iwan, Kepala Dinas Kesehatan Merangin, drg Soni, Kepala Pelaksana BPBD Merangin, Suhairi, Kepala BKPSDMD Merangin, H Ferdi Firdaus dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Merangin, Shobraini.

Ketika melakukan sidak ke RSUD Kolonel Abunjani, H Mukti Said memeriksa absen kehadiran para petugas rumah sakit, baik dokter, paramedis dan pegawai. Berdasarkan absen tersebut dikehatui, semua dokter, paramedis dan pegawai rumah sakit sudah masuk kerja. Hanya seorang pegawai yang tidak hadir karena cuti melahirkan.

‘’Jadi kami memastikan pelayanan di rumah sakit ini sudah aktif atau normal seperti hari-hari biasa. Seluruh unit pelayanan di rumah sakitini juga saya lihat sudah siap melayani pasien seperti biasanya,”katanya.

Sementara itu ketika melakukan sidak ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Merangin, H Mukti Said juga emeriksa daftar absensi pegawai. Seluruh pegawai Disdukcapil Merangin yang dipimpin Jailani tersebut hadir.

“Pantauan saya di ruang cetak Kartu Tanda Penduduk (KTP), ruang konsultasi dan ruang-ruang kerja lain di kantor Disdukcapil Merangin ini, semua pelayanan publik berjalan dengan baik,”katanya.

Pj Bupati Merangin, H Mukti Said memimpin apel kedisiplinan ASN pada hari pertama masuk kerja pasca Lebaran di lapangan kantor Bupati, Merangin, Provinsi Jambi, Selasa (16/4/2024). (Foto : Matra/DiskominfoMerangin).

Alasan “WFH”

Sementara itu, pada apel kedisiplinan ASN Pemkab Merangin di lapangan kantor Bupati Merangin, Selasa (16/4/2024), H Mukti Said mengatakan, para ASN yang sudah balik Lebaran harus masuk kerja mulai hari pertama kerja pasca Lebaran. Para ASN di Pemkab Merangin tidak bisa menjadikan kelonggaran bekerja dari rumah (Work From Home/WFH) sebagai alasan tidak masuk kantor.

“ASN tidak boleh menjadikan WFH sebagai alasan tidak masuk kantor, padahal ASN sudah berada di rumah balik mudik Lebaran. ASN juga jangan cari alasan tidka masuk kantor karena tidak dapat tiket balik Lebaran padahal orangnya sudah kembali ke rumahnya,”katanya.

Dikatakan, WFH dan bekerja dari kantor (Work From Office/WFO) di luar kantor Pemkab Merangin hanya berlaku untuk ASN yang menempuh perjalanan jauh saat mudik lebaran, pemudik yang mengalami kendala di jalan seperti terkena macet, jalan putus atau tidak kebagian tiket pesawat.

“Kami menerapkan kombinasi WFH dan WFO bagi ASN PemkabMerangin hanya Selasa – Rabu (16 – 17/4/2024). Setelah itu, mulai Kamis (18/4/2024), seluruh ASN di Pemkab Merangin harus masuk kantor,”katanya.

“Halalbihalal” jajaran Pemkab Merangin, Provinsi Jambi di lapangan kantor Bupati Meangin, Provinsi Jambi, Selasa (16/4/2024). (foto : Matra/DiskominfoMerangin).

“Halalbihalal”

Hari pertama kerja pasca Lebaran di Kabupaten Merangin ditandai dengan halalbihalal (ramah tamah) Pj Bupati Merangin, H Mukti Said dengan seluruh jajaran pejabat dan ASN di Pemkab Merangin, Selasa (16/4/2024) pagi. Pada kesempatan itu seluruh pejabat membaur penuh kekeluargaan saling bersalam-salaman, bermaaf-maafan.

‘’Mari kita bersalam-salaman dan saling bermaaf-maafan satu sama lainnya pada hari raya Idul Fitri 1445 H ini. Bermaafan itu, baik bawahan dengan atasan maupun atasan dengan bawahan,’’ujar Pj Bupati Merangin, H Mukti Said.

Halal bihalal tersebut digelar seusai apel kedisiplinan ASN. Pada apel kedisiplinan tersebut, Pj Bupati Merangin menyerahkan sertifikat kenaikan pangkat luar biasa Kepala Badan Perencanan pembangunan Daerah (Bappeda) Merangin, Dr Agus Zainuddin, SSos, MHum, yakni dari Pembina Utama Muda (IV/C) menjadi Pembina Utama Madya (IV/D). Kenaikan pengkat tersebut didasarkan pada Surat Keputusan Presiden RI Nomor 00126/KEP/AA/15001/24 tantang Kenaikan Pangkat Pengawai Negari Sipil. (Matra/AdeSM/Tg).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *