Para pemudik yang berangkat dari loket bus PT RAPI di Kota Jambi tujuan Medan, Sumatera Utara, Selasa (9/4/2024) tidak lagi seramai beberapa hari sebelumnya. (Foto : Matra/Radesman Saragih).

(Matra, Jambi) – Sekitar 12.242 orang pemudik sudah meninggalkan Kota Jambi, Provinsi Jambi mulai H – 7 Lebaran, Rabu (3/4/2024) hingga H – 2 Lebaran, Senin (8/4/2024) malam. Sekitar 10.813 orang (88,32 %) pemudik yang meninggalkan Kota Jambi tersebut menggunakan pesawat terbang dari Bandara Sultan Thaha Syaifuddin (STS) Kota Jambi. Sedangkan sekitar 1.429 orang (11,67 %) pemudik menggunakan bus.

Executive General Manager PT Angkasa Pura II (Bandara STS) Jambi, Siswanto Singodimejo kepada medialintassumatera.net (Matra) di Kota Jambi, Selasa (9/4/2024) mengatakan, total jumlah penumpang pesawat yang berangkat dan datang di Bandara STS Kota Jambi sejak H – 7 hingga H – 2 mencapai 24.270 orang atau rata – rata 4.270 orang/hari.

Jumlah penumpang yang berangkat dari Bandara STS Jambi selama H – 7 Lebaran (Idul Fitri) 1445 Hijriah (H) hingga H – 2 Lebaran mencapai 10.813 orang atau rata-rata 1.802 orang/hari sedangkan jumlah penumpang yang datang sekitar 13.457 orang atau rata-rata 2.243 orang/hari.

Dijelaskan, jumlah pesawat yang datang atau mendarat di Bandara STS Kota Jambi pada periode yang sama sebanyak 182 unit atau rata-rata 30 unit pesawat per hari. Pesawat yang datang di Bandara STS Kota Jambi mulai H – 7 hingga H – 2 Lebaran sebanyak 92 unit (rata-rata 15/hari) dan pesawat yang beranggak 90 unit (rata-rata 15 unit/hari).

“Pergerakan penumpang yang datang dan berangkat di Bandara STS Jambi selama H – 7 hingga H – 2 Lebaran di Jambi tahun ini meningkat 24 %. Sedangkan pergerakan pesawat meningkat 45 %. Pergerakan penumpang dan pesawat tersebut bertambah lagi jika dihitung nanti hingga H – 1 Lebaran, Selasa (9/4/2024),”ujarnya.

Executive General Manager PT Angkasa Pura II Jambi, Siswanto Singodimejo (kanan) dan Kapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono (kiri). (Foto : HumasPoldaJambi). 

Jalur Darat

Sementara itu, data yang dihimpun medialintassumatera.net (Matra) di Posko Angkutan Lebaran Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Jambi, Selasa (9/4/2024), jumlah pemudik yang meninggalkan Kota Jambi menggunakan bus atau moda transportasi darat mulai H – 7 hingga H – 2 Lebaran mencapai 1.429 orang. Para pemudik tersebut menggunakan 55 unit bus. Jumlah pemudik yang berangkat menggunakan bus dari Kota Jambi paling banyak mulai H – 5, Jumat (5/4/2024) hingga H – 2, Senin (8/4/2024), yakni sekitar 936 orang.

Sedangkan pemudik yang datang ke Kota Jambi pada kurun waktu yang sama mencapai 704 orang dengan menggunakan 39 unit bus. Para pemudik yang menggunakan bus dari Kota Jambi lebih banyak tujuan Pulau Jawa, yakni Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Sedangkan pemudik dari Kota Jambi tujuan berbagai provinsi di Sumatera lebih banyak tujuan Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, Kota Medan dan kota lain di Sumut, Aceh, Bengkulu, Palembang Sumatera Selatan dan Lampung.

Jalan Lintas Timur Sumatera di ruas Jalan Lingkar Barat, Kota Jambi yang mulai lengang pada H – 1 Lebaran, Selasa (9/4/2024). (Foto : Matra/Radesman Saragih).

Masih Mengalir

Sementara itu pantauan medialintassumatera.net (Matra) di loket-loket bus di Jalan Pattimura, Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi, Selasa (9/4/2024) siang hingga sore, arus mudik, khususnya tujuan berbagai kota di Sumatera masih mengalir. Namun kepadatan arus mudik tidak lagi seperti H – 5 hingga H – 2 Lebaran.

Dua unit bus PT RAPI tujuan Kota Jambi – Kota Medan yang berangkat dari loket di Simpang Rimbo, Kecamatan Alam Barajo, Selasa siang tidak lagi penuh. Kedua bus tersebut membawa penumpang masing-masing sekitar 20 orang. Kemudian bus PO Beringin jurusan Bengkulu yang berangkat dari Kota Jambi juga tidak penuh seperti beberapa hari sebelumnya.

Sementara penumpang bus angkutan mudik tujuan Kota Jambi – Jakarta – Jawa Tengah seperti PT Putra Remaja dan PT EPA Trans yang berangkat dari Kota Jambi, Selasa juga sepi, tidak sepenuh seperti tiga hari sebelumnya.

Kemudian, memasuki H – 1 Lebaran, Selasa (9/4/2024), arus mudik di Jalan Lintas Timur (Jalintim) Sumatera ruas Jalan Lingkar Barat, Kota Jambi juga sudah lengang. Kendaraan pemudik asal Jawa yang cukup padat melintas di Jalintim Sumatera wilayah Kota Jambi beberapa hari sebelumnya berkurang drastis. (Matra/AdeSM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *