Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga (dua dari kanan) ketika meninjau kondisi jalan Damakkitang – Siloudunia, Kecamatan Siloukahean, Simalungun, Sumut, Senin (25/3/2024). (Foto : Matra/DiskominfoSimalungun).

(Matra, Simalungun) – Penantian warga Nagori (Desa) Damakkitang dan Siloudunia, Kecamatan Siloukahean, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengenai perbaikan jalan ke desa mereka bakal terwujud. Sekitar 4,5 kilometer (km) jalan rusak yang menghubungkan kedua desa tersebut akan segera diperbaiki. Sekitar Rp 14 miliar dana untuk perbaikan kerusakan jalan tersebut sudah siap digunakan.

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga di Pematangraya, Simalungun, Sumut, Selasa (26/3/2024) menjelaskan, pihaknya sudah meninjau kondisi jalan Damakitang – Siloudunia, Simalungun, Sumut, Senin (25/3/2024). Ruas jalan tersebut memang perlu segera diperbaiki agar warga masyakarat tidak terhambat memasarkan hasil pertanian mereka pe pusat pasar di kota maupun berbelanja memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Pemkab Simalungun segera memperbaiki kerusakan jalan yang menghbungkan Nagori Damakkitang – Siloudunia. Kami sudah menyiapkan anggara Rp 14 miliar untuk memperbaiki kerusakan jalan Damakkitang – Siloudunia ini. Perbaikan akan dilakukan April mendatang,”katanya.

Menurut Radiapoh Hasiholan Sinaga, perbaikan kerusakan jalan Damakkitang – Soliudunia perlu segera dilakukan karena ruas jalan rusak tersebut merupakan urat nadi perekonomian masyarakat. Jalan tersbeut merupakan akses utama warga desa menjual hasil-hasil pertanian ke kota dan berbelanja keperluan sehari-hari.

“Kami mengharapkan dukungan warga Damakkitang dan Soliudunia agar perbaikan jalan ini bisa cepat dituntaskan. Bupati Simalungun meminta warga untuk memberikan dukungan dalam pekerjaan perbaikan jalan tersebut nantinya.

Hal itu disampaikan Bupati Simalungun saat menghadiri acara berbuka puasa bersama masyarakat di Di Huta Silandoyung, Nagori Silou Paribuan, Kecamatan Silau Kahean, Kamis (21/3).

Disampaikan Bupati, bagi tanahnya yang terdampak pembangunan jalan diharapkan ikut berpartisipasi dalam pembangunan. Dukungan itu perlu karena Pemkab Simalungun belum menyediakan anggaran untuk ganti rugi tanah (lahan) warga yang terkena proyek perbaikan jalan tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Simalungun, Hotbinson Damanik mengatakan, perbaikan jalan Damakkitang – Siloudunia tersebut hanya menunggu usai Lebaran saja. Proyek perbaikan kerusakan jalan tersbeut sudah siap dikerjakan paling lama April nanti. Kontraktor pelaksana pekerjaan proyek perbaikan jalan tersebut juga sudah ada.

Secara terpisah, tokoh masyarakat Kecamatan Siloukahean, J Sipayung dan ZA Saragih mengatakan, Pemkab Simalungun diharapkan tidak hanya memperbaiki kerusakan jalan Damakkitang – Siloudunia. Perbaikan jalan perlu dilakukan di Kecamatan Siloukahean.

“Hingga kini masih banyak jalan antardesa di Kecamatan Siloukahean yang rusak. Jika musim hujan, ruas jalan tersbeut sulit dilalui kendaraan karena berlumpur. Kondisi itu membuat akses dari kota ke berbagai desa di Kecamatan Siloukahean sulit,”katanya. (Matra/AdeSM/DKS).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *