Perbaikan Jalintim Sumatera pada ruas jalan Paal X, Kota Jambi – Desa Pondokmeja, Muarojambi, Provinsi Jambi, baru-baru ini. (Foto : Matra/Radesman Saragih).

(Matra, Jambi) – Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi dan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) diminta mempercepat perbaikan seluruh kerusakan jalan yang akan digunakan jalur mudik Lebaran tahun ini. Perbaikan jalur mudik tersebut tidak hanya jalan nasional, tetapi juga jalan provinsi yang menghubungkan kabupaten se-Provinsi Jambi.

Permintaan tersebut disampaikan Ketua DPRD Provinsi Jambi, H Edi Purwanto terkait kesiapan arus mudik Lebaran (Idul Fitri) 1445 Hijriah (H) di Jambi, Selasa (26/3/2024). Menurut Edi Purwanto, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi harus memastikan seluruh jalur mudik Lebaran di Jambi sudah diperbaiki. Perbaikan jalan itu penting mencegah terganggunya kelancaran arus mudik Lebaran di Jambi.

“Kementerian PUPR juga perlu memperbaiki seluruh kerusakan jalan nasional di Jambi, termasuk Jalan Lintas Timur (Jalintim) Sumatera jelang Lebaran. Perbaikan jalan itu harus dituntaskan karena Jalintim Sumatera di Jambi merupakan salah satu jalur utama mudik Lebaran Jawa – Sumatera,”katanya.

“Perbaikan jalan nasional yang sedang dilakukan saat ini harus bisa diselesaikan tepat waktu menjelang arus mudik Lebaran. Kami mengharapkan BPJN memperbaiki kerusakan ruas-ruas jalan nasional agar tidak sampai menghambat perjalanan para pemudik,”katanya.

Ketua DPRD Provinsi Jambi, H Edi Purwanto. (Foto : Matra/HumasDPRDJbi).

Dikatakan, selain perbaikan jalan, pihak terkait, khususnya Dinas Perhubungan provinsi Jambi juga diminta melakukan dan menambah rambu-rambu lalu lintas, lampu penerangan jalan dan marka jalan di jalur mudik. Hal itu penting menjamin keselamatan para pemudik.

“Perbaikan dan penambahan rambu-rambu lalu lintas dan lampu penerangan jalan di jalur mudik ini penting demi keselamatan pemudik. Kemudian kami juga meminta Dinas PUPR Provinsi Jambi dan BPJN di Jambi menyiapkan pos komando dan alat berat di jalur mudik. Hal itu perlu mengantisipasi bencana alam longsor atau gangguan lain di jalur mudik,”katanya.

Sementara itu, pantauan medialintassumatera.net (Matra) di Jalintim Sumatera ruas Paal X, perbatasan Kota Jambi dengan Kabupaten Muarojambi hingga Selasa (26/3/2024) masih dalam tahap perbaikan. Ruas jalan yang diperbaiki terutama Paal X, Kota Jambi – Desa Pondokmeja, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muarojambi.

Sebagian besar ruas Jalintim Sumatera di wilayah Paal X, Kota Jambi – Pondokmeja, Muarojambi bergelombang akibat terlalu banyak dilalui kendaraan berat seperti tronton. Ruas jalan yang bergelombang tersebut rawan kecelakaan lalu lintas. (Matra/AdeSM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *