Pembalap dunia beraksi pada kejuaran dunia F1 Powerboat 2023 di pantai Balige, Toba, Sumut, medio Februari 2023. (Foto : Matra/Ist).

(Matra, Jakarta) – Kejuaraan Dunia Formula 1 (F1) Powerboat (Kapal Super Cepat) Danau Toba II tahun 2024 siap digelar di pantai Balige, Danau Toba, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Sabtu – Minggu (2 – 3/2/2024). Persiapan pesta olahraga air kelas dunia tersebut sudah mencapai 99 % hingga Selasa (27/2/2024).

Para peserta F1 Powerboat Danau Toba II tahun 2024 tersebut sebagian sudah tiba di Kota Medan, Sumut. Sedangkan fasilitas para peserta lomba, yakni boat (kapal) dan perlengkapannya sudah sampai di Belawan, Medan, Sumut sejak Minggu (25/2/2024). Pengangkutan fasilitas peserta lomba sedang berlangsung hingga Selasa (27/2/2024) melalui jalur transportasi darat. Kemudian persiapan lomba di Balige, Toba sudah rampung 100 %.

Kesiapan pelaksanaan kejuaraan dunia F1 Powerboat Danau Toba II/2024 tersebut diungkapkan Direktur Pemasaran PT Aviasi Pariwisata Indonesia (InJourney), Maya Watono pada Konferensi Pers Kesiapan F1 Powerboat Danau Toba 2024 di Jakarta, Selasa (27/2/2024) siang.

Konferensi pers yang digelar secara live (langsung) melalui zoom meeting (rapat online) tersebut turut dihadiri Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo dan Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotejo.

Menurut Maya Watono, kejuaraan dunia F1 Powerboat Danau Toba 2024 diikuti sebanyak 18 orang pembalap air (bikers aquatic) dari 10 negara. Para pembalap sudah bisa melakukan uji coba sirkuit atau arena lomba dipantai Balige, Toba, Sumut mulai Jumat (1/3/2024).

Belajar dari pengalaman kejuaraan dunia F1 Powerboat Danau Toba Februari 2023, waktu pelaksanaan lomba F1 Powerboat Danau Toba kali ini digeser menjadi pagi hari. Pergeseran waktu lomba itu dilakukan karna pada siang hingga sore hari, angin di Danau Toba kencang dan ombak cukup tinggi hingga mencapai dua meter. Hal tersebut mengancam keselamatan para pembalap.

“Lomba F1 Powerboat Danau Toba yang dilaksanakan siang hari tahun lalu terganggu angin kencang dan ombak besar Danau Toba. Bahkan lomba siang hari dihentikan dan dipindah ke waktu pagi esok harinya,”ujarnya.

Dikatakan, kejuaraan dunia F1 Powerboat Danau Toba tersebut dirangkaikan dengan ajang lomba sampan tradisional (solu bolon). Lomba solu bolon digelar untuk mengangkat tradisi lokal sekaligus memberikan suguhan hiburan kepada warga masyarakat dan para wisatawan. Selain itu, kejuaraan nasional (kejurnas) aquabike atau jetsky (sepeda air cepat) juga digelar pada pelaksanaan kejuaraan dunia F1 Powerboat Danau Toba tersebut.

“Selain itu, kami juga menggelar pesta rakyat Sumut di arena lomba F1 Powerboat Danau Toba 2024 di Baliga. Tarian tradisional akan dipentaskan pada pembukaan lomba. Kemudian artis-artis nasional juga akan menyemarakkan F1 Powerboat ini. Karena itu, mari para perantau Tanah Batak, saksikan kejuaraan dunia olahraga air kelas dunia ini,”katanya.

Cabang olahraga air, jetsky (sepeda air cepat) juga akan dipertandingkan pada kejuaran dunia F1 Powerboat Danau Toba 2024 di Balige, Toba, Sumut, Sabtu –Minggu (2 – 23/3/2024). (Foto : Matra/AdeSM).

Kunjungan Wisata

Maya Watono mengatakan, kejuaraan dunia F1 Powerboat Danau Toba tahun ini ditargetkan bisa menyedot kunjungan wisatawan di Danau Toba hingga 60.000 orang. Target kunjungan wisatawan itu meningkat dibandingkan kunjungan wisata ke Danau Toba pada lomba F1 Powerboat Danau Toba 2023 sekitar 25.000 orang.

“Kemudian kami juga menargetkan terjadinya perputaran uang selama kejuaraan F1 Powerboat Danau Toba 2024 ini hingga ratusan miliar,”ujarnya.

Sementara itu, Wamenparekraf, Angela Tanoesoedibjo pada kesempatan itu mengatakan, kejuaraan dunia F1 Powerboat Danau Toba II/2024 akan membangkitkan pariwisata dan ekonomi masyarakat di Sumut, khususnya di kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba.

“Karena itu kami mengharapkan seluruh elemen masyarakat, pengusaha dan jajaran pemerintah daerah di Sumut mendukung sepenuhnya kekjuaraan F1 Powerboat Danau Toba tersebut,”katanya.

Dikatakan, perhelatan olahraga air kelas dunia F1 Powerboat Danau Toba 2024 diperkirakan bisa mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara ke Sumut hingga 197.015 orang atau lebih dari kunjungan wisatawan mancanegara tahun lalu. Kemudian kejuaran F1 Powerboat Danau Toba tahun ini juga diperkirakan bisa menyedot kunjungan wisata hingga satu juta orang.

“Perhelatan olahraga kelas dunia di Danau Toba tahun ini kita targetkan bisa mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara hingga 197.015 orang dan kunjungan wisatawan nusantara hingga satu juta orang. Kunjungan wisatawan nusantara ke Sumut tahun lalu sekitar 24 juta orang. Nah, tahun ini kita tergetkan kunjungan wisatawan nusantara ke Sumut mencap[ai 25 juta orang,”ujarnya.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotejo pada kesmepatan tersebut mengatakan, pembalap Indonesia belum bisa ikut kejuaran F1 Powerboat Danau Toba hingga saat ini. Masalahnya belum ada pembalap F1 Powerboat dari Indonesia. Untuk menyiapkan pembalap F1 Powerboat, Indonesia akan segera mendirikan akademi F Powerboat.

“Walaupun belum ada pembalap F1 Powerboat Indonesia yang turun pada kejuaraan dunia F1 Powerboat Danau Toba II ini, kami tetap mengharapkan seluruh elemen masyarakat, khususnya di Sumut dan kawasan Danau Toba mendukung kejuaraan dunia F1 Powerboat tersebut,”katanya. (Matra/AdeSM).

Tribun penonton yang sangat representatif di arena lemba F1 Powerboat Danau Toba, pantai Balige, Kabupaten Toba, Sumut. Gambar diambil baru-baru ini. (Foto : Matra/Ist).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *