Ketua DPRD Provinsi Jambi, H Edi Purwanto. (Foto : Matra/HumasDPRDJambi).Ketua DPRD Provinsi Jambi, H Edi Purwanto. (Foto : Matra/HumasDPRDJambi).

(Matra, Jambi) – Ketua DPRD Provinsi Jambi, H Edi Purwanto, SHI, MSi mengharapkan pemilihan umum (Pemilu) 2024 di Jambi benar-benar berkualitas. Kualitas pemilu tersebut dapat dilihat dari tingginya partisipasi pemilih. Karena itu para warga Provinsi Jambi yang sudah memiliki hak pilih dan terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) tidak ada yang golongan putih (golput).

“Kami mengharapkan seluruh pemilih di Provinsi Jambi datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) di lingkungan masing-masing menggunakan hak suara, Rabu (14/2/2024). Jangan ada pemilih yang golput agar pemilu kita benar-benar berkualitas, partisipasi pemilih meningkat dan demokrasi berjalan dengan baik,”kata Edi Purwanto di Jambi, Selasa (13/2/2024).

Edi Purwanto mengajak pemilih di Provinsi Jambi menggunakan hak pilih santun dan menjaga keamanan dan ketertiban di TPS. Perbedaan dalam pilihan hak masing-masing masyarakat dan setiap pemilih harus bisa menghargai perbedaan pilihan tersebut.

“Ayo berbondong-bondong ke TPS. Ayo sama-sama kita datang ke TPS menentukan nasib bangsa kita. Pilihlah pemimpin dan wakil rakyat sesuai hati nurani kita. Sekali lagi jangan sampai ada yang golput,”katanya.

Menurut Edi Purwanto, golput bukan lah suatu pilihan yang tepat. Sebab golput justru merugikan demokrasi dan mengurangi legitimasi (sahnya) hasil pemilu. Edi Purwanto yakin partisipan masyarakat Provinsi Jambi pada Pemilu 2024 ini meningkat.

“Golput bukan pilihan. Menggunakan hak pilih merupakan bentuk partisipasi kita menjaga demokrasi sekaligus menunjukkan peran kita memajukan bangsa. Saya yakin dan percaya masyarakat Jambi punya pemikiran yang sama untuk berpartisipasi dengan ikut nyoblos ke TPS, Rabu 14 Februari 2024,”katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Jambi, Iron Sahroni mengatakan, proses pemungutan suara Pemilu 2024 di Provinsi Jambi siap digelar, Rabu (14/2/2024). Jumlah TPS di sembilan kabupaten dan dua kota di Provinsi Jambi pada Pemilu 2024 mencapai 11.160 unit. TPS tersebut tersebar di 1.585 desa/kelurahan di 144 kecamatan.

Sedangkan jumlah pemilih di Jambi berdasarkan DPT Pemilu 2024 mencapai 2.676.107 orang. Pemilih tersebut terdiri dari 1.350.151 orang pemilih laki-laki dan 1.325.956 orang pemilih perempuan. Sedangkan jumlah pemilih baru di Jambi pada pemilu kali ini sekitar 6.009 orang.(Matra/AdeSM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *