Gubernur Jambi, H Al Haris (kanan) dan Kapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono (kiri) pada Rakor Forkopimda Provinsi Jambi terkait Pemilu Serentak 2024 di Swiss-Belhotel, Kota Jambi, Senin (12/2/2024). (Foto : Matra/DiskominfoJambi).

(Matra, Jambi) – Gubernur Jambi, Drs H Al Haris, SSos, MH mengimbau seluruh pemilih di Provinsi Jambi menggunakan hak pilih masing-masing pada pemungutan suara Pemilu Serentak 2024, Rabu (14/2/2024). Para pemilih jangan sampai membiarkan hak pilihnya hilang, sebab setiap suara warga masyarakat sangat berharga menentukan pemimpin dan wakil rakyat yang terbaik.

Hal tersebut dikatakan Al Haris ketika memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jambi terkait Pemilu Serentak 2024 di Swiss-Belhotel, Kota Jambi, Senin (12/2/2024).

Rakor tersebut dihadiri Ketua DPRD Provinsi Jambi, H Edi Purwanto, SHI, MSi, Kapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono, Danrem 042/Gapu Jambi, Brigjen Inf Rachmad, Pelaksana Tugas (Plt) Kajati Jambi, Enen Saribanon. Kemudian hadir juga Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi, Iron Sahroni, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jambi, Wein Arifin, bupati, wali kota dan kapolres se – Provinsi Jambi.

Menurut Al Haris, para pemilih di Jambi diharapkan tidak terpengaruh siapa pun untuk menentukan pilihan pada pemungutan suara pemilu nanti. Setaiap pemilih diminta menentukan pilihan calon presiden dan wakil presidan serta calon legislatif (caleg) berdasarkan hati nurani masing-masing.

“Saya minta warga Provinsi Jambi yang sudah punya hak pilih jangan sampai kehilangan hak pilih karena tak ikut mencoblos ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), Rabu (14/2/2024). Sebelum masuk TPS, kita harus mantapkan calon pilihan kita. Hal itu penting agar kita tak ada keraguan menentukan pilihan di bilik suara. Masalahnya daftar calon yang dipilih cukup banyak, sementara waktu yang pas-pasan,” katanya.

Al Haris mengatakan, meskipun pemilu sudah sering dilakukan, namun kondisi tiap penyelenggaraan pemilu tetap berbeda. Apalagi pemilu kali indi dilakukan secara serentak untuk memilih calon presiden dan calon legislatif. Di tengah perubahan dan dinamika pemilu tersebut, keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harus tetap diutamakan.

“Setiap pemilu beda situasi, kondisi dan dinamikanya. Artinya kita tak boleh lengah dalam menghadapi situasi dan kondisi tersebut. Sebab pemilu ini penting untuk memilih presiden dan wakil presiden serta calon legislatifve. Jadi pemilu ini merupakan kesempatan kita memilih calon yang berkualitas dan berintegritas. Walau pilihan berbeda, kita harus tetap menjaga keutuhan NKRI,”ujarnya.

Al Haris mengharapkan seluruh elemen masyarakat dan pihak terkait di Jambi berupaya bersama-sama agar Pemilu Serentak 2024 bisa berlangsung sukses, lancar dan damai. Hal itu penting agar pemilu benar-benar berkualitas.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Merangin, H MUkti pada kesempatan tersebut mengatakan, pihaknya beupaya seoptimal mungkin menjamin kelancaran dan keamanan pemilu di daerah tersebut. Salah satu prioritas pelaksanaan pemilu yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merangin, yakni distribusi logistik pemilu se seluruh desa di 24 kecamatan, termasuk 11 kecamatan terjauh dan terpencil.

“Kami mengupayakan distribusi logistik pemilu sudah sampai ke seluruh Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa dan keluarahan H – 1 Pemilu, Selasa (13/2/2024). Kami memberikan beberapa unit bantuan mobil khusus mengangkut logistik pemilu ke desa-desa terpencil,”katanya. (Matra/AdeSM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *