Dubes Palestina, Zuhair SM Al-Shun (lima dari kiri) dan Gubernur Sumut, Hassanudin (enam dari kiri) pada pertemuan di kantor Gubernur Sumut, Kota Medan, Sumut, Kamis (18/1/2024). (Foto : Matra/DiskominfoSumut).

(Matra, Medan) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) tetap mendukung perdamaian di Palestina agar negara tersebut bisa membangun kembali. Selain itu Pemprov Sumut juga tetap siap mengupayakan bantuan kemanusiaan kepada rakyat Palestina serta menjalin kerja sama di bidang ekonomi, pendidikan dan sosial.

Hal tersebut diungkapkan Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, Hassanudin ketika menerima kunjungan kehormatan Duta Besar (Dubes) Palestina untuk Indonesia, Zuhair SM Al-Shun di kantor Gubernur Sumut, Kota Medan, Sumut, Kamis (18/1/2024).

Menurut Hassanudin, pihaknya cukup prihatin melihat kondisi rakyat Pelestina akibat perang Israel dengan Hamas. Karena itu Pemprov akan terus berkoordinasi dengan instansi lainnya untuk membantu meringankan beban rakyat Palestina.

Bukan hanya Sumut, tetapi Indonesia juga berkomitmen membantu Palestina merdeka. Kita akan membantu dengan kemampuan kita dan akan terus mempererat kerja sama dengan Palestina,”katanya.

Sementara itu, Dubes Palestina Zuhair SM Al-Shun pada kesempatan tersebut meminta Pemprov Sumut memberikan beasiswa kepada mahasiswa asal Palestina di Sumut serta membantu pengungsi Palestina di Sumut.

Zuhair SM Al-Shun juga menyampaikan berterima kasih atas komitmen Indonesia dan Sumut membela kemerdekaan Palestina. Zuhair SM Al-Shun sangat berharap Pemprov Sumut bisa membantu masyarakat mereka yang ada di Sumut.

“Kami sangat berterima kasih kepada Indonesia dan Sumut. Indonesia saat ini posisinya sama dengan Afrika Selatan. Mengeluarkan pernyataan kuat Palestina harus merdeka dan Israel harus dihukum,”katanya.

Menanggapi permintaan Dubes Palestina tersebut, Hassanudin mengatakan, Pemprov Sumut akan berupaya membantu berbagai kebutuhan warga Palestina yang berada di Sumut. Kemudian Pemprov Sumut juga akan terus berupaya memberikan bantuan untuk meringankan beban rakyat Palestina.

Insya Allah, kita akan bantu. Kita akan koordinasikan ke semua Universitas Islam di Sumut agar mereka bisa menempuh pendidikan di sini. Begitu juga dengan pengungsi yang ada di sini, kita juga akan bantu,”katanya.

Pada kesempatan ini, Hassanudin juga menyerahkan bantuan Pemprov Sumut kepada rakyat Palestina melalui Dubes Palestina untuk Indonesia. Bantuan tersbeut akan diteruskan kepada rakyat Palestina.

Kami akan teruskan bantuan ini bersama bantuan lain dari berbagai daerah di Indonesia untuk masyarakat yang membutuhkan dan untuk misi-misi kemanusiaan,”kata Dubes Palestina, Zuhair SM Al-Shun.

Pertemuan Dubes Palestina dengan Pj Gubernur Sumut tersebut turut dihadiri para pejabat Pemprov Sumut. Di antaranya, Kepala Dinas Kominfo, Ilyas S Sitorus, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Faisal Arif Nasution, Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sumut, Juliadi Zurdani Harahap.

Kemudian Kepala Biro Kesra Sumut, M Rahmadani Lubis, Kepala Biro Administrasi Pimpinan, Moettaqien Hasrimi dan Kepala Biro Umum, Dedi Jaminsyah Putra. Hadir juga tokoh-tokoh Islam Sumut dan jajaran Kedutaan Palestina untuk Indonesia. (Matra/AdeSM/DS).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *