Aksi para pembalap jetski dunia pada “Aquabike Jetski World Championship” 2023 di Pantai Sinalsal, Danau Toba, Tongging, Kabupaten Karo, Provinsi Sumut, Rabu (22/11/2023). (Foto : Matra/KominfoKaro).

(Matra, Tongging) – Sekitar 118 orang pembalap jetski (motor balap air) dari 22 negara di dunia dan Indonesia bertarung sengit pada Kejuaraan Dunia Jetski Danau Toba (Aquabike Jetski World Championship Toba Lake) 2023 yang digelar di Danau Toba, Desa Wisata Tongging, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Rabu (22/11/2023. Kejuaraan dunia jetski tersebut memperlombakan beberapa cabang, yakni kategori endurance, freestyle, slalom dan ski ladies.

Race (balapan) tahap I dan II Aquabike Jetski World Championship di Tongging tersebut dimenangkan pembalap Prancis, Jean Bruno Pastorello. Kemudian peringkat kedua ditempati pembalap Amerika Serikat, Anthony Radetic dan peringkat ketiga ditempati pembalap Uni Emirat Arab (UEA), Rashed Al Tayer.

Seusai lomba tersebut, para pemenang langsung mendapatkan hadiah dan trophy (piala). Penyerahan hadiah dan piala dilakukan Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang, Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (InJourney), Maya Watono dan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sumut, Zumri Sulthony.

Pembukaan Aquabike Jetski World Championship (Aquabike Endurance Karo Cup) tersebut berlangsung meriah. Ribuan pengunjung memadati bibir pantai Danau Toba Desa Tongging menyaksikan adi cepat para pembalap dunia tersebut. Para pengunjung sebagaian beas berasal dari dari berbagai pelosok desa di Kabupaten Karo, Simalungun, Dairi, Toba, Kota Pematangsiantar dan Kota Medan.

Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang pada kesempatan tersebut mengatakan, Aquabike Jetski World Championship 2023 digelar di empat kabupaten. Pembukaan dan lomba tahap pertama dan kedua Aquabike Jetski World Championship 2023 digelar di Pantai Sinalsal, Danau Toba, Tongging, Karo, Rabu (22/11/2023).

Kejuaraan dunia jetski tersebut selanjutnya dilaksanakan di pantai Desa Wisata Silalahi, Kabupaten Dairi, pantai Balige, Kabupaten Toba dan pantai Samosir, Kabupaten Samosir. Kejuaraan dunia jetski tersebut berlangsung hingga Minggu (26/11/2023).

Menurut Cory Sriwaty Sebayang, seusai lomba tahap pertama dan kedua kejuaraan dunia jetski tersebut, kegiatan dilanjutkan dengan festival paralayang Rabu – Sabtu (22 – 25/11/2023). Sedangkan untuk menambah kemeriahan kejuaraan dunia jetski tersebut, penyelenggara menggelar Karo Music Camp 3.0 di Tongging, Selasa (21/11/2023) malam. Pentas musik tersebut dimeriahkan grup band ternama, D’Masiv.

Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang (tiga dari kanan) dengan para pemenang race (tahap I dan II) Aquabike Jetski World Championship) yang digelar di Danau Toba, Desa Wisata Tongging, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Rabu (22/11/2023. (Foto : Matra/KominfoKaro).

Pesta Rakyat

Sementara itu, Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (InJourney), Maya Watono pada kesempatan tersebut menjelaskan, Aquabike Jetski World Championship 2023 termasuk salah satu pesta wisata rakyat terbesar di Danau Toba. Hal itu ditandai dengan pelaksanaan berbagai kegiatan selama berlangsungnya kejuaraan.

Kegiatan tersebut, panggung hiburan, pertunjukan budaya, pameran usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Para pengunjung dan warga sekitar benar-benar menikmati pesta rakyat Danau Toba yang juga disuguhi event olahraga berskala internasional.

Dikatakan, guna memudahkan pengunjung menjangkau lokasi penyelenggaran Aquabike Jetski World Championship 2023 di desa pesisir Danau Toba di Tongging, Kabupaten Karo, Silalahi, Kabupaten Dairi, Balige, Kabupaten Tob dan Samosir, Kabupaten Samosir, pihak penyelenggara dan pemerintah daerah menyediakan moda transportasi gratis dan lokasi parker yang memadai.

“Kemudian pihak penyelenggara dan pemerintah daerah juga mempercantik lokasi lomba, memperbaiki berbagai fasilitas infrastruktur pendukung, menyiapkan fasilitas akomodasi hotel hingga homestay (penginapan) yang mampu menampung pengunjung hingga 100 ribu orang,”katanya.

Maya Watono menilai pelaksanaan pembukaan Aquabike Jetski World Championship 2023 di Tongging, Karo berlangsung aman, lancar dan tertib. Hal tersebut tak terlepas dari dukungan penuh jajaran TNI, Polri, pemerintah daerah dan khususnya warga masyarakat Danau Toba.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerja keras pemerintah daerah, aparat keamanan dan masyarakat setempat yang mendukung suksesnya Pesta Rakyat Danau Toba 2023 dan Aquabike Jetski World Championship di Danau Toba,”ujarnya.

Dijelaskan, medio Februari 2023, pihaknya juga sukses menggelar Kejuaran Dunia Formula 1 Powerboat di Danau Toba, Balige, Kabupaten Toba. Kejuaran Formula 1 Powerboat waktu itu mampu menyedot sekitar 25.000 pengunjung. (Matra/AdeSM/BerbagaiSumber).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *