Gubernur Jambi, H Al Haris turut mengikuti lomba permainan tradisional, engkrang pada semarak perayaan HUT ke-78 RI di lapangan kantor Gubernur Jambi, Minggu (20/8/2023). (Foto : Matra/KominfoJbi).

(Matra, Jambi) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi memanfaatkan momentum semarak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) mengangkat kembali permainan tradisional. Salah satu permainan tradisional yang diperlombakan pada semarak perayaan HUT ke-78 RI di lapangan Gubernur Jambi, Telanaipura, Kota Jambi, Minggu (20/8/2023), yakni permainan ingkau/engkrang (berjalan menggunakan dua tongkat bambu panjang).

Pelaksanaan lomba engkrang tersebut benar-benar mendapat sambutan antusias warga masyarakat, termasuk jajaran aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi. Lomba engkrang berhadiah stu unit sepeda motor tersebut diikuti puluhan peserta. Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos, MH sendiri turut ambil bagian dengan menggunakan engkrang.

Selain lomba engkrang, semarak perayaan HUT ke-78 RI di lapangan kantor Gubernur Jambi juga dimeriahkan dengan lomba jalan santai dan sepeda santai. Warga masyarakat Kota Jambi sangat antusias mengikuti lomba jalan santai dan sepeda santai berhadiah satu unit sepeda motor dan berbagai hadiah menarik lainnya tersebut.

Al Haris pada kesempatan tersebut mengatakan, perlombaan permainan tradisional engkrang tersebut dilaksanakan guna menggali dan melestarikan berbagai seni budaya daerah (lokal) yang selama ini mulai hilang. Melalui lomba engkrang tersebut, permainan tradisional yang dulunya sangat merakyat dan belakangan nyaris punah bisa muncul kembali.

Dikatakan, selama ini permainan engkrang jarang diperlombakan pada berbagai kegiatan perayaan hari-hari besar di Jambi. Yang paling banyak diperlombakan selama ini hanya balap karung dan lomba sampan (perahu) di Sungai Batanghari.

“Nah, pada HUT ke-78 kali ini kita mengadakan lomba engkrang. Saya berharap, perlombaan tradisional ini dapat meningkatkan antusias dan pengetahuan generasi muda mengenai berbagai permainan tradisional yang merupakan kearifan lokal, warisan budaya bangsa,”katanya.

Para peserta lomba permainan tradisional, engkrang pada semarak perayaan HUT ke-78 RI di lapangan kantor Gubernur Jambi, Minggu (20/8/2023). (Foto : Matra/KominfoJbi).

Semangat Kebersamaan

Menurut Al Haris, berbagai perlombaan yang dielar memeriahkan HUT ke-78 RI di Jambi diharapkan bisa mematri dan memperkokoh semangat memperkokoh kebersamaan masyarakat Jambi. Hal itu penting guna mendukung pembangunan Jambi di berbagai sektor.

“Marilah kita berlomba dengan semangat dan sportif untuk memeriahkan semarak HUT ke-78 Kemerdekaan RI ini. Jadikan momentum ini sebagai ajang untuk mempererat tali silaturahmi,”tambahnya.

Dikatakan, banyak manfaat yang bisa didapatkan melalui berbagai perlombaan memeriahkan HUT ke-78 RI. Melalui olah raga jalan santai, sepeda santai dan permainan tradisional, warga masyarakat dapat meningkatkan kesehatan atau stamina. (Matra/AdeSM).

Wakil Gubernur Jambi, H Abdullah Sani (dua dari kiri) melepas peserta sepeda santai pada semarak perayaan HUT ke-78 RI di lapangan kantor Gubernur Jambi, Telanaipura, Kota Jambi, Minggu (20/8/2023). (Foto : Matra/KominfoJbi).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *