24 September 2023
Gubernur Jambi, Al Haris (dua dari kiri) dan Rektor UNP, Ganefri (dua dari kanan) pada MoU peningkatan kualitas SDM Jambi di kampus UNP, Kota Padang, Provinsi Sumbar, Sabtu (10/6/2023). (Foto : Matra/KominfoJbi).

(Matra, Padang) – Universitas Negeri Padang (UNP) menjalin kerja sama peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi. Melalui kerja sama tersebut, UNP akan menerima calon-calon mahasiswa berprestasi lulusan sekolah menengah atas (SMA) dan sederajat dari Provinsi Jambi.

Kerja sama tersebut ditandatangani Rektor UNP, Prof Ganefri, PhD dan Gubernur Jambi, Al Haris pada Kuliah Umum dan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara UNP dengan Pemprov Jambi di kampus UNP, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Sabtu (10/6/2023).

Al Haris pada kesempatan itu mengatakan, kerja sama UNP dengan Pemprov Jambi tersebut penting untuk meningkatkan kualitas SDM Provinsi Jambi. Selama ini sudah banyak putra-putri Jambi menempuh pendidikan di UNP. UNP juga sudah banyak mencetak putra-putri Jambi menjadi sarjana. UNP diharapkan semakin banyak berperan meningkatkan SDM Provinsi Jambi berkualitas di masa mendatang.

“Melalui kerja sama ini Pemprov Jambi bisa mengirimkan para lulusan SMA/sederajat untuk menempuh pendidikan di UNP sesuai jurusan yang mereka inginkan. UNP memiliki banyak jurusan atau program pendidikan yang tidak ada di perguruan tinggi negeri di Jambi. Di antaranya jurusan pendidikan Sekolah Luar Biasa (SLB),”katanya.

Menurut Al Haris, kerja sama UNP dengan Pemprov Jambi juga penting untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM) Jambi. Hingga kini, IPM Sumbar termasuk tinggi di Sumatera. IPM Sumbar tersebut diharapkan bisa dicapai Provinsi Jambi melalui kerja sama tersebut.

Gubernur Jambi, H Al Haris (dua dari kiri) bersama civitas akademika UNP Padang ) pada MoU peningkatan kualitas SDM Jambi di kampus UNP, Kota Padang, Provinsi Sumbar, Sabtu (10/6/2023). (Foto : Matra/KominfoJbi).

Jurusan SLB

Dikatakan, UNP memiliki standar pengelolaan perguruan tinggi yang sangat baik. UNP memiliki banyak jurusan pendidikan yang tidak dimiliki perguruan tinggi lain seperti satunya SLB. Putra-putri Jambi yang masuk jurusan SLB di UNP kita upayakan semakin banyak di masa mendatang.

“Lulusan jurusan SLB di Jambi masih langka karena perguruan tinggi di Jambi belum ada yang memiliki jurusan tersebut,”ujarnya.

Di sisi lain sambutannya, Al Haris mengatakan, Provinsi Jambi memiliki potensi alam dan pariwisata yang perlu dikembangkan menjadi sumber pendapatan masyarakat dan daerah. Kemudian Jambi juga menghadapi berbagai masalah pembangunan seperri penerapan tata kelola pemerintah, daya saing ekonomi yang masih rendah, daya dukung lingkungan yang semakin menurun dan kualitas SDM yang belum baik dan merata.

“Tentunya berbagai potensi dan masalah pembangunan tersebut perlu ditangani dengan baik melalui kehadiran SDM yang berkualitas,”katanya.

Dikatakan, Pemprov Jambi memiliki program unggulan untuk meningkatkan pendidikan dan entrepreneurship (kewirausahaan). Program unggulan tersebut antara lain pemberian bantuan biaya pendidikan siswa (beasiswa) SMA, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan SLB bagi keluarga miskin.

“Kemudian tersedia juga bantuan beasiswa program pendidikan Sarjana (S1), Pascasarjana (S2) dan Doktor (S3). Kemudian Jambi juga memiliki program pemerataan jangkauan internet di wilayah Provinsi Jambi untuk mendukung kegiatan belajar mengajar,”tambahnya.

Sementara itu Rektor UNP, Prof Ganefri, PhD juga menyambut baik kerja sama UNP dengan Pemprov Jambi tersebut. Kerja sama tersebut menunjukkan bahww Gubernur Jambi, Al Haris memiliki visi dan misi pendidikan yang luar biasa.

Gubernur Jambi sangat peduli terhadap pengembangan SDM di Jambi. Itu menjadi prioritas pertama. Kunci membangun daerah itu di mana-mana pendidikan, indek pembangunan manusia, pendidikan, ekonomi dan kesehatan. Tetapi induknya pendidikan.

“Kalau kualitas pendidikan naik otomatis yang lain ikut naik. Pendidikan juga menjadi penenti peningkatan perekonomian suatu daerah dan pembangunan di segala bidang. Hal ini sangat sesuai dengan visi misi Jambi Maju, Aman, Nyaman, Tertib, Amanah dan Profesional (MANTAP) memajukan SDM yang berkualitas,”ungkapnya.

Ganefri mengatakan, UNP saat ini sedang giat meningkatkan kualitas mahasiswa yang berasal dari Provinsi Jambi. Saat ini sekitar 3.000 mahasiswa UNP berasal dari Jambi. Pemprov Jambi akan mendirikan asrama mahaiswa Jambi di Sumbar.

“UNP ini termasuk universitas yang tua di Sumbar ini. Dulunya Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP). UNP mewisuda empat kali satu tahun. Nantinya kami akan undang Pak Gubernur Jambi menghadiri wisuda yang akan datang guna memberi semangat kepada mahasiswa Jambi di UNP ini,”katanya. (Matra/AdeSM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *