24 September 2023
Gubernur Jambi, H Al Haris (kiri) memberikan penghargaan kepada pembina Pramuka Jambi pada pembukaan Raimuna Pramuka Daerah Jambi 2023 di bumi perkemahan Pramuka Abdurahman Sayoeti – Musa, Sungaigelam, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi, Sabtu (27/5/2023). (Foto : Matra/KominfoJbi).

(Matra, Jambi) – Gerakan Pramuka memiliki peran penting dalam pembinaan generasi muda Indonesia. Melalui kegiatan pramuka, putra-putri Indonesia bisa mengisi waktu luang dengan kegiatan-kegiatan positif dan berharga. Bahkan pramuka tetap penting menjadi wadah membentuk generasi muda Indonesia berkarakter dan berakhlak mulia.

Demikian dikatakan Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos, MH pembukaan Raimuna Pramuka Daerah Jambi 2023 di bumi perkemahan Pramuka Abdurahman Sayoeti – Musa, Sungaigelam, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi, Sabtu (27/5/2023).

Menurut Al Haris, potensi Jambi pramuka di Provinsi Jambi cukup luar biasa. Hal tersebut Nampak dari prestasi Gerakan Pramuka Jambi di tingkat nasional. Kegiatan kepramukaan Provinsi Jambi selalu diperhitungkan di tingkat regional maupun nasional.

Dikatakan, kegiatan Raimuna Pramuka Daerah Jambi tersebut harus dimanfaatkan semaksimal mungkin membentuk karakter generasi muda, khususnya peserta raimuna. Karena itu raimuna jangan dimanfaatkan hanya sekedar kegiatan mencari hiburan atau rekreasi.

“Pramuka merupakan jalur pendidikan nonformal. Kita menginginkan adik-adik untuk terus belajar serta membentuk kepribadian yang berakhlak mulia dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur,”katanya.

Al Haris juga meminta para peserta memanfaatkan Raimuna Pramuka Daerah Jambi tersbeut sebagai wadah pertemuan, meningkatkan solidaritas dan kerukunan. Hal itu penting guna membangun semangat persatuan dan kesatuan di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini.

“Manfaatkan agenda besar ini dengan baik. Jadikan ini sebagai wadah mengembangkan kemampuan diri. Kita mengharapkan Provinsi Jambi dapat menjadi Tuan Rumah Saka Kalpataru dan Wanabakti Tingkat Nasional di masa mendatang,”tambahnya.

Sementara itu, Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Jambi, H Sudirman, SH, MH pada kesempatan tersebut mengharapkan kegiatan Raimuna Pramuka Daerah Provinsi Jambi tersebut positif pada pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) di Jambi.

“Semoga kegiatan ini membawa manfaat, keberkahan dan berdampak dalam pembangunan SDM, khususnya peningkatan kualitas pramuka,”katanya. (Matra/AdeSM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *