Dua orang siswi mengukur pakaian untuk Presiden Jokowi di ruang kelas SMKN 4 Kota Jambi, Provinsi Jambi. (Foto : Matra/ BPMI Setpres/LailyRachev).

(Matra, Jambi) – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) mengaku sangat terkesan melihat aneka fesyen (busana) karya siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Kota Jambi ketika meninjau kegiatan belajar di sekolah kejuruan tersebut, Kota Jambi, Selasa (16/5/2023). Karena tertarik melihat busana karya siswa – siswi kejuruan itu, Presiden Jokowi memesan sebuah kemeja. Pengukuran kemeja untuk Presiden pun langsung dilakukan siswa di ruang praktikum.

“Saya tertarik melihat desain pakaian yang dibuat para siswa – siswi di sini. Saya lihat desain-desain bajunya sangat bagus. Saya pesan juga jadinya satu baju warna putih. Saya minta baju tersebut segera dikirimkan ke Istana Negara, Jakarta. Saya tunggu nanti mungkin sebulan lagi jadi,”kata Presiden Jokowi ketika meninjau kegiatan belajar-mengajar di SMKN 4 Kota Jambi.

Peninjauan SMKN 4 Kota Jambi tersebut turut diikuti Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Gubernur Jambi H Al Haris dan Wali Kota Jambi, Syarif Fasha.

Menurut Presiden Jokowi, dirinya secara mendadak meninjau kegiatan belajar – mengajar di SMKN 4 Kota Jambi. Tidak ada pemberitahuan kepada pihak SMKN 4 Kota Jambi. Peninjauan ke sekolah kejuruan tersebut dilakukan karena sekolah tersbeut dinilai cukup baik.

“Pagi hari ini saya mendadak memang tanpa pemberitahuan datang ke SMKN 4 Kota Jambi. Ini memang SMK yang menurut saya yang sangat baik. Praktik anak-anaknya untuk membuat kue, praktik makeup wajah, praktik untuk fesyen menjahit baju, kemudian praktik sablon bagus,” katanya.

Presiden Jokowi mengatakan, kelelangkapan sarana di sekolah kejuruan di Kota Jambi tersebut sudah cukup komplit menunjang kegiatan belajar – mengajar. Kondisi tersebut perlu dipertahankan guan menjamin kualitas karya kreativitas siswa.

“Semua sarananya komplet dan cara praktiknya sangat bagus, bagus sekali,”katanya.

Presiden Jokowi (tiga dari kanan) meninjau kegiatan belajar mengajar di SMKN 4 Kota Jambi, Provinsi Jambi, Selasa (16/5/2023). (Foto: Matra/BPMISetpres/LailyRachev).

Berbincang Akrab

Sementara pada kunjungan tersebut, Presiden Jokowi berbincang secara akrab dengan para siswa – siswi SMKN 4 Kota Jambi ketikamasuk ke ruang praktikum. Kepala Negara menanyakan ketertarikan para siswa mendirikan usaha toko roti sendiriketika berbincang dengan siswa tata boga.

Para siswa pun menyambutnya secara antusias. Mereka serentak bersedia mendirikan usaha toko roti.

”Saya siap, Pak,”jawab para siswa kompak.

Presiden Jokowi juga memuji kelengkapan alat-alat praktikum dan cara kerja siswa dalam membuat kue. Sebelum meninggalkan ruangan tersebut, seorang siswa kelas 11, Saskia berteriak untuk meminta foto dengan Presiden.

”Pak, maaf Pak, boleh selfie enggak,?” teriak Saskia.

Presiden pun mengiyakan permintaan Saskia dengan berputar ke dalam kelas untuk berswafoto bersama para siswa.

Sementara ketika bertemu dengan siswa tata busana, Presiden Jokowi memuji keahlian para siswa yang sudah bisa membuat gaun pesta. “Coba saya, buatkan pakaian ya. Ayo ukur,”katanya.

Dua orang siswa yang berada di sana pun segera mendekat untuk mengukur pakaian Presiden. Tampak keduanya agak grogi saat melakukan pengukuran.

“Buat satu dulu ya, nanti kirim ke Istana. Kalau sudah pas, buat lagi,”kata Presiden.

“Ini buat membeli bahannya ya,”tambah Presiden sambil memberikan amplop. (Matra/AdeSM/BPMISetpres).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *