29 September 2023
Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Pol Mulia Prianto. (Foto : Matra/HumasPoldaJambi).

(Matra, Jambi) – Jajaran Polda Jambi siap mengamankan perayaan wafatnya Isa Al Masih (Yesus Kristus) atau Jumat Agung, Jumat (7/4/2023) hingga kebangkitan Yesus Kristus, Paskah, Minggu (9/4/2023). Pengamanan ketat ibadah perayaan Jumat Agung dan Paskah tersebut dilaksanakan di 450 gereja yang berada di sembilan kabupaten dan dua kota se-Provinsi Jambi.

“Jajaran Polda Jambi siap mengamankan rangkaian kegiatan Paskah, mulai dari Jumat Agung, Jumat (7/4/2023) hingga Paskah, Minggu (9/4/2023) di 450 gereja di Jambi. Jumlah personil gabungan Polda Jambi, TNI dan instansi terkait yang diterjunkan mengamankan perayaan Jumat Agung dan Paskah mencapai 3.315 orang,”kata Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Jambi, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Mulia Prianto, SSos, SIK di Jambi, Kamis, (6/4/2023).

Menurut Mulia Prianto, dari 3.315 personel gabungan yang diterjunkan mengamankan perayaan Jumat Agung dan Paskah tersebut, sekitar 1.784 orang berasal dari jajaran 11 kepolisian resor (polres) di Jambi dan sekitar 1.531 orang dari satuan gabungan Polda Jambi, TNI dan instansi terkait.

“Seluruh personil pasukan pengamanan perayaan Jumat Agung dan Paskah di Jambi ditugaskan menjaga serta memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat Kristiani menjalankan ibadah perayaan Jumat Agung dan Paskah. Polda Jambi berkomitmen melakukan pengamanan rangkaian perayaan Paskah secara maksimal,”ujarnya.

Dijelaskan, para personil pengamanan Jumat Agung dan Paskah diminta menertibkan dan mengatur arus lalu lintas di jalur keluar masuk komplek seluruh gereja mencegah terjadinya kemacetan total. Selain itu pasukan pengamanan Jumat Agung dan Paskah juga diinstruksikan mengantisipasi tindak kejahatan selama perayaan Jumat Agung dan Paskah seperti aksi teror, keributan dan tindak kejahatan lainnya.

Mengantisipasi berbagai gangguan keamanan selama Jumat Agung dan Paskah tersebut, personil kepolisian akan disiagakan di setiap gereja. Selain itu diterjunkan juga pasukan melakukan patroli ke lingkungnan (komplek) gereja. Pihak pengurus gereja juga diharapkan berkoordinasi dengan petugas kepolisian yang disiagakan di gereja masing-masing.

“Jajaran Polda Jambi dan TNI akan hadir memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh umat Kristiani yang beribadah merayakan Jumat Agung dan Paskah. Semoga rangkaian kebaktian (misa) Jumat Sgung dan Paskah di seluruh gereja di Provinsi Jambi terlaksana dengan tertib, aman, lancar dan nyaman,”katanya.

Mulia Prianto juga mengharapkan seluruh elemen masyarakat di Jambi saling menghargai dan menghormati (toleransi) demi terciptanya situasi kondusif, terutama di tengah pelaksanaan bulan suci Ramadan. Warga masyarakat juga diminta tidak mudah terpancing provokasi yang bisa menimbulkan persoalan di tengah masyarakat.

Sementara itu pantauan medialintassumatera.net (Matra), umat Kristiani dari berbagai denominasi gereja di Kota Jambi sudah siap-siap melaksanakan rangkaian perayaan Paskah. Rangkaian Paskah tersebut diawali dengan ibadah Kamis Putih, Kamis (6/4/2023) malam. Lalu dilanjutkan dengan Jumat Agung, Jumat (7/4/2023) dan Paskah, Minggu (9/4/2023).

Gereja-gereja di Kota Jambi yang sudah mempersiapkan rangkaian perayaan Paskah tersebut, yakni Gereja Katolik St Theresia, Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat (GPIB) dan Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Pasar, Kota Jambi.

Kemudian gereja-gereja di komplek Gereja Kotabaru, yakni Gereja Methodist Indonesia (GMI), HKBP, Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS), Gereja Bethel Indonesia (GBI), Gereja Sidang Jemaat Allah (GSJA), Huria Kristen Indoensia (HKI), Gereja Batak Karo Protestan (GBKP). Selain itu, Gereja Kristen Protestan Indonesia (GKPI), Orahua Niha Keriso Protestan (ONKP), Banua Niha Keriso Protestan (BNKP), Gereja Bethel Injil Sepenuh (GBIS) dan Gereja Pentakosta di Indonesia (GPdI).

Gereja gereja di wilayah Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi yang juga siap menggelar ibadah Kamis Putih, Jumat Agung dan Paskah, yakni HKBP Anugerah Baganpete, GKPS Tanah Kanaan Baganpete, HKBP Syaloom Pinang Merah, GMI Simpang Rimbo, HKI Simpang Rimbo, GKPI Simpang Rimbo, Gereja Katolik St Gregorius Agung Lingkar Barat. (Matra/AdeSM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *