24 September 2023
Wakil Gubernur Jambi, Drs H Abdullah Sani, MPdI (kanan) memberikan bantuan kebutuhan pokok dan santunan kepada anak yatim piatu pada Safari Ramadan di Masjid Agung Nurul Huda, Kecamatan Rimbobujang, Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi, Sabtu (1/4/2023) malam. (Foto : Matra/KominfoJambi).

(Matra, Tebo) – Umat Islam di Provinsi Jambi diharapkan memanfaatkan bulan suci Ramadan 1444 Hijriah (H) sebagai momentum meningkatkan aksi berbagi kasih atau kepedulian sosial. Aksi berbagi kasih itu bisa dilakukan dengan memberikan bantuan sosial kepada warga kurang mampu dan anak yatim yang kesulitan memenuhi kebutuhan pokok mereka selama Ramadan ini.

“Saya melihat bulan Ramadan ini menjadi momentum bagi kita meningkatkan kepedulian kepada sesama. Karena itulah kami meningkatkan berbagi kasih saat bulan Ramadan ini. Sat ini kami menyalurkan bantuan sosial dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jambi berupa bantuan kebutuhakn pokok, dana santunan dan bantuan lainnya,”kata Wakil Gubernur Jambi, Drs H Abdullah Sani, MPdI pada Safari Ramadan di Masjid Agung Nurul Huda, Kecamatan Rimbobujang, Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi, Sabtu (1/4/2023) malam.

Pada kesempatan tersebut, Abdullah Sani menyerahkan bantuan dana santunan dari Baznas Provinsi Jambi kepada 100 orang anak yatim di Kabupaten Tebo. Kemudian Dia juga menyerahkan bantuan 100 paket kebutuhan pokok kepada warga kurang mampu.

Selain itu, Abdullah Sani juga menyalurkan bantuan pertanggungjawaban sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) Bank9 Jambi kepada pengurus masjid setempat. Bantuan tersebut berupa 40 buah Al Quran dan Rp 10 juta uang tunai.

Menurut Abdullah Sani, bulan Ramadan merupakan bulan di mana umat Islam diajak belajar berempati dan menumbuhkan solidaritas kepada sesama. Kemudian juga ibadah Puasa (Ramadan) mengajarkan umat Islam menumbuhkan jiwa sosial dan mengajarkan sikap peduli kepada kaum dhuafa (miskin).

“Dengan menahan lapar, kita belajar mengerti kesulitan orang-orang yang sering kelaparan karena kurang mampu. Untuk itu, marilah kita tingkatkan rasa saling peduli sesama dan saling berbagi,”tuturnya.

Abdullah Sani mengatakan, Safari Ramadan yang dilaksanakan tersebut penting untuk membangun silaturahmi dan kebersamaan antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tebo dan masyarakat setempat. Melalui Safari Ramadan tersebut bisa terjalin terjalin komunikasi yang semakin baik, sehingga program pemerintah bisa tersampaikan kepada warga masyarakat secara langsung.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Tebo, H Aspan pada kesempatan itu mengatakan, para Pemkab Tebo juga melakukan Safari Ramadan ke berbagai kecamatan. Ketika melakukan Safari Ramadan, para pejabat di tebo juga memberikan bantuan kebutuhan pokok kepada masyarakat dan bantuan dana CSR Bank 9 Jambi kepada pengurus masjid dan musholla. (Matra/AdeSM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *