24 September 2023
Para pembalap F1 Powerboat Danau Toba mulai menjajal lintasan arena pada sesi uji coba di pantai Bulbul, Balige, Toba, Sumut, Jumat (24/2/2023). (Foto : Matra/Ist).

(Matra, Balige) – Ribuan warga masyarakat desa-desa sekitar Balige, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tidak bisa menonton Kejuaraan Dunia (World Championship) Perahu Motor Super Cepat Formula 1 (F1 Powerboat) Danau Toba yang dilaksanakan di pantai Bulbul, Balige, Toba, Sumut, Jumat – Minggu (24 – 26/2/2023).

Warga masyarakat sekitar Balige banyak yang tidak bisa menonton karena pembatasan jalur transportasi ke lokasi lomba. Sedangkan untuk menggunakan bus yang disediakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toba dan panitia, warga masyarakat enggan.

Masalahnya rute bus hanya disiapkan mengangkut penumpang ke pusat parkir di lapangan Tambunan (Lumbanpea) Balige. Sedangkan jarak lapangan Tambunan ke ke lokasi lomba, Lapangan Sisingamangaraja, Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige mencapai satu kilometer. Jadi pengunjung harus berjalan kaki dari lokasi parkur bus ke lokasi lomba sejauh satu kilometer.

Uli Manihuruk (58), warga Desa Narumonda VII, Pangasen, Kecamatan Siantar Narumonda, Porsea ke Balige mengatakan, jarak dari desa mereka ke lokasi pusat parkir bus lapangan Tambunan, Balige mencapai 26 Kilometer (Km). Untuk mencapai lapangan Tambunan, mereka harus naik ojek dulu sejauh lima kilometer ke Simpang Balige dengan ongkos Rp 10.000/orang.

“Kemudian naik angkutan kota lagi sejauh 21 Km ke lapangan Tambunan, Balige dengan ongkos Rp 14.000/orang. Setelah itu jalan kaki lagi sekitar satu kiolemeter dari lapangan Tambunan ke lokasi lomba. Wah, terlalu capek (lelah). Kemudian untuk pulang juga bingung kalau-kalau bus, ojek dan angkutan kota tidak ada lagi sore hari. Jadi kami warga desa banyak yang tidak nonton F1 Powerboat,”katanya.

Para penonton memadati tribun menyaksikan uji coba para pembalap F1 Powerboat di Balige, Toba, Sumut, Kamis (23/2/2023). (Foto : Matra/Kemenpora).

Rekayasa lalu Lintas

Sementara itu, Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak menjelaskan, pihaknya melakukan rekayasa lalu lintas di Balige, Kabupaten Toba, Sumut selama berlangsungnya berbagai kegiatan F1 Powerboat Danau Toba (F1H2O), Jumat – Minggu (24 – 26/2/2023).

Pengaturan lalu lintas tersebut akan dilakukan jajaran Polda Sumut, Polres Toba dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toba. Rekayasan lalu lintas dilakukan menganytisipasi kemacetan total ke lokasi lomba akibat membludaknya pengunjung F1 Powerboat.

“Skema pengalihan lalu lintas di Balige, yakni penutupan atau sterilisasi Jalan Sutomo, mulai Jumat (24/2/2023). Jalur tersrbut hanya untuk jalur bus yang mengantar jemput penonton F1 Powerboat dari pusat parker, lapangan Tambunan ke lokasi veneu atau tribun penonton, baik di bukit Pahoda maupun pantai Bulbul,”jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, Jalan Sisingamangaraja di sisi utara Balige ditutup selama kegiatan F1 Powerboat. Warga masyarakat atau penonton dapat memanfaatkan akses jalan lain. Petugas sudah disiagakan di setiap ruas jalan menuju setiap lokasi kegiatan F1 Powerboat. Baik kegiatan lomba maupun pentas hiburan.

“Kami juga mengimbau agar penonton yang sudah membeli tiket untuk tribun utama bisa datang lebih awal, sekitar pukul 12.00 WIB. Hal itu penting menghindari antrean dan macet karena lomba dimulai pukul 15.00 – 18.00 WIB,”katanya.

Kadis Kominfo Sumut, Ilyas Sitorus di media center F1 Powerboat Danau Toba, Balige, Toba, Sumut, Kamis (23/2/2023). Siap bantu pelayanan media peliput Kejuaraan Dunia F1 Powerboat Danau Toba. (Foto : Matra/KominfoSumut).

Semakin Ramai 

Sementara itu, suasana Kota Wisata Balige, Jumat (24/2/2023) sudah meriah. Ribuan wisatawan yang hendak menyaksikan F1 Powerboat sudah berdatangan ke kota wisata pantai tersebut.

Tempat-tempat penginapan, warung-warung (café) dan jalanan di Kota Wisata Balige sudah sangat ramai. Kemudian panggung-panggung hiburan juga sudah didirikan. Ratusan stand (lapak) Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) juga sudah siap menyambut para pengunjung di Balige.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sumatera Utara (Sumut), Ilyas Sitorus di kawasan Pelabuhan Mulia Raja, Balige, Toba, Jumat (24/2/2023) mengatakan, masyarakat Balige tampak bersemangat menyambut balapan akbar kapal motor super cepat tingkat dunia, F1 Powerboat di kampung halaman mereka.

“Kami memperkirakan pengunjung akan membludak memadati Balige mulai Sabtu – Minggu (25 – 26/2/2023). Para pengunjung akan menyaksikan latihan bebas dan babak kualifikasi, Sabtu (25/2/2023) dan babak final, Minggu (26/2/2023). Hari ini saja, Jumat (24/2/2023), Kota Wisata Balige sudah dipadati pengunjung,”katanya.

Dikatakan, pembukaan Kejuaraan Dunia F1 Powerboat Danau Toba akan digelar secara meriah. Tarian massal bergaya khas Batak dengan menampilkan 150 orang anak-anak sekolah dari Balige akan mengisi pembukaan Kejuaraan Duni F1 Powerboat.

“Pembukaan Kejuaran Dunia F1 Powerboat Balige ini akan dihadiri Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) dan para Menteri Kabinet Indonesia Maju. Presiden dijadwalkan menghadiri babak final F1 Powerboat di Balige, Minggu (26/2/2023),”katanya.

Pentas Hiburan

Sementara itu, para pengunjung F1 Powerboat Danau Toba di Balige tidak hanya bisa menikmati adu balap kelas internasional, tetapi juga bisa menikmati suguhan berbagai hiburan. Pentas hiburan menampilkan artis-artis nasional dari Jakarta.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis Kominfo) Kabupaten Toba, Sesmon Butarbutar mengatakan, pentas hiburan (site event) F1 Powerboat Danau Toba Balige digelar di tiga tempat.

Pertama di lapangan Mini Soposurung, Pantai Sibolahotang Sas dan Bundaran DI Panjaitan. Di Lapangan Mini Soposurung akan digelar pentas hiburan selama tiga hari dengan kapasitas pengunjung sekitar 3.000 orang. Kemudian pentas hiburan di Pantai Sibolahotang Sas bis amenampung 1.000 orang dan do Bundaran DI Panjaitan dapat menampung sekitar 5.000 orang.

Artis – artis nasional yang disiapkan menghibur penonton F1 Powerboat, yakni Judika, Vicky Sianipar, Ananda Mikola, Kirana Larasati, Cindy Prisilia dan D’Bagindas. (Matra/AdeSM/BerbagaiSumber).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *