4 Desember 2023
Gubernur Jambi, H Al Haris (depan) mengikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah se-Indonesia secara virtual di ruang video conference rumah dinas Gubernur Jambi, Kota Jambi, Senin (30/1/2023). (Foto : Matra/KominfoProvJambi).

(Matra, Jambi) – Provinsi Jambi termasuk salah satu daerah di Tanah Air yang masih mengalami inflasi cukup tinggi. Angka inflasi di Provinsi Jambi akhir tahun lalu mencapai 6,05 % atau masih berada di atas angka inflasi nasional sekitar 5,51 %. Namun inflasi di Jambi tersebut sudah turun dibandingkan periode 8,55 %.

“Guna mengendalikan inflasi di Provinsi Jambi tahun 2023 ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi akan segera mempersiapkan rencana strategis. Salah satu rencana strategis mengendalikan inflasi tersebut, yakni mengendalikan harga pangan,”kata Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos, MH seusai mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah se-Indonesia secara virtual di ruang video conference rumah dinas Gubernur Jambi, Kota Jambi, Senin (30/1/2023).

Rakor Pengendalian Inflasi Daerah se-Indonesia yang dipimpin langsung Menteri Dalam Negeri (mendagri), M Tito Karnavian tersebut dilaksanakan di kantor Mendagri, Jakarta. Turut pada rakor tersebut, jajaran Badan Pusat Statistik (BPS) RI dan Badan Pangan Nasional.

Rakor tersebut dimaksudkan membahas langkah – langkah nyata mengendalikan inflasi di seluruh daerah tahun 2023. Seluruh gubernur, wali kota dan bupati se – Indonesia mengikuti rakor tersebut secara virtual (online). Rakor yang memiliki agenda pengendalian inflasi daerah tersebut fokus pada urusan pertanian, perdagangan, keuangan, sosial, perhubungan, energi sumber daya mineral dan perencanaan pembangunan di masa mendatang.

Menurut Al Haris, pemerintah daerah di seluruh Indonesia termasuk Pemprov Jambi diminta segera mempersiapkan langkah – langkah menghadapi inflasi di daerah. Kenaikan harga pangan yang menjadi salah satu penyebab inflasi harus menjadi pertimbangan pengendalian inflasi. Pemerintah daerah di Indonesia harus segera mengantisipasi kenaikan harga pangan mencegah lonjakan inflasi.

Kondisi inflasi di Indonesia pada Rakor Pengendalian Inflasi Daerah se-Indonesia secara virtual di ruang video conference rumah dinas Gubernur Jambi, Kota Jambi, Senin (30/1/2023). (Foto : Matra/KominfoProvJambi).

Dikatakan, rakor tersebut merupakan kegiatan rutin dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Rakor dipimpin langsung Bapak Mendagri. Rakor tersebut juga digelar guna memonitoring perkembangan inflasi daerah di Indonesia. Pemprov Jambi masih menunggu release (keterangan) resmi guna melihat perkembangan inflasi yang terjadi di lapangan. Berdasarkan pantauan di Provinsi Jambi maupun di Indonesia sudah terjadi beberapa kenaikan harga pada sektor pangan medio Januari ini.

“Besok, Selasa (31/1/2023), saya akan mengadakan rapat lengkap bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jambi, Tim Satgas Pangan dan pihak terkait. Rapat membahas langkah – langkah strategis menghadapi inflasi tahun 2023,”katanya.

Dijelaskan, pengendalian inflasi daerah ini merupakan amanat langsung Presiden RI, Joko Widodo. Pemerintah daerah wajib menjaga pangan di daerah masing – masing agar tidak terjadi kenaikan inflasi yang tinggi.

“Jadi kondisi harga pangan yang berpotensi memicu inflasi harus segera kita antisipasi bersama,”ujarnya.. (Matra/AdeSM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *