28 Januari 2023
Rapat Panitia Daerah HPN 2023 di kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30, Medan, Sumut, Sabtu (21/1/2023). (Foto : Matra/KominfoSumut).

(Matra, Medan) – Panitia Hari Pers Nasional (HPN) 2023 cukup berhasil menggalang dukungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Sumut guna menyukseskan HPN yang berkangsung di Kota Medan, Sumut, Selasa – Minggu (7 – 12/2/2023. Dukungan Pemprov Sumut dan BUMD tersebut penting menopang berbagai kegiatan HPN, khususnya keperluan fasilitas, tenaga dan finansial.

Ketua Umum Panitia Daerah HPN 2023 Arief S Trinugroho didampingi, Ketua III Panitia dan didampingi Ketua III Panitia Daerah HPN 2023, Faisal Arif Nasution dan Sekretaris Panitia Daerah HPN 2023, S Sitorus. di Medan, Sumut, Senin (23/1/2022) menjelaskan, seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Sumut dan Pimpinan BUMD Sumut siap menyukseskan penyelenggaraan HPN 2023.

“Seluruh OPD dan BUMD di Sumut akan menjadi menjadi penanggung jawab pendampingan para tamu (Laison Officer/LO) selama event (kegiatan) nasional tersebut berlangsung,”katanya.

Menurut Arief S Trinugroho, puncak HPN 2023 di Kota Medan akan dilaksanakan di Gedung Olah Raga (GOR) Serba Guna Pancing Medan, Kamis (9/2/2023). Puncak HPN 2023 tersebut akan dihadiri Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi). Setelah mengikuti puncak HPN tersebut, Presiden Jokowi dan rombongan pejabat Negara langsung tour (berkunjung) ke Danau Toba, Parapat dan sekitarnya. Presiden dan romobgan akan menginap di Hotel Khas Parapat, Kamis – Jumat (9 – 10/2/2023).

Arief S Trinugroho yang juga menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Sumut, lebih lanjut mengatakan, HPN 2023 di Medan menggelar cukup banyak kegiatan. Baik kegiatan seminar, wisata dan ekonomi. Kegiatan tersebut yakni, “Workshop (Diskusi) Literasi Digital: Media Sosial dan Entrepreneurship (Jiwa Usaha) untuk Generasi Milenial” di aula Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sumatera Utara (USU).

Kemudian seminar “Seruan Pers dari Sumatera Utara: Pers Bebas, Demokrasi Bermartabat” dan “Anugerah Jurnalistik Adinegoro” di Ballroom Hotel Grand Mercure. Selanjutnya seminar internasional  “Disrupsi Digital dan Tata Ulang Ekosistem Media yang Berkelanjutan” di Amarilis Room – Hotel Grand Mercure. Semuanya kegiatan seminar tersebut dilaksanakan, Selasa (7/2/2023).

Menurut Arief S Trinugroho HPN 2023 juga diisi dengan Kongres Ke XXVI SPS dan seminar Serikat Perusahaan Pers (SPS) di Ballroom Hotel Arya Duta, diskusi “Anugerah Kebudayaan” di Hotel Santika Dyandra, Selasa (7/2/2023). Kemudian digelar juga Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) dan Bakti Sosial di Hotel Khas Parapat, Selasa – Rabu (7 – 8/2/2023). Selain itu dilaksanakan juga pertemuan Dewan Kehormatan PWI Pusat dengan Dewan Kehormatan Provinsi se-Indonesia di aula T Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubernur.

Dikatakan, pihak Panitia HPN 2023 juga menggelar pameran HPN 2023 dan pameran “Tiga Abad Surat Kabar Indonesia” di komplek Astaka Pemprov Sumut, Selasa –Minggu (7-12/2/2023). Selain itu digelar juga seminar internasional bertajuk Trade, Tourism and Investment Forum For North Sumatera di Ballroom Hotel Adimulia, Rabu (8/2/2023).

Pada hari yang sama digelar juga Konvensi Nasional Media Massa di Ballroom Hotel Grand Mercure Medan, seminar olahraga “Strategi Sumut dan Aceh Meningkatkan Prestasi Olahraga dan Kebangkitan Ekonomi Daerah“ dan Rakernas Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI di Ballroom Hotel Santika Medan.

“Di luar agenda yang berkaitan dengan dunia pers, kami juga menggelar seminar seminar ‘Dana Bagi Hasil Perkebunan untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Daerah’ di aula Raja Inal Siregar, kantor Gubernur Sumut, Rabu (8/2/2023). Kegiatan itu dilanjutkan dengan Welcome Dinner (makan malam bersama) di rumah dinas Gubernur Sumut,”ujarnya.

Arief S Trinugroho mengatakan, guna mendukung kelancaran semua kegiatan HPN tersebut, pihaknya sudah meminta seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemprov Sumut dan BUMD di daerah itu memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh tamu yang hadir. Hal itu penting untuk menunjukkan Sumut bisa menjadi tuan rumah HPN 2023 yang baik.

Dijelaskan, Pemprov Sumut memiliki tanggung jawab besar menggelar dua kegiatan bertaraf nasional dan internasional medio Februari 2023. Satu kegiatan tersebut, HPN 2023. Kemudian kegiatan kedua, kejuaraan internasional balap kapal super cepat (speedboat) atau F1H2O (F1 Powerboat) di Danau Toba, Jumat – Minggu (24-26/2/2023).

HPN 2023 sendiri, lanjutnya akan dihadiri belasan ribu tamu yang berasal dari unsur organisasi pers, wartawan asing, pemerintah daerah dari seluruh provinsi, para duta besar negara sahabat. Sedangkan balap kapal super cepat F1 Powerboat akan diikuti ratusan peserta dan official (pendukung) dari berbagai negara.

“Jadi awal tahun 2023 ini kita mendapat kepercayaan yang besar menjadi tuan rumah berbagai event, tidak hanya skala nasional, bahkan dunia. Untuk itu, mari kita berikan pelayanan terbaik, sehingga Sumut dapat memberikan citra dan kenangan yang baik. Semua kegiatan ini juga akan mendorong kebangkitan ekonomi Sumut,”paparnya. (Matra/AdeSM/HumasPWI/DiskominfoSumut).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *