28 Januari 2023
Pangdam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Hilman Hadi (dua dari kiri ), Danrem 042/Gapu Jambi, Brigjen TNI Supriono (tengah), Gubernur Jambi, H Al Haris (dua dari kanan), Kapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono (kanan) dan Ketua DPRD Provinsi Jambi, H Edi Purwanto (kiri) pada peresmian ruas jalan hasil pembangunan Karya Bakti TNI di Desa Kilangan, Kecamatan Muarabulian, Kabupaten Batanghari, Jambi, Sabtu (7/1/2023). (Foto : Matra/KominfoJbi).

(Matra, Jambi) – Karya Bakti TNI Komando Resort Militer (Korem) 042/Garuda Putih (Gapu) Jambi berhasil menyelesaikan peningkatan kualitas atau pengerasan jalan di Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi. Ruas jalan yang berhasil diperbaiki tersebut terdapat di Simpang Desa Karmeo, Kecamatan Batin XXIV – Desa Kilangan, Kecamatan Muarabulian, Kabupaten Batanghari. Panjang ruas jalan yang diperbaiki mencapai 44 kilometer (Km).

“Karya Bakti TNI Korem 042/Gapu Jambi sudah bekerja keras memperbaiki belasan kilometer jalan di Batanghari ini. Saya berharap agar seluruh elemen masyarakat Batanghari dan Jambi bersama – sama merawat jalan yang baru selesai dibangun tersebut. Perawatan jalan itu penting agar jalan tersebut bermanfaat dan bisa bertahan untuk jangka waktu yang lebih lama,”kata Gubernur Jambi, Dr H ASl Haris, SSos, MH pada penutupan Karya Bhakti TNI Korem 042/Gapu Jambi di Desa Kilangan, Kecamatan Muarabulian, Kabupaten Batanghari, Jambi, Sabtu (7/1/2023).

Al Haris pada kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih atas kerja sama TNI dan rakyat melakukan pembangunan, khususnya pengerasan ruas jalan Simpang Desa Karmeo, Kecamatan Batin XXIV – Desa Kilangan, Kecamatan Muarabulian selama satu bulan terakhir. Masyarakat Batanghari, termasuk masyarakat Jambi sangat membutuhkan dan mendambakan pengerasan jalan tersebut.

Dikatakan, pengerasan jalan tersebut sangat mendukung kegiatan dan aktivitas sehari-hari masyarakat, termasuk pemasaran hasil pertanian. Pembangunan jalan tersebut bisa mempersingkat jarak ke Kota Jambi hingga 15 Km dibandingkan melewati jalur Simpang Tembesi – Muarabulian – Kota Jambi.

“Ruas jalan ini menjadi jalan alternatif dari Kerinci, Merangin dan Sarolangun menuju Kota Jambi. Perbaikan jalan tersebut serta membantu mengurai kemacetan Kota Jambi – Batanghari.

Saya sangat mengapresiasi pelaksanaan Karya Bhakti TNI yang diinisiasi oleh Korem 042/Gapu Jambi untuk mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat serta membantu pemerintah daerah melakukan percepatan pembangunan,”katanya.

Menurut Al Haris, kegiatan Karya Bhakti TNI menjadi wujud bakti TNI terhadap rakyat dalam mengentaskan kesulitan yang ada di tengah masyarakat. Kegiatan Karya Bhakti TNI dapat mempercepat pembangunan di pedesaan dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Pembangunan jalan di desa juga dapat meningkatkan harga tanah di sepanjang jalan.

Al Haris mengatakan, kegiatan Karya Bhakti TNI merupakan kegiatan rutin yang selalu dilakukan TNI yang tidak hanya melakukan pembangunan fisik atau infrastruktur saja. Karya Bakti TNI juga penting untuk memajukan pembangunan manusia atau non fisik. Salah satu di antaranya memberikan penguatan kesatuan bangsa dan pembangunan karakter.

Al Haris mengharapkan Karya Bhakti TNI KOrem 042/Gapu Jambi tersebut membawa hasil secara fisik seperti meningkatnya pembangunan sarana dan prasarana dan infrastruktur. Kemudian karya bakti TNI juga penting meningkatkan kualitas masyarakat secara non fisik, yakni tergugahnya kesadaran masyarakat meningkatkan budaya gotong – royong yang merupakan kearifan lokal bangsa sejak zaman dahulu.

“Kegiatan Karya Bhakti TNI Korem 042/Gapu Jambi akan membangkitkan kembali kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat dalam membangun daerah, meningkatkan wawasan kebangsaan, kehidupan bermasyarakat, kesadaran bela negara, berbudaya disiplin dan tertib hukum. Hal ini penting dalam rangka meningkatkan stabilitas keamanan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”katanya.

Sementara itu, Pangdam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Hilman Hadi pada kesempatan itu mengatakan, masyarakat maupun pemerintah telah banyak berkontribusi pada Karya Bhakti TNI Korem 042/Gapu Jambi. Keterlibatan masyarakat tentu menjadi hal penting, terlebih pada pembangunan dan pemeliharaan ruas jalan.

Sedangkan Danrem 042/Gapu Jambi, Brigjen TNI Supriono, SIP, MM menjelaskan, Karya Bhakti TNI Korem 042/Gapu Jambi melibatkan semua unsur. Baik dari pemerintah Kabupaten Batanghari maupun masyarakat Batanghari.

Dikatakan, pembukaan dan pengerasan jalan di Batanghari mulai pada Oktober 2022 lalu. Banyak kendala yang terjadi pada saat pembukaan dan pengerasan jalan sepanjang 44 Km tersebut. Masalahnya ada beberapa titik jalan yang jalurnya sedikit sulit sehingga butuh pengerjaan ekstra.

Brigjen TNI Supriono berterima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang selalu mendukung pengerjaan jalan di Batanghari tersebut. Mulai dari pembebasan lahan, penggunaan jalan masyarakat untuk alat berat. Dengan demikian pembangunan jalan alternatif tersebut dapat terlaksana sesuai rencana. (Matra/AdeSM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *