28 Januari 2023
Bupati Merangin, H Mashuri (kanan) menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-66 Provinsi Jambi di gedung DPRD Provinsi Jambi, Jumat (5/1/2023). (Foto : Matra/KominfoMerangin).

(Matra, Jambi) – Bupati Merangin, H Mashuri mengapresiasi pembangunan jalan yang dilakukan Pemerintah provinsi (Pemprov) Jambi selama satu tahun terakhir. Pembangunan jalan tersebut penting guna memudahkan akses masyarakat desa-desa di wilayah kabupaten menuju pusat perdagangan di Kota Jambi dan provinsi lain.

Salah satu pembangunan jalan yang sangat penting dilakukan Pemprov Jambi, yakni pembangunan ruas jalan alternative Simpang Karmeo – Desa Kilangan, Kabupaten Batanghari. Panjang jalan yang diperbaiki atau ditingkatkan kualitasnya tersebut mencapai 44 kilometer (Km). Pembangunan jalan tersebut dilakukan bekerja sama dengan karya bakti TNI.

‘’Jalan tembus ini akan sangat berperan mengurangi kemacetan akibat truk pengangkut batu bara. Jalan tembus dari Batanghari – Kota Jambi – Muarojambi ini juga bisa mempersingkat jarak tempuh hingga 15 Km. Saya berharap peningkatan kualitas jalan itu segera rampung. Dengan demikian masyarakat Kabupaten Merangin, terlebih ambulan yang membawa pasien dari Merangin dan kabupaten lainnya menuju Kota Jambi, tidak terkendala karena angkutan batu bara,”kata Bupati Merangin, H Mashuri ketika menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-66 Provinsi Jambi di gedung DPRD Provinsi Jambi, Jumat (5/1/2023).

Menurut H Mashuri, Pemkab Merangin akan terus mendukung program pembangunan infrastruktur Jambi, khususnya pembangunan jalan dan jembatan. Selama ini keluhan masyarakat kabupaten di Jambi lebih banyak di bidang kerusakan jalan dan jembatan. Kerusakan jalan dan jembatan tersebut sangat menghambat pengangkutan barang dan penumpang dari kabupaten ke ibukota Provinsi Jambi, yaitu Kota Jambi dan provinsi lain.

“Pembangunan jalan di Merangin sendiri yang dilakukan Pemprov Jambi beberapa tahun ini cukup menggembirakan. Daerah-daerah terpencil di Merangin yang miskin sarana jalan selama ini kini sudah mudah dijangkau berkat pembangunan jalan. Salah satu di antaranya, Kecamatan Jangkat, Merangin yang semamkin mudah diakses menyusul pembangunan jalan ke daerah tersebut,”katanya.

Sementara itu, jajaran ASN Pemkab Merangin juga memperingati HUT ke-66 Provinsi Jambi di di halaman kantor lama Bupati Merangin, Bangko, Merangin, Jumat (6/1/2023). Upacara HUT ke-66 Provinsi Jambi di Merangin tersebut dipimpin Asisten I (Bidang Pemerintahan) Pemkab Merangin, H Abdul Gani. Upacara itu diikuti ribuan ASN Pemkab Merangin dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Merangin.

Abdul Gani ketika membacakan sambutan Gubernur Jambi, H Al Haris pada kesempatan tersebut mengatakan, capaian pembangunan di Provinsi Jambi saat ini tentunya tidak terlepas dari kerja keras dan upaya yang telah dilakukan oleh para pendahulu Jambi.

“Para pendahulu kita serta para pemimpin kita terdahulu telah banyak berbuat untuk Provinsi Jambi. Saya mengucapkan terima kasih kepada pendiri Provinsi Jambi dan kepada para gubernur dan wakil gubernur Jambi terdahulu,”ujarnya.

Dikatakan, melandainya kasus Covid-19 di Jambi kondisi saat ini membuat Provinsi Jambi telah keluar dari zona pandemic. Hal tersebut patut disyukuri karena meredanya pandemic Covid-19 membuat perekonomian Provinsi Jambi secara bertahap mengalami peningkatan.

‘’Pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi pada 2020 minus 0,44 % pada 2021 menjadi positif 3,66 % dan laju pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi dilihat dari Year on Year (secara pertahun) pada triwulan III 2022 mencapai 5,20 %. Kebangkitan ekonomi Jambi ini patut kita apresiasi,’’ujarnya.

Menurut Abdul Gani, kemajuan ekonomi Jambi tersebut mencerminkan bahwa upaya pemulihan ekonomi Povinsi Jambi dari dampak pandemi Covid-19 telah berhasil dilakukan. Memang banyak kendala yang dihadapi pada proses pemulihan ekonomi tersebut. Tetapi Jambi tetap mampu mengendalikan tahapan menuju kondisi pemulihan yang optimal.

Dikatakan, untuk terus memajukan pembangunan Jambi, seluruh elemen masyarakat harus dirangkul, dilibatkan. Dukungan seluruh elemen masyarakat memajukan pembangunan Jambi hingga ke desa-desa terpencil penting agar pembangunan bisa dilakukan secara maksimal dan merata. (Matra/AdeSM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *