28 Januari 2023
Sekda Pemkab Merangin, H Fajarman (dua dari kanan) dan Rektor UIN STS Jambi, H Su’aidi (dua dari kiri) pada penandatangan kerja sama pembangunan di aula kampus UIN STS Mendalo, Kabupaten Muarojambi, Jambi, Kamis (5/1/2023). (Foto : Matra/KominfoMerangin).

(Matra, Jambi) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merangin, Provinsi Jambi terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) sebagai salah satu strategi percepatan pembangunan daerah. Salah satu upaya tersebut, menjalin kerja sama dengan Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Syaifuddin (UIN STS ) Jambi. Kerja sama tersebut fokus pada peningkatan kualitas SDM melalui pendidikan dan pelatihan serta peningkatan pengelolaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Nota kesepahaman (Momerandum of Undestanding/MoU) peningkatan pembangunan Pemkab Merangin dengan UIN Jambi tersebut ditandatangani Sekretaris Daerah (Sekda) Merangin, H Fajarman dan Rektor UIN STS Jambi, Prof Dr H Su’aidi, MA, PhD di aula kampus UIN STS Mendalo, Kabupaten Muarojambi, Jambi, Kamis (5/1/2023).

Menurut Fajarman, inti kerja sama Pemkab Merangin dengan UIN STS Jambi tersebut, yakni peningkatan pembangunan Merangin di berbagai bidang, khususnya peningkatan kualitas SDM. Kerja sama itu dinilai penting menuju penuntasan Program Merangin Mantap 2023. Melalui kerja sama tersebut, potensi-potensi sumber daya alam di Kabupaten Merangin dapat dikelola secara maksimal memajukan perekonomian masyarakat.

“Secara jangka panjang, kerja sama Pemkab Merangin dengan UIN STS Jambi tersebut diharapkan bisa mewujudkan kualitas SDM. Sedangkan dalam jangka pendek, kerja sama ini akan melakukan sertifikasi halal bagi UMKM dan sertifikasi guru guna meningkatkan SDM para guru di Merangin,”ujarnya.

Sementara itu, Rektor UIN STS Jambi, Prof Dr H Su’aidi, MA, PhD pada kesempatan tersebut mengatakan, untuk sertifikasi halal bagi UMKM yang ada di Merangin akan dipercepat dan dilakukan secara menyeluruh. Hal itu penting guna meningkatkan pemasaran dan daya saing produk UMKM Merangin di pasar regional Sumatera dan nasional.

“Saat ini subsidi permerintah untuk meningkatkan pengelolaan dan pemasaran produk UMKM sangat terbatas. Karena itu pihak UIN STS Jambi akan berupaya memberdayakan pelaku UMKM mengelola usaha mereka melalui pelatihan dan sertifikasi halal,”katanya.

Menurut H Su’aidi, pihaknya juga melakukan peningkatan pendidikan budaya Melayu di Merangin sebagai salah satu upaya pelestarian budaya Merangin. Kemudian ada juga kerja sama di bidang peningkatan kualitas SDM aparatur sipil Negara (ASN) Pemkab Merangin.

‘’Kami sangat optimis kerja sama ini bisa meningkatkan pembangunan Merangin, khususnya pembangunan kualitas SDM di berbagai bidang usaha. Kami juga berharap kerja sama ini bisa terus berlanjut dan lebih baik di masa mendatang,”tambahnya. (Matra/AdeSM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *