28 Januari 2023
Megabintang sepak bola dunia dan Argentina, Lionel Messi (tiga dari kiri) mengangkat trofi Piala Dunia merayakan kemenangan bersama pemain Argentina seuasi mengalahkan Prancis pada final Piala Dunia 2022 Qatar di Stadion Lusail, Qatar, Minggu (18/12/2022) malam. Argentina taklukkan juarta bertahan Piala Dunia Prancis melalui drama adu pinalti dengan skor 4 – 2. (Foto : AFP/FRANCK FIFE/Kompas.Com).

(Matra, Qatar) – Impian bintang sepak bola dunia asal Argentina, Lionel Messi meraih tropi Piala Dunia di penghujung karier sepak bolanya di ajang piala dunia akhirnya terwujud juga. Lionel Messi berhasil memimpin kesebelasan Tango Argentina meraih gelar tertinggi sepak bola dunia, Piala Dunia 2022 Qatar setelah menaklukkan juara bertahan kesebelasan Ayam Jantan Prancis dengan skor 4 – 2.

Kemenangan Argentina atas Prancis diraih melalui drama adu pinalti pada final Piala Dunia Qatar 2022 yang yang berlangsung di Stadion Lusail, Qatar, Minggu (18/12/2022) malam. Lionel Messi yang juga merupakan bintang klub sepak bola asal Spanyol, Barcelona terpilih sebagai pemain terbaik Piala Dunia Qatar 2022 dan meraih golden ball (bola emas).

Megabintang sepak bola Lionel Messi sendiri menjadi satu-satunya pemain sepak bola dunia yang sudah dua kali meraih golden ball sejak penghargaan itu diberikan kepada pemain terbaik Piala Dunia tahun 1982. Lionel Messi meraih penghargaan golden ball pada Piala Dunia 2014 dan 2022.

Sementara itu Argentina tampil sebagai kampiun Piala Dunia 2022 melalui duel sengit dengan Prancis. Pada babak dua kali 45 menit waktu normal, hasil (skor) pertandingan Argentina kontra Prancis berakhir seri 2 – 2. Gol Argentina dicetak Lionel Messi pada menit ke-23 melalui titik penalti) dan gol kedua dicetak Angel Di Maria menit ke-36.

Sedangkan dua gol balasan Prancis dicetak secara beruntun oleh bintang andalan Prenacis, Kylian Mbappe pada menit ke-80 melalui titik penalti dan menit ke – 81′. Hasil seri tersebut pertandingan dilanjutkan dengan babak tambahan dua kali 15 menit.

Pada babak perpanjangan waktu tersebut, Argentina berhasil menambah satu gol melalui sontekan Lionel Messi menit ke-(108′). Namun keunggulan Argentina tersebut tak berlangsung lama menyusul gol balasan Prancis yang dilesakkan Kylian Mbappe melalui titik pinalti menit ke – 118.

Hasil imbang 3 – 3 pada wakti normal dan perpanjangan waktu tersbeut membuat laga Argentina kontra Prancis dilanjutkan dengan adu pinalti. Adu pinalti alias tos-tosan tersebut dimenangkan Argentina dengan skor 4 – 2. Empat gola Argentina dilesakkan Lionel Messi, Paulo Dybala, Leandro Paredes, dan Gonzalo Montiel.

Sedangkan dua gol Perancis di babak adu penalti tersebut dicetak Kylian Mbappe dan Randal Kolo Muani. Dua algojo Prancis, yakni Kingsley Coman dan Aurelien Tchouameni gagal mencetak gol pada adu pinalti tersebut.

Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar diikuti sebanyak 32 negara. Empat negara yang masuk ke babak semi final setelah mengalahkan lawan-lawannya, yakni juara bertahan Prancis, Argentina, Kroasia dan Marokko. Pada babak semi final, Argentina mengalahkan Kroasia dengan skor 3 – 0. Kemudian Prancis menekuk Marokko dengan skor 2 -0.

Pada babak perebutan tempat ketiga, Kroasia mengalahkan Marokko dengan skor 2 -1 dan pada babak final Argentina mengalahkan Prancis dengan skor 4 – 2 melalui adu pinalti (skor babak normal dan perpanjangan waktu 3-3). (Matra/AdeSM/BerbagaiSumber).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *