28 Januari 2023
Kapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono ketika memberikan pengarahan mengenai pengamanan perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 melalui Operasi Lilin 2022 di Polda Jambi, Jumat (9/12/2022). (Foto : Matra/HumasPoldaJbi).

(Matra, Jambi) – Polda Jambi menggelar pengamanan perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 melalui Operasi Lilin 2022. Operasi Lilin Polda jambi tersebut berlangsung selama 11 hari mulai Jumat (23/12/2022) hingga Senin (02/01/2023). Selama Operasi Lilin 2022 tersebut, Polda Jambi membentuk 28 unit pos pengamanan (Pospam) dan 13 unit pos pelayanan (Posyan). Selain itu, Operasi Lilin 2022 Polda Jambi juga memprioritaskan pengamanan rumah ibadah perayaan Natal dan Tahun Baru di lingkungan setiap gereja di Jambi.

Kapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono melalui Kabid Humas Polda Jambi, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Mulia Prianto, SSos, SIK di Polda Jambi, Jumat (9/12/2022) menjelaskan, jajaran Polda Jambi dan Polres se-Provinsi Jambi akan melakukan pengamanan ketat setiap rumah ibadah (gereja) mencegah terjadinya gangguan peryaan Natal dan Tahun Baru. Sedangkan pada perayaan malam Tahun Baru, 31 Desember 2022, pengamanan juga dilakukan di tempat-tempat umum yang diperkirakan dipadati warga masyarakat yang merayakan malam Tahun Baru.

“Kami mendirikan pospam dan posyan di tempat-tempat keramaian, termasuk lingkungan gereja untuk memberikan kemudahan dan keamanan masyarakat yang merayakan Natal 2022 dan libur Tahun Baru 2023. Kami juga berharap seluruh lapisan masyarakat dan umat beragama di Jambi sama-sama menciptakan keamanan dan ketertiban amsyarakat selama perayaan Natal dan Tahun Baru nanti,”katanya.

Dijelaskan, Pospam dan Posyan Operasi Lilin 2022 Polda Jambi yang didirikan di Kota Jambi sebanyak delapan unit, enam pospam dan dua posyan. Kemudian di Kabupaten Muarojambi didirikan dua pospam dan satu posyan, Kabupaten Batanghari ( tiga pspam dan satu posyan), Tanjungjabung Timur ( tiga unit pospam) dan Kabupaten Tanjungjabung Barat ( satu pospam dan tiga posyan).

Untuk wilayah Kabupaten Sarolangun, lanjut Mulia Prianto, pospam yang dibangun sebanyak tiga unit dan posyan dua unit, Kabupaten Tebo (dua unit pospam dan satu unit posyan), Bungo (dua pospam dan satu posyan), Merangin (tiga pospam dan satu posyan), Kerinci dan Kota Sungaipenuh (dua pospam dan satu posyan).

Pengamanan Natal dan Tahun Baru yang dilakukan Polda Jambi melalui Operasi Lilin 2022 juga di-beckup (didukung) jajaran TNI, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Pramuka, Dinas Perhubungan dan petougas instansi terkait lainnya. Total pasukan pengamanan Natal dan Tahun Baru yang dikerahkan Polda Jambi tahun ini sekitar 1.600 orang.

Sementara itu, pengamanan perayaan Natal di berbagai gereja di Kota Jambi sudah dilakukan jajarankepolisian di Jambi. Pantauan medialintassumatera.net (Matra), Jumat (9/12/2022) sore hingga malam, petugas polisi berjaga di beberapa gereja yang merayakan Natal. Perayaan Natal Sekolah Menengah Pertama (Negeri SMPN) 11 Kota Jambi di Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Kota Jambi, Jumat (9/12/2022) dijaga dua orang anggota polisi. Kemudian perayaan Natal warga jemaat di Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Kotabaru Jambi juga dijaga beberapaorang anggota polisi. (Matra/AdeSM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *