28 Januari 2023
Loket bus PT Rapi di Jalan Pattimura, Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi, Provinsi Jambi tampak sepi Jumat (2/12/2022) siang. (Foto : Matra/Radesman Saragih).

(Matra, Jambi) – Pemesanan tiket mudik Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 dari Kota Jambi tujuan Kota Pematangsiantar dan Medan, Sumatera Utara (Sumut) masih sepi. Hingga memasuki hari kedua Desember, Jumat (2/12/2022), warga Kota Jambi asal Sumut belum banyak yang memesan tiket mudik Natal dan Tahun Baru.

Kepala Perwakilan PT Intra Jambi, Mangatas Sihombing (45) kepada medialintassumatera.net (Matra) di loket PT Intra Kota Jambi, Jumat (2/12/2022) mengatakan, pemesanan tiket mudik Natal dan Tahun Baru di loket bus tujuan Kota Jambi – Kota Pematangsiantar masih sepi. Belum ada peningkatan pemesanan tiket mudik bus PT Intra Jambi – Pematangsiantar kendati sudah memasuki Desember.

“Belum ada peningkatan pemesanan tiket mudik PT Intra tujuan Kota Jambi – Kota Pematangsiantar hingga hari ini, Jumat (2/12/2022). Pemesanan tiket masih sepi. Karena itu kami belum bisa memastikan kapan terjadinya lonjakan pemudik,”katanya.

Dijelaskan, pemesanan tiket mudik Natal dan Tahun Baru di loket bus PT Intra tujuan Kota Jambi – Kota Pematangsiantar, Jumat (2/12/2022) baru tiga tempat duduk. Tiga tiket bus kelas patas eksekutif yang dipesan calon pemudik tersebut untuk keberangkatan Senin (19/12/2022). Sedangkan pemesanan tiket bus kelas ekonomi untuk keberangkatan mulai Senin (19/12/2022) di loket PT Rapi Kota Jambi sama sekali belum ada.

Menurut Mangatas Sihombing, peningkatan pemesanan tiket mudik Natal dan Tahun Baru tahun ini jauh berbeda dengan musim arus mudik Lebaran (Idul Fitri 1443 Hijriyah (H) awal Mei 2022. Pada musim arus mudik Lebaran lalu, sejak awal Ramadhan atau Puasa sudah banyak calon pemudik tujuan Kota Jambi – Kota Pematangsiantar yang memesan tiket. Bahkan sekitar dua pekan menjelang puncak arus mudik Lebaran, tiket mudik sudah habis terjual.

“Beda dengan arus mudik Natal kali ini. Belum ada tanda-tanda peningkatan pembelian tiket. Kami juga harap-harap cemas ini. Banyak nggak pemudik dari Kota Jambi ke Pematangsiantar pada libur Natal dan Tahun Baru tahun ini,”ujarnya.

Mangatas Sihombing mengatakan, hingga keberangkatan Senin (19/12/2022), pihaknya belum menaikkan tarif ongkos. Pihaknya baru menaikkan tarif ongkos memasuki H – 7 Natal, Selasa (20/12/2022). Jadi harga tiket bus PT Intra Kota Jambi – Kota Pematangsiantar Jumat (2/12/2022) hingga Senin (19/12/2022) masih tetap seperti harga biasa.

“Kami belum menikkan tarif ongkos pasca kenaikan bahan bakar minyak (BBM) beberapa waktu lalu. Jadi calon penumpang yang memesan tiket untuk keberangkatan hingga Senin (19/12/2022) kami berlakukan tarif seperti biasa,”katanya.

Dijelaskan, jadwal keberangkatan bus PT Intra tujuan Kota Jambi – Kota Pematangsiantar saat ini hingga musim mudik Natal dan Tahun Baru nanti tetap dua kali sehari. Tidak ada penambahan jadwal keberangkatan menghadapi libur Natal dan Tahun Baru nanti. Satu unit bus kelas ekonomi berangkat pukul 08.00 WIB dan satu bus kelas patas eksekutif berangkat pukul 12.00 WIB.

Menurut Mangatas Sihombing, harga tiket bus kelas ekonomi PT Intra saat ini hingga Senin (19/12/2022) sebesar Rp 300.000/orang. Harga tiket kelas eksekutif sebesar Rp 370.000/orang. Untuk keberangkatan mulai Senin (20/12/2022), harga tiket bus kelas ekonomi PT Intra Kota Jambi – Kota Pematangsiantar naik menjadi Rp 340.000/orang dan tiket bus kelas eksekutif naik menjadi Rp 420.000/orang.

Dampak Harga Sawit

Sepinya pemesanan tiket bus mudik Natal dan Tahun Baru Kota Jambi – Kota Pematangsiantar juga dialami perwakilan perusahaan bus PT Rapi di Jambi. Pemesanan tiket mudik Natal dan Tahun Baru di loket bus PT Rapi Kota Jambi belum menunjukkan peningkatan hingga Jumat (2/12/2022).

Kepala Perwakilan PT Rapi Kota Jambi, A Pinem (60) mengatakan, pemesanan tiket mudik Natal dan Tahun Baru untuk seluruh jenis atau kelas bus PT Rapi dari Kota Jambi tujuan Kota Medan, Sumut masih sepi. Hingga Jumat (2/12/2022), belum ada pemesanan tiket mudik Natal dan Tahun Baru untuk keberangkatan Jumat – Sabtu (16 – 31/12/2022) di loket PT Rapi Kota Jambi.

A Pinem mengakui, peningkatan pemesanan tiket mudik Natal dan Tahun Baru kali ini jauh berbeda dengan pemesanan tiket mudik Lebaran lalu. Pada musim Lebaran April – Mei lalu, sebulan menjelang puncak arus mudik sudah terjadi lonjakan pemesanan tiket. Tetapi menjelang Natal dan Tahun Baru nanti, belum ada peningkatan pemesanan tiket.

Dikatakan, sepinya pemesanan tiket bus mudik Kota Jambi – Kota Medan menjelang libur Natal dan Tahun Baru nanti dipengaruhi masih rendahnya harga sawit. Harga sawit yang masih rendah hingga saat ini membuat warga asal Sumut di Jambi, khususnya para petani sawit kurang bergairah mudik Natal dan Tahun Baru.

Selain itu, lanjutnya, warga asal Sumut di Jambi yang hendak mudin Natal dan Tahun Baru nanti banyak juga yang menggunakan kendaraan pribadi atau rental mobil. Rental mobil banyak dilakukan pemudik asal Jambi tujuan Sumut karena dinilai lebih hemat dan praktis.

Kendati situasi ekonomi masih sulit, A Pinem mengharapkan jumlah pemudik Kota Jambi – Sumut pada musim libur Natal dan Tahun Bari nanti meningkat. Harapan itu ada karena pada musim Natal dan Tahun Baru kali ini, tidak ada lagi larangan pembatasan mudik menyusul meredanya Covid-19.

“Kami mulai melayani pemesanan tiket mudik Natal dan Tahun Baru mulai Kamis (1/12/2022). Namun hingga Jumat (2/12/2022), belum ada pemesanan tiket mudik Natal dan Tahun Baru untuk keberangkatan sepekan menjelang (H – 7) Natal hingga H – 7 Tahun Baru. Mudah-mudahan sepekan ke depan ada peningkatan pemesanan tiket mudik,”katanya.

Dijelaskan, menghadapi musim arus mudik Natal dan Tahun Baru tahun ini, pihak PT Rapi tidak menambah jadwal keberangkatan. Jadwal keberangkatan bus PT Rapi tujuan Kota Jambi – Sumut menghadapi libur Natal dan Tahun Baru sama seperti biasanya, enam kali sehari.

Namun harga tiket bus PT Rapi Kota Jambi – Sumut sudah naik pasca kenaikan harga BBM beberapa waktu lalu. Harga tiket bus PT Rapi kelas ekonomi sebesar Rp 335.000/orang, harga tiket bus kelas ekesekutif (Patas AC – Toilet) sebesar Rp 425.000/orang dan harga tiket bus kelas Royal sebesar Rp 450.000/orang.

“Kemungkinan harga tiket mudik Natal dan Tahun Baru nanti juga mengalami kenaikan. Biasanya harga tiket naik untuk keberangkatan mulai H – 7 Natal. Kenaikan tiket tersebut mengacu kepada batas atas harga tiket yang ditetapkan pemerintah,”katanya. (Matra/AdeSM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *