28 Januari 2023
Staf Kabid Kominukasi Publik Diskominfo Provinsi Jambi, Amrizal (tengah) dan Panitia Media Gathering Diskominfo Provinsi Jambi pada pembekalan peserta di ruang pola kantor Gubernur Jambi, Kamis (1/12/2022). (Foto : Matra/Radesman Saragih).

(Matra, Jambi) – Sedikitnya 60 orang wartawan atau jurnalis dari berbagai media di Kota Jambi siap mendukung Media Gathering (Kebersamaan Media) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jambi yang akan dilaksanakan di Kota Jambi dan Candi Muarojambi, Senin – Selasa (5 – 6/12/2022). Dukungan tersebut ditandai dengan kesediaan para wartawan Jambi mengikuti media gathering tersebut.

“Sekitar 60 orang wartawan dari berbagai media cetak, online dan elektronik di Kota Jambi sudah mendaftar mengikuti Media Gathering Kominfo Provinsi Jambi. Mereka sudah menyerahkan surat penugasan dari pimpinan media masing-masing untuk mengikuti media gathering ini,”kata Kepala Diskominfo Provinsi Jambi, Ir H Nurachmat Herlambang, MMA melalui Kepala Bidang (Kabid) Komunikasi Publik Diskominfo Provinsi Jambi, Amirzan, SH di kantor Gubernur Jambi, Kamis (1/12/2022).

Menurut Amirzan, SH, pembekalan peserta Media Gathering Diskominfo Provinsi Jambi tersebut dilaksanakan di ruang pola kantor Gubernur Jambi, Kamis (1/12/2022). Pembekalan tersebut dihadiri sekitar 60 orang wartawan yang sudah mendaftarkan diri mengikuti media gathering tersebut. Pembekalan peserta media gahtering tersebut diberikan Staf Kabid Diskominfo Provinsi Jambi, Amrizal.

Pada pembekalan peserta media gathering tersebut dibentuk juga Panitia Khusus Media Gathering Diskominfo Provinsi Jambi yang berasal dari kalangan wartawan. Panitia khusus yang bertugas mengkoordinir kegiatan tersebut, yakni Hery Farmansyah (Ketua), Zainul (Wakil Ketua), Maskun Sofwan (Sekretaris) dan Nining Antero (Bendahara).

Kabid Komunikasi Publik Diskominfo Provinsi Jambi, Amirzan, SH melalui Staf Kabid Diskominfo Provinsi Jambi, Amrizal pada kesempatan tersebut mengatakan, Madia Gathering Diskominfo Provinsi Jambi tersebut dilaksanakan selama dua hari, Senin – Selasa (5 – 6/12/2022). Para peserta menginap di Hotel Golden Harvest, Jalan Pattimura, Alambarajo, Kota Jambi.

Dikatakan, peresmian dan pelepasan peserta Media Gahtering Diskominfo Provinsi Jambi tersebut rencananya dilakukan Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos, MH di Hotel Golden Harvest, Kota Jambi, Senin (5/12/2022). Para peserta selanjutnya mengunjungi Candi Muarojambi di Desa Muarojambi, Kecamatan Marosebo, Kabupaten Muarojambi, sekitar 30 kilometer (km) dari Kota Jambi.

Menurut Amirzan, hasil kunjungan ke Candi Muarojambi tersebut dikemas para wartawan peserta media gathering menjadi tulisan khas (feature). Hasil liputan tersebut akan diperlombakan. Tiga orang pemenang lomba akan mendapatkan hadiah uang tunai. Pemenang pertama mendapatkan hadiah Rp 3 juta, pemenang kedua mendapat hadiah Rp 2,5 juta dan pemang ketiga mendapat hadah Rp 2,25 juta.

Selanjutnya, lanjut Amirzan, peserta media gathering mengikuti pembekalan yang disampaikan narasumber dari Kementerian Kominfo Jakarta dan Gubernur Jambi, Al Haris di Hotel Golden Harvest, Selasa (6/12/2022). Setelah itu media gathering diakhiri dengan penutupan dan penyerahan penghargaan kepada para peserta.

Amirzan mengatakan, Media Gahtering Diskominfo Provinsi Jambi baru pertama kali diadakan tahun ini pasca pengalihan tugas publikasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi dari Biro Humas Pemprov Jambi ke Diskominfo Provinsi Jambi sejak 2021. Media gathering tersebut bertujuan meningkatkan jalinan kerja sama atau kemitraan Diskominfo Provinsi Jambi dengan jajaran pers di Jambi di bidang publikasi maupun pengawasan social pembangunan Jambi.

“Jika agenda media gathering ini nanti hasilnya memuaskan dalam peningkatan publikasi pembangunan Provinsi Jambi, kegiatan tersebut akan dilanjutkan tahun-tahun berikutnya. Karena itu kami berharap para peserta media gathering benar-benar memanfaatkan agenda ini dengan baik dan bisa menghasilkan karya jurnalis berkualitas,”katanya.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Panitia Media Gathering Diskominfo Provinsi Jambi, Hery Farmansyah. Hery Farmansyah mengapresiasi Media Gahtering Diskominfo Provinsi Jambi perdana tersebut. Kegiatan tersebut dinilai penting meningkatkan kerja sama pers dengan Pemprov Jambi.

“Media gathering ini penting untuk menjalin kemitraan yang semakin baik antara pers dengan Pemprov Jambi. Kami berharap kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik. Kami menyambut kegiatan ini sebagai momentum meningkatkan kerja sama pers dengan Pemprov Jambi di tahun 2023,”ujarnya. (Matra/AdeSM).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *