28 Januari 2023
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada perayaan HUT ke-77 Brimob di Posko Command Center 91 ITDC, Nusa Dua Bali, Senin (14/11/2022). (Foto : Matra/HumasMabesPolri).

(Matra, Jambi) – Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Brigade Mobil (Brimob) di Markas Utama Brimob Polda Jambi, Senin (14/11/22) berlangsung penuh nuansa kekeluargaan. Tak ada nampak kesan angker mengikuti rangkaian perayaan HUT ke-77 Brimob tersebut kendati pasukan Brimob Polda Jambi menyandang senjata modern lengkap.

Kapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono yang menghadiri HUT ke-77 Brimob di Markas Brimob Polda Jambi tersebut membaur dengan seluruh jajaran pimpinan dan anggota Brimob Polda Jambi. Tak tampak jarak antara Kapolda Jambi dengan para personil Brimob Polda Jambi.

Nuansa kekeluargaan semakin terasa ketika dilakukan pemotongan nasi tumpeng. Kapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono memberikan nasi tumpeng kepada para pimpinan (komandan) dan anggota Brimob Polda Jambi. Pada perayaan HUT ke-77 Brimob Polri tersebut, personil Brimob Polda Jambi menyuguhkan hiburan berupa berbagai atraksi penumpasan aksi-aksi anarkis.

Pada perayaan HUT ke-77 Brimob Polri bertajuk “Setia Berani Ikhlas Berbakti Untuk Negeri” tersebut, Rusdi Hartono menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi kepada personel Brimob Polda Jambi. Selama ini Satuan Brimob Polda Jambi dinilai mampu mengemban tugas mengamankan negeri dan mengendalikan situasi keamanan di wilayah hokum Polda Jambi.

“Selaku pimpinan, saya mengucapkan selamat ulang tahun kepada seluruh keluarga besar Korps Brimob Polri di manapun berada. Inovasi di Polda Jambi selama ini menjadi pembuktian bahwa jiwa dan raga Brimob itu untuk kemanusiaan,”katanya.

Rusdi Hartono berpesan kepada seluruh pimpinan dan jajaran personel Brimob Polda Jambi agar terus berpegang teguh kepada janjinya. Pelaksaan janji tersebut akan semakin memperkuat korps Brimob dalam melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan negara untuk menjamin keamanan.

“Saya mengapresiasi kepada seluruh personel Brimob Polda Jambi yang telah mengerahkan seluruh pikiran tenaga dan jiwa raganya untuk negara. Semoga seluruh personel Korps Brimob Polri selalu diberikan kekuatan, kesehatan dan keselamatan menjaga keamanan dan ketertiban di seluruh wilayah NKRI maupun perdamaian dunia”katanya.

Perayan HUT ke-77 Brimob di Jambi turut dihadiri Wakil Gubernur Provinsi Jambi, H Abdullah Sani, Ketua DPRD Provinsi Jambi, H Edi Purwanto, Danrem 042/Garuda Putih (Gapu) Brigjen TNI Supriono, Wakapolda Jambi, Brigjen Pol Drs Yudawan Roswinarso dan para pejabat utama Polda Jambi, Polres se-Provinsi Jambi dan purnawirawan Korps Brimob Polda Jambi.

Kapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono (depan) membaur dengan jajaran personil Brimob Polda Jambi pada perayaan HUT ke-77 Brimob di Markas Brimob Polda Jambi, Senin (14/11/2022). (Foto : Matra/HumasPoldaJambi).

Amankan KTT G20

Sementara itu, perayaan HUT ke-77 Brimob Polri tahun ini tidak bisa dilakukan secara besar-besaran di Markas Brimob Polri di Jakarta seperti-tahun-tahun sebelumnya. Perayaan HUT ke-77 Brimob tahun ini hanya dilakukan secara sederhana karena Brimob Polri kini fokus mengamankan pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 (Government-20) di Bali.

“Perayaan HUT ke-77 Brimob tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Hal ini lantaran saat ini Indonesia sedang menyelenggarakan KTT G20 di Bali. Biasanya kita rayakan HUT Brimob secara besar. Kita juga biasanya melibatkan personel yang banyak upayakan bersama Brimob seluruh Indonesia. Tapi hari ini, HUT Brimob kita rayakan sederhana terkait pengamanan KTT G20,”kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada perayaan HUT ke-77 Brimob di Posko Command Center 91 ITDC, Nusa Dua Bali, Senin (14/11/2022).

Menurut Kapolri, Brimob berupaya mendukung pengamanan KTT G20 di Bali yang dihadiri pemimpin dan delegasi 20 negara, termasuk Presiden Amerika Serikat, Joe Biden. Brimob akan semakin jaya dan hebat jika mampu mengamankan KTT G20 bersama seluruh jajaran keamanan, khususnya TNI dan Polri.

“Kita berharap agar Brimob sukses mengamankan KTT G20. Di masa mendatang tentunya Brimob akan semakin jaya dan semakin hebat dalam berbakti untuk negeri,”katanya.

Menurut Listyo Sigit Prabowo, Brimob menjadi unsur penting dalam pengamanan KTT G20. Sebab, kepala operasi (kaops) pengamanan diemban oleh Komandan Korps (Dankor) Brimob.

“Kaopsnya Kakorbrimob. Jadi salah satu tim inti untuk pengamanan KTT G20. Oleh karena itu saya ucapkan selamat hari ulang tahun ke-77 untuk Brimob. Brigade jiwa ragamu untuk kemanusiaan,”katanya. (Matra/AdeSM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *