28 Januari 2023

Gubernur Jambi, H Al Haris (dua dari kiri) disambut dengan tarian sekapur sirih pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke – 14 Kota Sungaipenuh di gedung DPRD Kota Sungaipenuh, Provinsi Jambi, Selasa (8/11/2022). (Foto : Matra/KominfoJbi).

(Matra, Jambi) – Kelestarian alam pegunungan dan hutan alam perlu mendapat perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) dan segenap lapisan masyarakat Kota Sungaipenuh, Provinsi Jambi. Hutan alam di kawasan pegunungan Kota Sungaipenuh yang dekat dengan Danau Kerinci diharapkan tidak sampai rusak karena kedua kekayaan alam alam tersebut merupakan penyangga utama wisata Kota Sungaipenuh.

“Kami mendorong masyarakat Kota Sungaipenuh untuk lebih meningkatkan kreativitas dan inovasi daerah dalam pembangunan sektor pariwisata melalui pelestarian alam. Hal itu penting karena kelestarian alam merupakan penyangga utama wisata di Kota Sungaipenuh,”kata Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos, MH pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke – 14 Kota Sungaipenuh di gedung DPRD Kota Sungaipenuh, Provinsi Jambi, Selasa (8/11/2022).

Menurut Al Haris, Kota Sungaipenuh dan daerah tetangganya, Kabupaten Kerinci menjadi objek andalan pariwisata Provinsi Jambi. Kedua daerah di kawasan pegunungan Jambi itu memiliki berbagai objek wisata bertaraf nasional dan internasional. Di antaranya, Danau Kerinci, Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), Danau Gunung Tujuh, rumah-rumah tua, masjid tua dan tradisi budaya masyarakat yang masih lestari.

“Berbagai objek wisata lingkungan, budaya, sejarah dan agama di Kota Sungaipenuh dan Kerinci sudah lama menjadi daya tarik wisata di daerah ini. Karena itu, seluruh kekayaan objek wisata tersebut harus tetap dipelihara,”ujarnya.

Dikatakan, Kota Sungaipenuh yang dimekarkan dari Kabupaten Kerinci sejak 1998 lalu mengalami kemajuan yang cukup pesat. Setelah memasuki usia 14 tahun Kota Sungaipenuh yang dulu tergolong tertinggal kini bisa menyamai atau melebihi kemajuan beberapa kabupaten di Provinsi Jambi. Kemajuan tersebut bisa dicapai berkat ikhtiar dan kerja sama antara dewan perwakilan rakyat, pemerintah dan seluruh elemen masyarakat di Kota Sungaipenuh.

“Melalui kerja sama tersebut segala proses pembangunan Kota Sungaipenuh dapat dicapai sesuai rencana, potensi pembanguan dapat dikelola dengan baik dan berbagai tantangan pembangunan dapat dihadapi,”ujarnya.

Menurut Al Haris, untuk mewujudkan Kota Sungaipenuh yang maju dan berkeadilan tentu harus tetap meningkatkan kerja sama, inovasi dan kreativitas. Meskipun banyak tantangan, tentunya banyak capaian yang bisa diraih melalui kerja sama, sinergi dan kolaborasi semua pihak terkait.

“Jadi capaian hasil pembangunan Kota Sungaipenuh bukan hanya hasil kerja pemerintah, tetapi juga semua pemangku kepentingan, yakni dunia usaha, akademisi, masyarakat dan semua pihak terkait,”tambahnya.

Al Haris lebih lanjut mengatakan, momentum peringatan HUT ke-14 Kota Sungaipenuh bukan sebatas seremoni, tetapi harus dimaknai sebagai evaluasi, yakni mengevaluasi pembangunan yang telah dilaksanakan. Evaluasi itu penting untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan, mempertahankan dan meningkatkan hal yang baik.

Dikatakan, mengevaluasi pembangunan perlu dilakukan untuk memperkuat tekad dan terus meningkatkan kinerja dalam pembangunan. Mulai dari perencanaan sampai pelaksanaan program, termasuk di dalamnya untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan publik.

“Saya mengharapkan dengan adanya evaluasi dan tekad yang kuat untuk meningkatkan kinerja, program pembangunan semakin efektif dan efisien guna meningkatkan kemajuan dan daya saing daerah. Hal ini perlu untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat,”tambahnya.

Al Haris mengungkapkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi sangat mendukung pembangunan dan mendorong kemajuan kabupaten/kota se – Provinsi Jambi termasuk Kota Sungaipenuh. Program pembangunan Provinsi Jambi yang dialokasikan di Kota Sungaipenuh tahun 2022 antara lain penyelenggaraan jalan provinsi, pembangunan jalan Jujun-Lempur-Pulau Sangkar dan normalisasi Sungai Terung, Kecamatan Hamparan Rawang.

Mengenai kegiatan Pengelolaan dan Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) regional, lanjut Al Haris, program tersebut sangat membutuhkan kerja sama antara Pemkot Kota Sungaipenuh dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kerinci dan Pemprov Jambi. Pendanaan program SPAM tersebut akan dialokasikan dalam APBD Kota Sungaipenuh, Pemkab Kerinci dan Pemprov Jambi.

Dikatakan, pengendalian banjir di Kota Sungaipenuh perlu mendapat perhatian bersama agar penanganan banjir ini dapat diakomodir menjadi program nasional yang dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Hal ini penting agar ada fokus prioritas bersama antara Pemerintah Pusat dan pemerintah daerah dalam pengendalian banjir di Kota Sungaipenuh ini.

Al Haris mengajak Pemkot Sungaipenuh bisa terus mengendalikan laju inflasi, dengan berbagai strategi. Termasuk dengan gerakan pengendalian inflasi, yaitu menyukseskan program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN). Hal ini penting sebagai upaya meningkatkan perekonomian daerah dan nasional, terutama Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha produk dalam negeri sekaligus untuk mengurangi inflasi.

“Masyarakat Kota Sungaipenuh juga harus lebih meningkatkan inovasi dan terobosan sebagai salah satu strategi mempercepat pencapaian tujuan pembangunan dengan meningkatkan sinergi dalam pembangunan di Provinsi Jambi maupun Kota Sungaipenuh,”katanya.

Sementara itu, Wali Kota Sungaipenuh, Ahmadi Zubir mengatakan, HUT ke – 14 Pemkot Kota Sungaipenuh 2022 merupakan momen yang sangat istimewa. Sejak Kota Sungaipenuh terbentuk 14 tahun lalu, kota tersebut belum pernah melaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Jambi. Namun tahun ini, Senin (31/10/2022) hingga Senin (7/11/2022), Kota Sungaipenuh menjadi tuan rumah MTQ ke-51 Provinsi Jambi.

“Kita sebagai tuan rumah MTQ berhasil melaksankan momen ini dengan baik. MTQ ini berhasil mengangkat nama Kota Sungaipenuh berhasil meraih peringkat empat. Pada MTQ sebelumnya, Kota Sungaipenuh hanya berada pada peringkat kesepuluh,”katanya. (Matra/AdeSM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *