28 Januari 2023
Gubernur Jambi, H Al Haris (kanan depan) memukul bedug raksasa pertanda dimulainya MTQ ke-51 Provinsi Jambi 2022 di lapangan kantor Wali Kota Sungaipenuh, Kota Sungaipenuh, Provinsi Jambi, Senin (31/10/2022) malam. (Fot : Matra/KominfoJbi).

(Matra, Jambi) – Suasana kelam dan dingin yang biasanya menyelimuti Kota Sungaipenuh, Provinsi Jambi di malam hari tiba-tiba berubah penuh semarak dan riuh rendah, Senin (31/10/2022) malam. Puluhan ribu warga masyarakat dan umat muslim dari sembilan kabupaten dan dua kota di Provinsi Jambi tumpah – ruah ke kota di kawasan pegunungan Jambi itu.

Mereka seolah tak peduli dinginnya malam. Mereka benar-benar tampak menikmati suasana semarak dan hangatnya malam diterpa kerlap-kerlip lampu sorot. Berbagai sajian hiburan bernuansa religi dan budaya tradisional yang dipentaskan di arena benar-benar memuaskan para hadirin yang memadati tribun dan pinggir lapangan.

Begitulah suasana pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-51 Provinsi Jambi yang digelar di lapangan kantor Wali Kota Sungaipenuh, Kota Sungaipenuh, Provinsi Jambi, Senin (31/10/2022) malam. Perhelatan akbar MTQ tersebut bak pentas hiburan religi yang tak pernah kehilangan daya pukau dan selalu dinanti. Selama sepekan ke depan, umat muslim yang menyaksikan MTQ tersebut juga akan disuguhkan suara-suara merdu para qori dan qoriah yang akan melantunkan pembacaan Al-Qur’an dengan piawai.

Sementara itu, pembukaan MTQ ke-51 Provinsi Jambi tersebut benar-benar berlangsung meriah. Umat muslim se-Provinsi Jambi juga tampak antusias menghadiri pembukaan MTQ tersebut karena tidak ada lagi pembatasan peserta seperti pada MTQ tahun lalu yang berlangsung di masa new normal (normal baru) pandemi Covid-19.

Berbagai sajian tarian tradisional Jambi yang dipentaskan pada pembukaan MTQ tersebut benar-benar memukau. Defile atau pawai kafilah dari Sembilan kabupaten dan dua kota se-Provinsi Jambi yang mengelilingi arena MTQ, Senin malam juga juga mendapat sambutan meriah.

Kemudian pawai ta’aruf (kontingen) yang digelar sehari sebelum pembukaan MTQ tersebut, Minggu (30/10/2022) juga menyita perhatian warga masyarakat Kota Sungaipenuh dan hadirin. Pawai ta’aruf tersebut menarik perhatian hadirin karena setiap kontingen kafilah kabupaten dan kota se-Provinsi Jambi menampilkan ciri khas daerah masing-masing. Beberapa kontingen MTQ dari kabupaten mengikuti pawai ta’aruf menyertakan mobil hias dengan hiasan produk unggulan daerah.

Kontingan kafilah MTQ Kabupaten Merangin misalnya mempertunjukkan mobil hias unik pada pawai ta’aruf. Kehadiran mobil hias Merangin tersebut mendapat sambutan meriah hadirin. Beberapa daerah lain juga mengerahkan mobil hias dengan menonjolkan ciri khas produk unggulan daerahnya.

MTQ ke-51 Provinsi Jambi yang diikuti 1.214 orang dan disaksikan puluhan ribu warga masyarakat Jambi, khususnya warga Kota Sungaipenuh dan Kabupaten Kerinci tersebut dibuka Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos, MH. Pembukaan MTQ tersebut ditandai dengan pemukulan bedug raksasa oleh Al Haris.

Turut hadir pada kesempatan itu, Wali Kota Sungai Penuh, Ahmadi Zubir, para bupati/wali kota se-Provinsi Jambi, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Jambi, H Zostafia dan jajaran Kantor Departemen Kementerian Agama se-Provinsi Jambi.

Mobil hias unik kontingen kafilah Kabupaten Merangin tampil memukau pada Pawai Ta’aruf MTQ ke-51 tingkat Provinsi Jambi di Kota Sungaipenuh, Senin (30/10/2022). (Foto : Matra/KominfoMerangin).

Jalan Edukasi 

Al Haris pada pembukaan MTQ ke-51 Provinsi Jambi tersebut mengungkapkan, MTQ merupakan salah satu wujud keinginan yang kuat untuk membumikan ajaran Al-Qur’an. MTQ juga momentum menegakkan syiar Islam untuk memperkokoh nilai-nilai agama dalam sendi-sendi kehidupan bermasyarakat dan berbangsa.

“MTQ tidak semata-mata wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Al-Qur’an, tetapi juga jalan untuk mengedukasi umat untuk semakin mencintai dan membumikan Al-Qur’an. MTQ juga mengenalkan nilai-nilai Al-Quran sebagai dasar pembentukan karakter generasi Islam yang Qur’ani, sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas, kafilah bumi yang benar-benar menjadi rahmat bagi sekalian alam,”ujarnya.

Al Haris menuturkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan setiap even (kegiatan) MTQ, baik di tingkat daerah hingga provinsi. MTQ penting sebagai upaya bersama menumbuhkan kesadaran beragama demi mencapai peradaban manusia yang berubah dari minadzulumat ilannur (kegelapan menuju cahaya) dan negeri yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur (sebuah negeri yang mengumpulkan kebaikan alam dan kebaikan perilaku penduduknya).

Dikatakan, pada MTQ Tingkat Nasional Ke-29 Tahun 2022 di Provinsi Kalimantan Selatan, kafilah Provinsi Jambi berhasil mengukir prestasi yang membanggakan dengan meraih peringkat IX dari 34 Provinsi di Indonesia. Tahun 2023, Provinsi Jambi terpilih sebagai tuan rumah Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Nasional.

“Kita semua berharap agar Provinsi Jambi mampu menjadi tuan rumah yang baik dan juga berprestasi serta sukses dalam penyelenggaraan dan sukses pula dalam prestasi,”tambahnya.

Al Haris mengatakan, Pemprov Jambi akan meluncurkan beasiswa Tahfidz Qur’an supaya bisa menambah pengetahuan dalam mengembangkan Al-Qur’an. Tahun ini sekitar 1.300 hafidz Qur’an yang dibiayai Pemprov Jambi untuk menambah pengetahuan dalam mengembangkan Al-Qur’an. Para hafidz Qur’an tersebut paling tidak bisa menjadi imam masjid di wilayahnya masing-masing.

Al Haris memberikan apresiasi kepada Pemkot Sungaipenuh yang telah mengemban tanggung jawab dengan baik sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ ke- 51 Tahun 2022 Tingkat Provinsi Jambi di Kota Sungaipenuh.

“Saya juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada masyarakat Kota Sungaipenuh yang atas dukungannya dalam pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Jambi ini,”katanya.

Al Haris juga meminta seluruh peserta MTQ Tingkat Provinsi Jambi ke-51 2022 agar mengikuti lomba sebaik-baiknya, sportif dan menjaga semangat persaudaraan. Para juri dan hakim diminta melaksanakan tugas dengan objektif.

“Jadikan kegiatan ini tidak hanya ajang meraih prestasi, namun juga untuk mempererat ukhuwah Islamiyah dan sarana dakwah serta ikhtiar mengagungkan kalam Ilahi untuk meneguhkan kesuciannya,”tambahnya.

Suasana semarak pembukaan MTQ ke-51 Provinsi Jambi 2022 di lapangan kantor Wali Kota Sungaipenuh, Kota Sungaipenuh, Provinsi Jambi, Senin (31/10/2022) malam. (Fot : Matra/KominfoJbi).

Sementara itu, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi, H Zostafia pada kesempatan tersebut mengatakan, pelaksanaan MTQ ke-51 Tingkat Provinsi Jambi 2022 di Kota Sungaipenuh Selasa – Senin (1 – 7/11/2022) merupakan momen strategis untuk menata kembali kehidupan bermasyarakat dan beragama setelah bersama sama mampu melewati masa masa kritis akibat pandemi Covid – 19.

“Karena itu kami berharap MTQ tahun ini bisa membangkitkan ekonomi masyarakat Jambi, khususnya warga masyarakat Kota Sungaipenuh. Melalui MTQ ini juga, ekonomi rakyat di Kota Sungaipenuh bisa bangkit,”katanya.

Sementara itu, Wali Kota Sungaipenuh, Ahmadi Zubir pada kesmepatan itu melaporkan, MTQ ke-51 Tingkat Provinsi Jambi di Kota Sungaipenuh diikuti sekitar 1.214 orang, terdiri dari kafilah, pelatih dan official (pendamping).

Menurut Ahmadi Zubir, salah satu visi dan program prioritas yang perlu dipetik dari MTQ tersbeut, yakni membangun sumber daya manusia generasi muda yang unggul dan berkarakter islami.

“Penetapan Kota Sungaipenuh sebagai tuan rumah MTQ ke-51 tingkat Provinsi Jambi menjadi komitmen dan meneguhkan semangat kami mewujudkan program tersebut,”tandasnya. (Matra/AdeSM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *