28 Januari 2023
Sekjen GKPS, Pdt Dr Paul Ulrich Munthe. (Foto : Matra/Ist).

(Matra, Jambi) – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Pdt Dr Paul Ulrich Munthe dipastikan menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) GKPS Distrik VI yang dilaksanakan di GKPS Resort Jambi, Selasa – Kamis (25 – 27/10/2022). Pdt Dr Paul Ulrich Munthe yang berangkat dari Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara diperkirakan tiba di Kota Jambi, Selasa (25/10/2022) siang. Sekjen GKPS akan membuka Rakor GKPS Distrik VI di GKPS Jambi, Selasa sore.

Kepastian kehadiran Sekjen GKPS, Pdt Paul Ulrich Munthe tersebut diungkapkan Pendeta GKPS Resort Jambi, Pdt Rudyard N Saragih, SSi-Theol pada rapat atau cheking terakhir Panitia Rakor GKPS Distrik VI di GKPS Jambi, Minggu (23/10/2022) malam. Berdasarkan hasil cheking teakhir tersebut, pihak panitia sudah siap menggelar Rakor GKPS Distrik VI, baik dari segi anggaran biaya maupun kegiatan rakor.

Menurut Pdt Rudyard N Saragih, peserta Rakor GKPS Distrik VI di Jambi berasal dari perwakilan 14 resort dan 64 jemaat di wilayah Provinsi Jambi, Riau, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Sumatera Selatan dan Bengkulu. Peserta dari wilayah Provinsi Jambi, yakni dari GKPS Resort Jambi dan GKPS Resort Muarabungo.

Kemudian peserta dari Riau, yakni berasal dari GKPS Resort Pekanbaru, Dumai, Duri, Marturia Siak, Balam, Bagan Batu, Ujung Batu Rokan dan Dumai. Selanjutnya peserta dari wilayah Kepri, yakni GKPS Resort Batam, Batam Barat dan Tanjungpinang. Selain itu dari wilayah Sumsel, yakni GKPS Resort Palembang yang meliputi GKPS Pangkalpinang, Bangka Belitung dan dari Bengkulu, GKPS Resort Bengkulu.

“Peserta rakor GKPS Distrik VI ini, yaitu fulltimer atau pendeta, vikaris pendeta dan penginjil sebanyak 28 orang. Kemudian perutusan synode bolon dan perwakilan pengurus resort masing-masing 14 orang. Selain itu perwakilan Pimpinan Harian Majelis Jemaat GKPS se-Distrik VI sebanyak 64 orang. Jadi total yang dipastikan hadir pada rakor ini hingga Minggu (23/10/2022) sebanyak 112 orang, termasuk beberapa keluarga fulltimer,”katanya.

Sementara itu, Sekretaris Panitia Rakor GKPS Distrik VI, St Friston R Sinaga, SPd pada kesempatan tersebut mengatakan, pihaknya sudah siap menggelar rakor tersebut, baik itu kesiapan di bidang pengadaan keperluan sidang, penginapan, kendaraan, konsumsi dan anggaran. Selain itu panitia juga sudah mempersiapkan kegiatan rekreasi para fulltimer ke Candi Muarojambi, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi di sela-sela waktu luang rakor.

Menurut Friston Sinaga, kegiatan Rakor GKPS Distrik VI di Jambi akan membahas rencana kerja dan anggaran pelayanan GKPS Distrik VI tahun 2023 dan mengevaluasi pelaksanaan program GKPS Distrik VI tahun 2022. Selain itu rapat tersebut juga membahas program GKPS secara umum antara para pendeta GKPS di Distrik VI dengan Pimpinan Synode GKPS.

Dijelaskan, hari pertama rakor diisi dengan kegiatan rapat kerja Pimpinan Synode GKPS dengan fulltimer GKPS se-Distrik VI, Selasa, 25 Oktober 2022 siang – malam. Kemudian pada Rabu, 26 Oktober 2022 pagi sampai siang diadakan rekreasi fulltimer ke Candi Muarojambi. Kemudian dilanjutkan dengan rapat evaluasi tentang Program Pelayanan GKPS Distrik VI dipimpin Praeses GKPS Distrik VI, Pdt Karmen Sipayung, STh, Rabu, 26 Oktober 2022 siang – malam.

Pesertanya terdiri dari fulltimer GKPS se-Distrik VI, perwakilan pengurus resort, perutusan synode bolon, PHMJ dan ketua seksi kategorial. Sedangkan pada rakor hai ketiga, Kamis, 27 Oktober 2022 pagi – sore diadakan rapat program dan anggaran GKPS Distrik VI dihadiri seluruh peserta.

“Rakor GKPS Distrik VI juga membuat kegiatan tambahan, yakni ramah tamah dan dialog antara Sekjen GKPS, Pdt Dr Paul Ulric Munthe, Praeses GKPS Distrik VI, Pdt Karmen Sipayung, STh dengan seluru para fulltimer se-GKPS Distrik VI dengan keluarga Majelis Jemaat GKPS se-Resort Jambi, Selasa, 25 Oktober 2022 malam,”katanya.

Friston Rayando mrngatakan, jumlah warga GKPS di 64 jemaat yang tergabung dalam 14 resort di GKPS Distrik VI mencapai 14.965 orang. Sedangkan jumlah pendeta di GKPS Distrik VI sebanyak 28 orang, penginjil (lima orang) dan vikaris pendeta (enam orang).

Para rohaniawan (fulltimer) tersebut dibantu 609 orang sintua (penatua) dan 428 orang syamas (diaken). Sintua dan syamas yang membantu pelayanan para rohaniawan berasal dari warga jemaat sendiri yang diangkat menjadi pelayan.

Sementara itu, sesepuh dan kalangan orangtua di GKPS Jambi mendukung sepenuhnya pelaksanaan Rakor GKPS Distrik VI di GKPS Jambi. Dukungan tersebut, termasuk sokongan dana penytelenggaraan rakor. Para sesepuh GKPS Jambi mendukung rakor tersebut karena baru pertama kali dilaksanakan di Jambi.

“Rakor seperti ini yang mendatangkan banyak pendeta dan penginjil baru pertama kali dilaksanakan. Karena itu kami mendukung sepenuhnya rakor ini. Kami juga menyumbang sebagian besar biaya makan peserta rakor ini. Rakor ini kami harapkan bisa menghasilkan perbaikan pelayanan di GKPS Resort Jambi dan di GKPS se-Distrik VI,”kata Ny St RK Purba Br Sitepu. (Matra/AdeSM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *