28 Januari 2023
Ibu Negara, Hj Iriana Joko Widodo (tiga dari kanan) ketika mengunjungi Lapas Perempuan Kelas II B Jambi di Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi, Kamis (20/10/2022). (Foto : Matra/BPMISetpres).

(Matra, Jambi) – Ibu Negara, Hj Iriana Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Hj Wury Ma’ruf Amin berupaya mebangkitkan semangat kaum perempuan kurang beruntung yang saat ini menjalani masa hukuman atau pembinaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas II B Jambi di Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi.

Semangat narapidana atau warga binaan perempuan di lapas tersebut perlu dibangkitkan agar mereka tidak berputus asa. Semangat itu juga penting agar para warga binaan perempuan di lapas itu tetap tekun mengikuti pembinaan dan pelatihan keterampilan di lapas sebagai bekal kembali ke masyarakat.   

Ketika berkunjung ke Lapas Perempuan Kelas II B Jambi di Muarojambi, Kamis (20/10/2022), Iriana Jokowi dan Wury Ma’ruf Amin memberikan petatah – petitih atau nasehat agar para warga binaan (narapidana) perempuan di lapas terseeut tidak berputus asa selama menjalani masa hukuman dan pembinaan di lapas.

Iriana Jokowi pada kesempatan tersebut memberikan motivasi agar para warga binaan perempuan di Lapas Perempuan Kelas II B Jambi tersebut mengikuti kegiatan pelatikan keterampilan selama di lapas. Hal itu penting agar para warga binaan perempuan di lapas tersebut bisa bekerja secara mandiri dengan menghasilkan produk-produk ekonomis seusai bebas keluar dari lapas.

“Iya ini tadi, kami bertemu (silaturahmi) dengan warga binaan yang ada di sini (Lapas Perempuan Kelas II B Jambi). Kelihatannya semua ceria ya. Tetapi enggak tahu isi hatinya bagaimana karena dalam kondisi di penjara. Yang pasti, saya berharap keluar dari lapas ini, para warga binaan perempuan ini bisa hidup mandiri, memiliki usaha ekonomi untuk memenuhi kehidupan sehari-hari,”ujarnya.

Harapan senada juga diungkapkan Wury Ma’ruf Amin. Dia juga mengharapkan para perempuan yang sedang menjalani masa hukuman dan pembinaan di Lapas Kelas II B Jambi tetap mengikuti seluruh program pembinaan dan pelatihan usaha di lapas. Dengan demikian mereka akan memiliki keterampilan atau keahlian membuka usaha mandiri setelah kembali ke masyarakat.

Wury Ma’ruf Amin mengaku terharu saat bertemu dengan para warga binaan Lapas Perenpuan Kelas II B Jambi. Ibu Wury pun berharap para warga binaan dapat memberikan manfaat yang lebih besar kepada masyarakat setelah keluar dari lapas.

“Semoga mereka kuat, sehat, dan terus sabar menghadapi cobaan, tekun mengikuti pembinaan dan pelatihan di lapas. Setelah keluar dari lapas sini, mereka bisa lebih bermanfaat untuk masyarakat,”ucapnya.

Sementara itu, Kepala Lapas Perempuan Kelas II B Jambi, Triana Agustin pada kesempatan tersebut mengatakan, pihaknya cukup intensif memberikan pelatihan keterampilan usaha kepada sekitar 191 orang warga binaan perempuan di lapas tersebut. Saat ini, produk usaha yang dihasilkan oleh para warga binaan wanita di Lapas Kelas II B Jambi cukup beragam.

Di antaranya seperti tas, bunga, dan batik. Sementara untuk memasarkan produk hasil usaha warga binaan lapas perempuan tersebut, pihak lapas memanfaatkan sosial media dan pemesanan secara langsung ke lapas. Model pemasaran tersebut membuat produk usaha kerajinan warga binaan lapas perempuan tersebut lebih mudah dan cepat.

“Kalau masalah penjualan itu kami sudah banyak pemasarannya. Baik itu melalui promosi di instagram maupun pesanan secara langsung ke lapas. Hasil kerajinan batik warga binaan lapas perempuan ini sudah banyak terjual selama ini,”katanya.

Triana Agustin menyambut baik kunjungan Ibu Negara Iriana Jokowi dan Wury Ma’ruf Amin ke Lapas Perempuan Kelas II B Jambi. Kehadiran Iriana Jokowi dan Wury Ma’ruf Amin ke lapas tersebut memberikan kesempatan kepada pihak lapas menunjukkan kreativitas warga binaan.

“Hasil kerajinan perempuan warga binaan lapas ini tidak kalah menarik dengan produk di luar lapas. Karena itru kami berharap kunjungan Ibu Iriana dan Ibu Wury ke lapas ini memberikan motivasi bagi warga binaan agar mengikuti pembinaan sepenuh hati. Dengan demikian mereka bisa kami kembalikan ke masyarakat dengan baik,”katanya.

Sementara itu kunjungan Iriana Joko Widodo dan Wury Ma’ruf Amin ke Lapas Perempuan Kelas II B Jambi tersebut turut diikuti anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM). Dalam kunjungan ke Jambi, Iriana Jokowi dan rombongan melakukan kegiatan lain, yakni pertemuan dengan anak-anak di taman kanak-kanak (TK), sosialisasi program Sadari (Periksa Payudara Sendiri) untuk deteksi kanker payudara dan peresmian Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Tekun Tenun Indonesia 2022. (Matra/AdeSM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *