28 Januari 2023
Gubernur Jambi, H Al Haris (kanan) didampingi Bupati Bungo, H Mashuri (kiri) pada peringatan HUT ke – 57 Kabupaten Bungo di gedung DPRD Kabupaten Bungo, Kota Muarabungo, Provinsi Jambi, Rabu (19/10/2022). (Foto : Matra/KominfoJbi).

(Matra, Bungo) – Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos, MH mengatakan, pemerintah daerah di Jambi, baik pemerintah provinsi, kota dan kabupaten tidak boleh bekerja biasa-biasa saja agar bisa mengejar ketertinggalan pembangunan dan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Pemerintah daerah di Jambi harus berinovasi, mengupayakan beragam terobosan, mengubah cara berpikir, bekerja, melayani, responsif dan adaptif terhadap berbagai perubahan kondisi masyarakat serta kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik yang prima harus menjadi komitmen serta ikhtiar berkelanjutan seluruh jajaran aparatur pemerintah daerah di Jambi. Hal itu penting sebagai bukti kehadiran pemerintah daerah di tengah-tengah masyarakat. Pemerintah daerah harus mampu memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat dengan lebih cepat dan lebih tepat,”kata Al Haris pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke – 57 Kabupaten Bungo di gedung DPRD Kabupaten Bungo, Kota Muarabungo, Provinsi Jambi, Rabu (19/10/2022).

Menurut Al Haris, Pemerintah Provinsi (Pemrov) Jambi sangat mendukung pembangunan dan mendorong kemajuan seluruh kabupaten dan kota se – Provinsi Jambi. Hal itu dilakukan karena daerah kabupaten dan kota di Jambi memiliki kawasan strategis ekonomi dan pembangunan yang menopang pembangunan ekonomi Provinsi Jambi.

Dijelaskan, berbagai program pembangunan yang dilakukan Pemprov Jambi di Kabupaten Bungo diharapkan dapat menjadi pendukung kemajuan dan keutuhan pembangunan Kabupaten Bungo. Kemajuan pembangunan tersebut akan menciptakan masyarakat dan daerah yang maju dan sejahtera, adil dan merata.

“Kemajuan pembangunan menjadi gambaran betapa besarnya potensi yang dimiliki Kabupaten Bungo untuk diolah dengan sebaik-baiknya demi kesejahteraan masyarakat. Kemakmuran, dan kesejahteraan masyarakat adalah hasil pembangunan paling berharga yang diharapkan Kabupaten Bungo semakin maju dan kuat bisa menata daerahnya dengan baik,”ujarnya.

Al Haris mengatakan, Pemprov Jambi terus mendorong dan mengusahakan agar Bandara Bungo bisa menjadi embarkasi antara, menjadi embarkasi haji penuh bagi masyarakat Jambi untuk wilayah Kerinci, Merangin, Sarolangun, Tebo dan Bungo.

Al Haris pada kesempatan tersebut juga meminta seluruh kepala daerah dan jajarannya di Jambi, terus berupaya mengendalikan laju inflasi. Stratgei yang perlu dilakukan mengendalikan inflasi tersebut, yakni Gerakan Pengendalian Inflasi Pangan.

“Gerakan pengendalian inflasi tersebut sudah dilakukan Pemprov Jambi 5 Oktober 202 lalu melalui pembelian beras produksi petani lokal kita. Kemudian dilakukan juga launching (pelepasan) Gerakan Serentak Pembelian Beras Lokal bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) se – Provinsi Jambi. Gerakan ini merupakan aksi nyata menciptakan stabilisasi harga pangan sekaligus mendukung usaha ekonomi petani lokal,”ujarnya.

Menurut Al Haris, peringatan HUT ke-57 Kabupaten Bungo merupakan momentum untuk bercermin diri, mengevaluasi semua pelaksanaan pembangunan dengan mempertahankan yang sudah baik untuk lebih meningkatkan pembangunan serta memperbaiki kekurangan.

Evalusi menjadi sangat penting untuk terus meningkatkan kinerja dalam perencanaan dan pelaksanaan program pembangunan serta pelayanan publik, agar program pembangunan semakin efektif dan efisien dalam upaya meningkatkan kemajuan dan daya saing daerah, yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Al Haris juga berharap api semangat jajaran Pemerintah Kabupaten Bungo terus menyala untuk mewujudkan Kabupaten Bungo yang jauh lebih baik dan lebih cemerlang, jauh lebih maju dan sejahtera, serta semakin mampu memacu diri mengembangkan berbagai potensi dan melaksanakan program pembangunan dengan sebaik-baiknya, demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat dan daerah,”paparnya.

“Dengan ikhtiar, kesungguhan dan komitmen pemerintah daerah yang amanah bersama-sama seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat, maka target-target pembangunan tentu bisa kita capai,”ujarnya. (Matra/AdeSM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *