28 Januari 2023
Bupati Simalungun, St Radiapoh Hasiholan Sinaga (empat dari kiri) dan Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan (empat dari kanan) pada penyerahan bantuan untuk korban gempa bumi Tarutung dari Pemkab Simalungun di kantor Bupati Taput, Hutagalung Siwaluompu, Kecamatan, Tarutung, Taput, Sumut, Senin (10/10/2022). (Foto : matra/KominfoSimalungun).

(Matra, Simalungun) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun, Sumatera Utara (Sumut) menyerahkan bantuan korban gempa bumi Tarutung, Tapanuli Utara (Taput) sebesar Rp 170 juta. Sebesar Rp 100 juta bantuan tersebut diberikan kepada Pemkab Taput dan Rp 70 juta diberikan kepada warga masyarakat Simalungun yang terdampak gempa di Taput.

Penyerahan bantuan tersebut langsung dilakukan Bupati Simalungun, St Radiapoh Hasiholan Sinaga, SH, MH di kantor Bupati Taput dan di gereja GKPS (Gereja Kristen Protestan Simalungun) Tarutung, Kelurahan Hutagalung Siwaluompu, Kecamatan Tarutung, Taput, Sumut, Senin (10/10/2022). Bantuan tersebut diterima Bupati Taput, Nikson Nababan dan perwakilan warga Simalungun di Tarutung.

Radiapoh Hasiholan Sinaga pada kesempatan tersebut mengatakan, warga masyarakat dan Pemkab Simalungun turut prihatin melihat kesulitan masyarakat Taput yang terdampak gempa bumi magnitodo 5,8, Sabtu (1/10/2022). Gempa tersebut menimbulkan banyak kerugian akibat kerusakan bangunan, rumah, fasilitas umum dan adanya korban meninggal maupun luka-luka.

“Kami warga dan jajaran pemerintah Kabupaten Simalungun turut merasakan derita dan kesulitan dialami masyarakat Taput akibat gempa bumi yang melanda Taput, Sabtu (1/10/2022). Untuk itu kampi ikut berpartisipasi meringankan beban pemerintah dan masyarakat yang dilanda musibah bencana alam tersebut,”katanya.

Menurut Radiapoh Hasiolan Sinaga, sebagai daerah yang berada dalam satu kawasan Danau Toba, pemerintah dan masyarakat Kabupaten Simalungun berupaya membantu pemulihan kehidupan masyarakat Taput yang dilanda bencana gempa bumi tersebut. Bantuan tersebut tidak sebarapa, namun diharapkan bisa meringankan beban para korban gempa.

“Meskipun nilai bantuan kami ini tidak seberapa, tetapi itulah gambaran kebersamaan kami sesama pemerintahan se kawasan Danau Toba. Semoga bantuan dapat mengeringkan beban masyarakat Taput yang terdampak gempa,”ujarnya.

Warga Simalungun di Tarutung, Tapanuli Utara menerima bantuan korban gempa Tarutung dari Pemkab Simalungun di GKPS Tarutung, Sumut, Senin (10/10/2022). (Foto : Matra/KominfoSimalungun).

Sementara itu, Bupati Taput, Nikson Nababan pada kesempatan tersebut mengaku sangat terharu sekaligus terkejut atas bantuan Pemkab Simalungun tersebut. Bantuan tersebut langsung pula diantarkan Bupati Simalungun, St Radiapoh Hasiholan Sinaga.

“Kami sangat terkejut dan terharu menerima bantuan ini. Kami juga mengapresiasi Bupati Simalungun yang langsung datang mengantarkan bantuan ini ke Taput,”katanya.

Nikson Nababan mengatapakn, pihaknya akans egera menyalurkan bantuan tersebut kepada seluruh warga masyarakat Taput yang terdampak gempa. Bantuan tersebut sangat penting meringankan beban korban gempa di Taput, khususnya untuk membantu memenuhi kebutuhan pokok dan perbaik rumah yang rusak.

Dijelaskan, gempa magnitude 5,8 yang melanda Taput, Sabtu (1/10/2022) menyebabkan kerusakan bangunan sekitar 194 unit. Bangunan yang rusak tersebut terdiri dari rumah penduduk 143 unit, rumah ibadah (12 unit), gedung perkantoran (delapan unit), jembatan/irigasi (11 unit) dan rumah took (19 unit). Ruko yang rusak terdapat di pasar Sarulla, Taurutung.

Seluruh ruko tersebut terbakar akibat korsleting listrik saat gempa. Selain itu, gempa juga menyebabkan seorang korban meninggal dunia dan sebanyak 25 orang luka-luka. (Matra/FebP/AdeSM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *