28 Januari 2023

A. Pengantar

Media massa memiliki peran penting memajukan pembangunan berbagai bidang di tengah kehidupan masyarakat. Salah satu peran penting media massa tersebut, yaitu memberikan informasi, pengetahuan dan sumber daya yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan hidup mereka. Selain itu media massa juga memiliki peran penting mengawasi program-program pembangunan agar pembangunan tersebut benar-benar dilaksanakan untuk perbaikan kesejahteraan masyarakat.

Salah satu media massa yang memiliki kecepatan tinggi dan jangkauan luas dalam penyebaran informasi mengenai pembangunan yang saat ini semakin bertumbuh pesat, yaitu media online. Berita-berita mengenai pembangunan dan kondisi kehidupan masyarakat yang disiarkan melalui media online lebih mudah dan cepat diakses masyarakat, pemerintah maupun para pengusaha.

Pembangunan daerah di 10 provinsi di Sumatera yang terus mengalami kemajuan pesat sangat membutuhkan kehadiran media massa yang mudah dan cepat diakses secara online. Melalui media online, berbagai persoalan pembangunan yang terjadi di Sumatera dapat diketahui lebih cepat dan luas. Dengan demikian penanggulangan masalah pembangunan tersebut dapat segera diatasi.

Selain itu, melalui media online, potensi-potensi pembangunan di Sumatera dapat dipublikasikan lebih luas untuk meningkatkan pembangunan ekonomi daerah dan masyarakat di Sumatera. Kehadiran media online yang khusus menggarap berita-berita pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat Sumatera sangat penting agar kesenjangan atau ketimpangan kehidupan masyarakat di tengah pesatnya pembangunan Sumatera dapat dicegah dan ditanggulangi.

Pesatnya pembangunan berbagai bidang di Sumatera selama ini belum sepenuhnya dinikmati secara merata oleh seluruh daerah dan masyarakat di Sumatera. Pembangunan Jalan Lintas Sumjatera (Jalinsum), baik Jalan Lintas Barat (Jalinbar), Jalan Lintas Timur (Jalintim) maupun Jalan Lintas Tengah (Jalinteng) Sumatera telah banyak memberikan peningkatakn ekonomi bagi daerah dan masyarakat Sumatera. Namun dalam kenyataannya, belum seluruh masyarakat Sumatera menikmati hasil pembangunan tersebut.

Warga masyarakat Sumatera yang kini tinggal di jalur lintasan Jalinsum masih banyak yang hidup kurang sejahatera di tengah pesatnya geliat ekonomi daerah-daerah yang dilalui jalur Jalinsum. Kondisi ketimpangan pembangunan tersebut selama ini belum begitu banyak diungkap kepermukaan oleh media massa. Akibatnya upaya-upaya penanggulangan ketimpangan pembangunan itu belum mampu diretas secara tuntas.

Kemudian peningkatan pembangunan infrastruktur jalan maupun transportasi di Sumatera belakangan ini terus meningkatkan mobilitas masyarakat. Pembukaan jalur-jalur transportasi darat, laut dan udara yang meningkat pesat di Sumatera membuat kegiatan transportasi massal semakin meningkat. Jumlah warga masyarakat di Sumatera yang bepergian dari suatu daerah ke daerah lain semakin meningkat. Kemudian pengangkutan barang-barang di jalur transportasi darat di Sumatera juga terus semakin padat.

Kepadatan arus transportasi di Sumatera, khususnya transportasi darat cenderung menimbulkan kerawanan keselamatan transportasi. Kecelakaan lalu lintas di Jalinsum semakin rawan akibat padatnya arus lalu lintas kendaraan penumpang, barang dan kendaraan pribadi.

B. Program

Menyikapi berbagai problema kehidupan masyarakat di tengah kemajuan pembangunan Sumatera tersebut, kami membuat program penerbitan media online khusus wilayah Sumatera. Melalui media online kami berupaya mendorong usaha-usaha peningkatan kesejateraan masyarakat Sumatera sekaligus mengawasi pembangunan di Sumatera. Media online yang dapat diakses dengan cepat di berbagai pelosok Sumatera ini juga kami upayakan untuk meningkatkan keselamatan, keamanan dan kenyamanan transportasi di Sumatera. Selain itu media online ini juga kami upayakan bisa membangkitkan ekonomi rakyat, daerah dan investasi.

C. Maksud dan Tujuan

1. Maksud. Maksud penerbitan media online/portal berita Sumatera ini, yaitu menyediakan media secara online mengenai potensi, permasalahan dan solusi peningkatan pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat Indonseia, khususnya di wilayah Sumatera.

2. Tujuan. Tujuan penerbitan media online/portal berita wisata Jambi ini :

a. Meliput dan menyiarkan berita – berita mengenai pembangunan daerah dan kesejahteraan        masyarakat Sumatera.
b. Menyajikan informasi mengenai ketimpangan – ketimpangan pembangunan dan solusinya di Sumatera.
c. Menyajikan informasi mengenai potensi dan sumberdaya pembangunan Sumatera secara luas guna meningkatkan investasi di Sumatera.
d. Menyiarkan informasi-informasi pembangunan demi pemerataan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Sumatera.
e. Meliput dan menyiarkan berita-berita mengenai kegiatan dan peningkatan keselamatan transportasi di Sumatera.
f. Memberikan masukan kepada pemerintah dan daerah beserta pemangku kepentingan (stakeholders) mengenai kondisi dan peningkatan pembangunan Sumatera.

D. Nama Media, Penerbit dan Domisili

1. Nama. Media online/portal berita Sumatera ini: medialintassumatera.net (Matra)
2. Penerbit media online ini PT Karya Media Sumatera (Kamera).
3. Domisili medialintassumatera.net (Matra) berada di Kota Jambi, Provinsi Jambi, Sumatera,
Indonesia.

E. Motto

Motto media online/portal berita Sumateramedialintassumatera.net (Matra) ini, yaitu “Jurnalisme Pembangunan Pembawa Harapan”.

F. Domain

Domain yang digunakan pada media online/portal berita pariwisata Jambi ini, yaitu medialintassumatera.net

G. Wilayah Liputan

Wilayah liputan utama media online/portal berita Sumatera medialintassumatera.net (Matra) meliputi 10 provinsi di Sumatera. Media online medialintassumatera.net (Matra) juga menyajikan berita-berita nasional dan internasional yang berkaitan dengan Sumatera.

H. Fokus Liputan

Fokus dan prioritas liputan utama media online/portal berita medialintassumatera.net (Matra) meliputi :
1. Berbagai bencana alam yang mengancam kehidupan masyarakat Sumatera.
2. Pembangunan berbagai bidang, baik fisik (infrastruktur), transportasi, ekonomi, sosial, budaya dan pariwisata di Sumatera.
3. Potensi dan kondisi ekonomi, sosial dan budaya daerah dan masyarakat Sumatera.
4. Masalah-masalah pembangunan dan solusinya di Sumatera.
5. Even-even (kegiatan) yang di seluruh daerah di Sumatera dan di daerah lain yang berkaitan dengan Sumatera.
6. Profil – profil daerah kabupaten, kota dan provinsi di Sumatera.
7. Profil (sosok) para tokoh yang memberikan andil dalam pembangunan di Sumatera.
8. Geliat usaha ekonomi rakyat di Sumatera.
9. Peristiwa nasional dan internasional yang terkait dengan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Sumatera.
10. Investasi pembangunan di Sumatera.
11. Profil usaha-usaha transportasi di Sumatera.

I. Rubrikasi

Rubrik atau halaman yang disajikan dalam liputan utama media online/portal berita medialintassumatera.net (Matra) yaitu :
1. Home, yaitu halaman utama (depan) yang menyajikan berita/informasi Sumatera aktual/terkini dan terpopuler.
2. Tentang Kami/Redaksi, yaitu halaman Redaksi menyajikan informasi tentang media online/portal berita medialintassumatera.net (Matra)
3. Ekonomi, menyajikan berita-berita pembangunan ekonomi, yaitu investasi, industri dan perdagangan, usaha ekonomi produktif rakyat di Sumatera.
4. Kesejahteraan Rakyat (Kesra), menyajikan berita-berita kondisi dan peningkatan kesejahteraan rakyat, kesehatan, pendidikan dan sebagainya.
5. Transportasi, menyajikan berita-berita tentang kondisi dan perkembangan transportasi, infrastruktur jalan, pelayaran dan udara di Sumatera.
6. Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), menyajikan berita seputar hokum, keamanan dan ketertiban masyarakat Sumatera.
7. Provinsi Jambi, menyajikan berita-berita seputar Provinsi Jambi.
8. Sumatera, menyajikan berita-berita seputar Sumatera.
9. SOS, menyajikan berita-berita bencana alam.
10. Pariwisata dan Budaya, menyajikan berita-berita mengenai pariwisata, budaya dan ekonomi kreatif di Sumatera.
11. Lingkungan Hidup, menyajikan berita-berita mengenai kondisi dan pembangunan kehutanan dan pestarian lingkungan di Sumatera.
12. Nasional, menyajikan berita-berita nasional di berbagai bidang yang juga menarik bagi pembaca di Sumatera.
13. Internasional/Global, menyajikan berita – berita internasional yang juga menarik bagi warga masyarakat Sumatera.
14. Prestasi, menyajikan berita-berita olahraga lokal, Sumatera, nasional dan internasional.
15. Opini, menyajikan opini/artikel mengenai pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Sumatera dari kalangan pakar, pelaku usaha dan kaum cendekiawan.
16. Religi, menyajikan berita-berita keagamaan.
17. Galeri Foto, menyajikan berita-berita foto lepas.

J. Sasaran
Sasaran pembaca medialintassumatera.net (Matra) ini meliputi :
1. Masyarakat umum di Sumatera, masyarakat Sumatera di Indonesia dan mancanegara.
2. Pejabat dan aparatur pemerintahan daerah di Sumatera dan nasional.
3. Pengusaha/Investor dan pemangku kepentingan (stakeholders) di Sumatera, nasional dan internasional.

K. Kerjasama (Kemitraan)

Medialintassumatera.net (Matra) diterbitkan dan dikelola melalui kerja sama (kemitraan) dengan berbagai pihak. Baik jajaran pemerintahan daerah, pusat, pengusaha/investor dan berbagai kelompok masyarakat yang peduli terhadap pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat Sumatera.

Kerja sama medialintassumatera.net (Matra) dengan berbagai pihak antara lain peliputan berita, pemuatan atau penayangan berita dan foto serta pemuatan iklan di medialintassumatera.net (Matra). Setiap pihak yang bekerja sama dengan medialintassumatera.net (Matra) dikenakan kompensasi sesuai kesepakatan.

Kompensasi kerja sama tersebut, yakni :

1. Pemuatan Iklan minimal sebesar Rp 2.500.000,-/iklan (pariwara) dengan lama pemuatan/penayangan iklan enam bulan.
2. Pemuatan tulisan khusus/profil usaha/tokoh minimal sebesar Rp 1.500.000,-/satu tulisan dengan lama penayangan enam bulan.
3. Pemuatan tulisan khusus mengenai pembangunan daerah dan perusahaan sebesar Rp 1.000.000,-/tulisan dengan lama penayangan enam bulan.
4. Pemuatan undangan/pengumuman agenda/kegiatan pemerintahan maupun perusahaan minimal Rp 500.000,-/undangan dengan lama penayangan hingga kegiatan usai.

Media online medialintassumatera.net (Matra) didirikan dan dikelola di bawah payung PT Karya Media Sumatera (Kamera). Unsur manajemen PT Karya Media Sumatera :

PT KARYA MEDIA SUMATERA
NO AHU-0011150.AH.01.01.TAHUN 2021

NOMOR INDUK BERUSAHA (NIB): 1231000212826
SITU: NOMOR:517-400-K-DPMPTSP-15.71.11.1001-2021
Nomor Rekening BCA 1192379371
AN: PT Karya Media Sumatera
PT KARYA MEDIA SUMATERA

Direktur Utama : Radesman Saragih, S.Sos
Direktur : Rosenman Saragih Manihuruk
Dewan Komisaris : Sahna Damanik, Lisbet Sinaga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *