28 Januari 2023
Anggota Komisi III DPR RI, Dr Hinca IP Panjaitan (dua dari kiri) didampingi Dekan Fakultas Hukum Universitas HKBP Nommensen Medan, Dr Janpatar Simamora (tengah) seusai kuliah umum di kampus Univesitas HKBP Nommensen, Medan, Sumut baru-baru ini. (Foto : Matra/HmsUHN).

(Matra, Medan) – Kalangan perguruan tinggi memiliki peran penting memperjuangkan harapan masyarakat di berbagai bidang kehidupan, termasuk harapan masyarakat miskin di bidang hukum dan keadilan. Salah satu perguruan tinggi yang memiliki kepedulian memperjuangkan keadilan untuk rakyat miskin tersebut, yakni Universitas Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Nommensen Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Perjuangan Universitas HKBP Nommensen Medan terhadap warga masyarakat miskin tersebut ditandai dengan pelaksanaan kuliah umum bertajuk “Keadilan untuk Rakyat Miskin”. Kuliah umum tersebut menampilkan pakar hukum kawakan nasional yang saat ini juga menjadi anggota Komisi III (Bidang Hukum) DPR RI, Dr Hinca IP Panjaitan, SH, MH, ACCS.

Dekan Fakultas Hukum Universitas HKBP Nommensen Medan, Dr Janpatar Simamora, SH, MH di Medan, Rabu (28/9/2022) menjelaskan, pihaknya menggelar kuliah umum tentang keadilan untuk rakyat miskin karena melihat kenyataan selama ini banyak warga miskin, termasuk di Sumut menjadi korban ketidak-adilan.

“Kondisi tersebut masih kurang mendapat perhatian berbagai kalangan masyarakat, penegak hokum, termasuk kalangan perguruan tinggi, baik itu mahasiswa, akademisi dan ilmuwan yang notabene merupakan agen perubahan social. Karena itu Fakultas Hukum (FH) Universitas HKBP Nommensen Medan menggagas kuliah umum mengenai keadilan untuk rakyat miskin tersebut,”katanya.

Dijelaskan, kuliah umum bertajuk “Keadilan untuk Rakyat Miskin” yang dilaksanakan di aula Fakultas Kedokteran Lantai 6 Universitas HKBP Nommensen Medan, Kota Medan, Sumut, Jumat (23/9/2022) tersebut menampilkan Dr Hinca IP Panjaitan karena beliau salah satu alumni terbaik FH Universitas HKBP Nommensen Medan dan termasuk pakar hukum ternama di tingkat nasional dan internasional.

Menurut Janpatar Simamora, kuliah umum yang fekus pada peningkatankeadilan bagi masyarakat kecil tersebut dikemas melalui program “Obrolan dan Pendapat Intelektual dari Nommensen untuk Indonesia” (OPINI) Seri-1. Program merupakan salah satu program terbaru FH Universitas HKBP Nommensen yang ditujukan untuk menambah wawasan akademik para mahasiswa.

“Nantinya program ini akan dilakukan secara rutin sebagai wadah akademik bagi para mahasiswa untuk menyerap ilmu pengetahuan dari berbagai narasumber terkemuka dan berkompeten di bidangnya,”katanya.

Janpatar Simamora mengatakan, program kuliah umum OPINI tersebut nantinya tidak hanya sekadar menyampaikan obrolan. Program tersebut juga turut disertai pendapat intelektual yang diharapkan dapat menjadi sumbangsih pemikiran terbaik dari Nommensen untuk Indonesia.

Dijelaskan, para narasumber tidak hanya ngobrol, namun juga memberi pendapat intelektualnya sebagai sumbangan pemikiran guna membangun Indonesia yang lebih baik, khususnya dalam bidang hukum. Untuk OPINI edisi perdana ini, pihaknya menghadirkan salah satu alumni terbaik FH Universitas HKBP Nommensen sebagai narasumber, yakni Dr Hinca IP Panjaitan, SH, MH, ACCS yang juga anggota Komisi III DPR RI.

“Bagi saya, abangda Hinca IP Panjaitan merupakan politisi multi talenta yang sudah melanglang buana menimba pengetahuan hukum ke berbagai negara di dunia. Banyak ilmu yang bisa diserap dari beliau,”lanjutnya.

Sementara itu Hinca IP Panjaitan, pada kuliah umum “Keadilan untuk Rakyat Miskin” tersebut mengatakan, bangsa Indonesia saat ini, khususnya penegakan hukumnya sedang tidak baik-baik saja. Untuk itu para mahasiswa diharapkan turut berkontribusi memberikan pemikiran terbaiknya dalam upaya menata penegakan hukum yang mencerminkan penegakan keadilan bagi rakyat miskin.

“Untuk itu, saya akan membantu adik-adik mahasiswa untuk turun ke lapangan melakukan pengawasan penegakan hukum yang berkeadilan serta turut serta mewujudkan negara hukum Indonesia yang berkeadilan demi masa depan bangsa yang lebih baik,”katanya. (Matra/FebP/AdeSM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *