4 Oktober 2022
Aksi kebersihan yang dilakukan komunitas WCDI Kota Pematangsiantar, Sumut, di lapangan Merdeka (Taman Bunga), Kota Pematangsiantar, Sabtu (17/9.2022). (Foto : Matra/FebP).

(Matra, Pematangsiantar) – Warga Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara (Sumut) yang tergabung dalam Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bintang Inrii dan Sekolah Alam Safari Nusantara (Sasana) Kota Pematangsiantar menggelar aksi membersihkan sampah di lapangan Merdeka (Taman Bunga), Kota Pematangsiantar, Sabtu (17/9.2022).

Aksi pembersihan sampah bertajuk “ Kami 13 Juta Menuju Indonesia Bersih dan Bebas Sampah” digelar dalam rangka peringatan Gerakan Kebersihan Sedunia di Indonesia (World Cleanup Day Indonesia/WCDI) 2022 tingkat Kota Pematangsiantar.

Leader (Pimpinan) WCDI Kota Pematangsiantar selaku pengelola PKBM Inrii, Farida Sitorus pada kesempatan tersebut mengatakan, gerakan aksi pembersihan sampah tersebut dilakukan secara serentak di seluruh dunia mulai 10-25 September 2022. Sedangkan gerakan pembersihan sampah di Indonesia dilaksanakan secara serentak 18-19 September 2022.

Dikatakan, aksi kumpul dan pilah sampah di Kota Pematangsiantar melibatkan seluruh elemen masyarakat dan pemangku kepentingan (stakeholders). Melalui gerakan pembersihan sampah tersebut, seluruh warga masyarakat memiliki komitmen membersihkan lingkungan masing-masing dari tumpukan sampah.

“Kita berharap aksi pembersihan sampah ini bisa dilaksanakan dengan baik melalui kerja sama antara stakeholder dan masyarakat. Aksi pembersihan sampah ini juga diharapkan bisa memberikan edukasi (pemahaman) kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan di rumah dan lingkungan masing-masing,”katanya.

Menurut Farida Sitorus, aksi pembersihan sampah yang digelar komunitas WCDI Pematangsiantar akan dilakukan secara rutin bekerja sama dengan pihak terkait dan warga masyarakat. Dengan demikian akan tercipta budaya hidup bersih di Kota Pematangsiantar.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pematangsiantar, Manotar Ambarita, SKM, MSi pada kesmepatan tersebut mengatakan, pihaknya menyambut baik aksi kebersihan yang digelar komunitas WCDI Kota Pematangsiantar.

“Kami sangat mengapresiasi gerakan ini. Semoga kegerakan kebersihan ini bisa mengedukasi masyarakat Kota Pematangiantar tetap menjaga kebersihan lingkungan masing-masing,”paparnya.

Manotar Ambarita pada kesempatan itu juga menghimbau warga masyarakat Kota Pematangsiantar tetap menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan, baik di lingkungan perumahan maupun di tempat umum.

“Terimakasih atas aksi kebersihan yang dilakukan WCDI ini. Semoga kegiatan ini jangan hanya seremonial saja tetapi tetap menjadi kegiatan rutin. Kami juga menghimbau masyarakat Kota Pematangsiantar tetap menjaga kebersihan,”katanya. (Matra/FebP/AdeSM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.