4 Oktober 2022
Taman desa di ruas jalan Kecamatan Gunung Malela, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara tampak lebih cantik setelah ditata melalui gerakan Marharoan Bolon (Gotong-royong), Rabu (14/9/2022). (Foto : Matra/FebP).

(Matra, Simalungun) – Pemerintah Kecamatan Gunung Malela, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut) terus mengupayakan keindahan wilayah Kecamatan Gunung Malela. Salah satu upaya tersebut, menata taman di ruas jalan setiap keluarahan/desa dan meningkatkan kebersihan seluruh wilayah kecamatan.

Untuk mempercantik wajah Kecamatan Gunung Malela, jajaran Pemerintah Kecamatan Gunung Malela, pemerintah kelurahan, warga masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) melakukan gerakan Marharoan Bolon (Gotong – royong) menata seluruh taman dan membersihkan pekarangan rumah di seluruh jalan dan desa (nagori).

Gerakan Marharoan Bolon tersebut dipusatkan di Jalan Asahan Km 9 dan Km 22, Gunung Malela, Simalungun, Rabu (14/9/2022). Gerakan Marharoan Bolon tersebut digelar dalam rangka memperingati Bulan Bakti Gotong Royong Nasional.

Camat Gunung Malela, Roi G Sidabalok, SAP pada kesempatan tersebut mengatakan, pihaknya menggerakan seluruh stakholders melaksanakan gotong – royong untuk memperindah seluruh wilayah desa, ruas jalan dan perkantoran. Selain melibatkan seluruh aparatur pemerintah dan masyarakat, pihaknya juga melibatkan perusahaan swasta dengan bantuan alat berat.

“Kegiatan gotong – royong ini merupakan langkah awal untuk nagori se-Kecamatan Gunung Malela mendukung upaya memperindah pemandangan di sepanjang jalan provinsi, wilayah Gunung Malela. Ruas jalan ini banyak dilintasi kendaraan dari berbagai wilayah menuju Kota Medan atau sebaliknya dari Kota Medan ke Kota Pematangsiantar, berbagai daerah di Kabupaten Simalungun dan daerah lainnya,”katanya.

Dikatakan, Pemerintah Kecamatan Gunung Malela akan memperkenalkan nama Kecamatan Gunung Malela yang selama ini belum banyak diketahui masyarakat luar melalui keindahan taman di sepanjang ruas jalan. Selama ini para pengendara di Gunung Malela hanya mengetahui kalau mereka melintas di Sahkuda Bayu, Simpang Bahjambi dan sebagainya.

“Kami bersama masyarakat dan stakeholder lainnya akan berupaya mendirikan tugu selamat datang di Kecamatan Gunung Malela agara daerah kami semakin dikenal masyarakat luas,”katanya.

Roi Sidabalok pada kesmepatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga dan Wakil Bupati Simalungun, H Zonny Waldi yang membangkitkan semangat gerakan Marharoan Bolon.

Gotong royong memperbaiki taman sepanjang jalan di Kecamatan Gunung Malela, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumut, Rabu (14/9/2022). (Foto : Matra/FebP).

Selain itu, pihaknya juga berterima kasih kepada Ketua Tim Penggerak Pemberdayan Kesejahteraan keluarga (TP PKK) Kabupaten Simalungun, Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga yang telah memberi arahan tentang penanaman bunga (kembang) yang seragam, yaitu bunga bougenvil dan ban bekas sebagai penghisa taman – taman jalan.

“Kami mengharapkan, kegiatan Marharoan Bolon ini bisa berkelanjutan. Selain itu warga masyarakat juga kami harapkan dapat lebih aktif menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan masing-masing. Warga masyarakat hendaknya berkenan membersihkan dan merapikan jalan – jalan umum depan rumahnya atau di sekitar asetnya (bangunan dan tanah) mereka,”ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pukesmas Bandar Siantar, Sri Dewi, SKep, NS pada kesmepatan itu mengatakan, kegaiatan Marharoan Bolon di Kecamatan Gunung Malela merupakan tradisi leluhur yang harus tetap dijaga dan dipertahankan.

“Melalui Marharoan Bolon atau gotong – royong, pekerjaan yang berat menjadi ringan. Kemudian gotong – royong ini juga membangkitkan rasa peduli, meningkatkan tali silaturahmi antarsesama warga masyarakat manusia dan melestarikan lingkungan,”ujarnya. (Matra/FebP/AdeSM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.