29 September 2022
Wali Kota Pematangsiantar, dr Hj Susanti Dewayani, SpA (kiri) menerima cendera mata kaos seni dari maestro tari Simalungun, Raminah Garingging (kanan) di ruang kerja Wali Kota Pematangsiantar, Selasa (13/9/2022). (Foto : Matra/KominfoSiantar).

(Matra, Kota Pematangsiantar) – Wali Kota Pematangsiantar, dr Hj Susanti Dewayani, SpA mendukung sepenuhnya Pagelaran Seni Budaya dan Tari Tradisional Simalungun di Kota Pematangsiantar dalam waku dekat. Pergelaran seni budaya dan tari tradisional Simalungun tersebut diselenggarakan Sanggar Seni Rayantara Kota Pematangsiantar.

Dukungan terhadap penyelenggaran gelar seni budaya Simalungun tersebut disampaikan Susanti Dewayani pada pertemuan dengan maestro seni tari Simalungun, Raminah Garingging (88) di ruang kerja Wali Kota Pematangsiantar, Selasa (13/9/2022).

Pertemuan tersebut turut dihadiri pengurus Sanggar Rayantara, Sultan Saragih dan Hasudungan Purba Siboro. Pertemuan maestro seni tari Simalungun, Sanggar Rayantara dengan Wali Kota Pematangsiantar tersebut dalam rangka Pagelaran Seni Budaya dan Tari Tradisional Simalungun sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-88 Sang Maestro Sanggar Rayantara, Raminah Garingging.

Sultan Saragih pada kesempatan tersebut menyampaikan keinginan mereka untuk berkolaborasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Pematangsiantar mengadakan pagelaran seni dan tari tradisional Simalungun di Kota Pematangsiantar dalam waktu dekat.

Pada kesempatan tersebut, maestro seni tari Simalungun, Raminah Garingging berbincang akrab membahas pelestarian seni budaya Simalungun, termasuk seni tari Simalungun. Susanti Dewayani dan Raminah Garingging sependapat bahwa pergelaran seni budaya perlu dilakukan sebagai upaya menggali dan melestarikan seni budaya Simalungun.

“Pagelaran seni dan kebudayaan Simalungun harus digelar secara berkesinambungan demi melestarikan seni budaya Simalungun. Upaya pelestarian seni budaya Simalungun ini penting agar istiadat Simalungun tidak menghilang begitu saja akibat perkembangan zaman,”kata Raminah Garingging.

Susanti Dewayani sangat mendukung upaya pelestarian seni budaya Simalungun tersebut karena Kota Pematangsiantar sejak dahulu kala menjadi salah satu pusat kegiatan seni budaya Simalungun. Susanti Dewayani juga mendukung upaya Sanggar Rayana meningkatkan kegiatan gelar seni tari tradisional Simalungun mencegah punahnya tari Simalungun.

Susanti Dewayani mengapresiasi kiprah pegiat seni budaya dan tari tradisional yang terus berupaya mengembangkan dan melestarikan seni tari Simalungun. Karena itu saya sangat mengapresiasi dan mendukung Sanggar Rayantara yang akan melaksanakan pagelaran seni dan budaya dalam waktu dekat.

“Kerja sama atau kolabirasi semua kalangan di Kota Pematangsiantar untuk pengembangan seni budaya ini menjadi kewajiban demi pelestarian seni budaya Simalungun,”katanya.

Pada kesmepatan tersebut, maestro seni tari Simalungun, Raminah Garingging memberikan cendera mata kepada Susanti Dewayani berupa kaos Sanggar Rayantara. Turut hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pemkot Pematangsiantar, Suherman, SSos. (Matra/FebPAdeSM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.