29 September 2022
Rapat Komisi III DPRD Provinsi Jambi dengan jajaran Bidang Bina Marga Dinas PUPR Provinsi Jawa Barat di Dinas PUPR Provinsi Jawa Barat, Senin (5/9/2022). (Foto : Matra/Ist).

(Matra, Jambi) – Komisi III (Bidang Pembangunan) DPRD Provinsi Jambi berupaya mendukung peningkatan proyek-proyek multiyears (jangka panjang) di Provinsi Jambi. Dukungan itu penting agar proyek-proyek multiyears di Provinsi Jambi seperti pembangunan pelabuhan Ujung Jabung di pantai timur Jambi dan pembangunan infrastruktur jalan di setiap kabupaten/kota dapat dipercepat.

Untuk itu Komisi III DPRD Provinsi Jambi melakukan studi banding mempelajarai tata cara pelaksanaan proyek multiyears ke Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jawa Barat (Jabar). Bidang Bina Marga Dinas PUPR Provinsi Jabar dinilai cukup baik melaksanakan proyek-proyek multiyears.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Jambi, Ivan Wirata di gedung DPRD Provinsi Jambi, Jumat (9/9/2022) menjelaskan, studi banding ke Dinas PUPR Jawa Barat yang berlangsung Minggu – Rabu (4 – 7/9/2022) tersbeut diikuti seluruh anggota Komisi III DPRD Provinsi Jambi. Rombongan studi banding Komisi III DPRD Provinsi Jambi tersbeut dipimpin Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Faizal Riza.

Menurut Ivan Wirata, pada pertemuan dengan Bidang Binda Marga Dinas PUPR Provinsi Jabar, pihaknya mengetahui lebih mendalam dan rinci mengenai mekanisme pelaksanaan proyek-proyek multiyears di Provinsi Jabar. Mekanisma pelaksanaan proyek multiyear di Jabar sangat baik, sehingga tidak ada proyek infrastruktur di provinsi itu yang mangkrak atau terbengkalai.

“Mekanisme pelaksanaan proyek multiyear di Jabar kita upayakn bisa diterapkan di Provinsi Jambi untuk mempercepat pelaksanaan proyek-proyek multiyears di Jambi. Misalnya proyek pembangunan pelabuhan Ujung Jabung, pembangunan jalan, jembatan, sport center dan proyek lainnya,”katanya.

Komisi IV

Sementara itu, Komisi IV (Bidang Kesejahteraan Rakyat) DPRD Provinsi Jambi juga melakukan studi banding ke Provinsi Jawa Barat Minggu – Rabu (4 – 7/9/2022). Studi banding dilaksanakan ke Dinas Kesehatan Provinsi Jabar dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Al-Ihsan Provinsi Jabar.

Studi banding tersebut dipimpin Ketua Komisi lV DPRD Provinsi Jambi, Fadli Sudria. Turut dalam studi banding tersebut, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jambi, Supriyanto, anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jambi, Budi Yako, Eka Marlina, Ezzaty, tenaga ahli dan pendamping.

Menurut Ketua Komisi lV DPRD Provinsi Jambi, Fadli Sudria, SE, MHum, studi banding tersebut dimaksudkan mempelajari peningkatan layanan kesehatan dan pengembangan RSUD. Provinsi Jabar dipili menjadi tempat studi banding karena pelayanan Dinas Kesehatan Provinsi Jabar dan RSUD Al-Ihsan Jabar dinilai cukup baik.

Dikatakan, melalui studi banding tersebut, Komisi IV DPRD Provinsi Jambi mendapatkan banyak hal dalam peningkatan pelayanan kesehatan. Di antaranya peningkatan manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) RSUD dan dinas kesehatan, manajemen keuangan dan pelayanan kesehatan di RSUD.

“Pada studi banding ini juga kami melihat langsung sarana dan prasarana RSUD Al – Ihsan yang sangat baik. Pengelolaan RSUD dan dinas kesehatan di Jabar ini kami upayakan bisa dilaksanakan di RSUD Raden Mattaher Jambi dan Dinas Kesehatan Provinsi Jambi. Hal itu penting untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,”katanya. (Matra/AdeSM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.