29 September 2022
Ketua Umum PWI Pusat, H Atal Sembiring Depari (kiri depan) menyerahkan bendera pataka PWI kepada Ketua PWI Cabang Provinsi Jambi, HR Ridwan Agus Depati (kanan depan) pada pelantikan Pengurus PWI Cabang Provinsi Jambi periode 2022 – 2027 di hotel Golden Harvest, Kota Jambi, Provinsi Jambi, Rabu (7/9/2022). (Foto : Matra/FendiS).

(Matra, Jambi) – Wartawan masa kini tidak lagi cukup hanya mampu meliput dan mengetik berita seperti pola kerja wartawan media cetak zaman dulu. Keahlian wartawan masa kini harus dilengkapi dengan kemampuan mengedit foto dan video secara digital serta menguasai pola pengolahan maupun penyiaran berita menggunakan aplikasi google.

Hal tersebut dikatakan Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, H Atal Sembiring Depari pada pelantikan Pengurus PWI Cabang Provinsi Jambi periode 2022 – 2027 di hotel Golden Harvest, Kota Jambi, Provinsi Jambi, Rabu (7/9/2022).

Pengurus PWI Cabang Provinsi Jambi yang dilantik pada kesempatan tersebut, Ketua : H Ridwan Agus Depati, Sekretaris : Drs Arwani, Bendahara : Hendrawati SE, tujuh orang wakil ketua, dua wakil sekretaris, wakil bendahara dan pengurus seksi – seksi. Selain itu dilantik juga 17 orang Dewan Penasehat PWI Cabang Provinsi Jambi dan Pengurus Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Cabang Provinsi Jambi periode 2022 – 2027.

Pelantikan Pengurus PWI Cabang Provinsi Jambi tersebut turut dihadiri, Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos, MH, Sekretaris PWI Pusat, Mirza Zulhadi, Ketua PWI Cabang Provinsi Sumatera Utara (Sumut), H Farianda Putra Sinik dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jambi dan Kota Jambi.

Menurut Atal S Depari, seluruh wartawan anggota PWI dituntut meningkatkan kemampuan memanfaatkan tekonolgi informasi, khususnya digitalisasi. Hal itu penting agar wartawan anggota PWI bisa tampil selalu di depan menyajikan informasi terbaik bagi masyarakat.

Untuk menggapai kualifikasi itu, lanjut Atal S Depari, wartawan anggota PWI harus mengikuti pelatihan-pelatihan jurnalistik secara intensif, mengasah kemampuan secara mandiri dan tetap berkarya sepanjang masa.

“Jadi untuk meningkatkan kualitas wartawan anggota PWI tidak cukup hanya melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW), tetapi harus tetap belajar melalui pelatihan maupun belajar secara secara mandiri,”katanya.

Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos (dua dari kiri) didampingi Ketua PWI Jambi, HR Ridwan Agus Depati (kiri) memberikan keterangan pers pada pelantikan Pengurus PWI Cabang Provinsi Jambi periode 2022 – 2027 yang dilantik di hotel Golden Harvest, Kota Jambi, Provinsi Jambi, Rabu (7/9/2022). (Foto : Matra/FendiS)

Atal S Depari mengharapkan seluruh Pengurus PWI Cabang Provinsi Jambi yang baru memiliki komitmen dan sikap konsisten meningkatkan kualitas wartawan anggota PWI. Kemudian seluruh Pengurus PWI Cabang Provinsi Jambi juga diharapkan besama-sama membesarkan PWI dengan mengelola manajemen organisasi dengan baik.

“Peningkatan kualitas wartawan anggota PWI yang disertai dengan pengelolaan organisasi PWI dengan baik sangat penting agar PWI tetap disegani dan selalu tampil di depan menyajikan informasi terbaik bagi masyarakat,”katanya.

Mengenai kerja sama PWI Cabang Provinsi Jambi dengan jajaran pemerintahan di Jambi, Atal S Depari mengatakan, kerja sama harus dilakukan dengan baik sesuai peraturan dan undang-undang yang berlaku, tanpa ada unsur terpaksa satu sama lain.

“Saat ini PWI Cabang Provinsi Jambi berupaya mengajukan permohonan hibah tanah kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi. Jika proses hibah tanah tersebut ternyata nantinya sulit tidak usah diterima,”katanya.

Sementara itu, Gubernur Jambi, H Al Haris pada kesempatan tersebut mengatakan, Pemprov Jambi akan tetap bermitra dengan jajaran pers untuk memajukan pembangunan Provinsi Jambi. Kerja sama dengan pers tersebut penting agar program Jambi MANTAP (Maju, Aman, Nyaman, Tertib, Amanah dan Profesional) bisa terwujud.

“Terkait pelepasan aset tanah Pemprov Jambi kepada PWI Cabang Provinsi Jambi, kami akan berupaya membantu proses pelepasan aset tersebut,”ujarnya.

Dikatakan, kehidupan pers di Provinsi Jambi selama ini cukup baik, termasuk kebebasan pers. Hal itu terbukti dari keberhasilan Provinsi Jambi meraih peringkat kedua se-Indonesia dalam hal Indeks Kemerdekaan Pers (IKP). Tingginya IKP di Provinsi Jambi tersebut menunjukkan, warga masyarakat Jambi cukup cerdas mengikuti perkembangan pers.

“Indeks Kemerdekaan Pers di Jambi ini harus kita tingkatkan agar orang Jambi benar-benar mengapresiasi kehadiran pers dalam pembangunan daerah ini. Selama ini, pers sudah banyak mendukung pembangunan Provinsi Jambi, khususnya dalam penyebaran informasi pembangunan kepada warga masyarakat serta pengawasan pembangunan.Mari kita bangun pers merdeka dan berintegritas di Jambi,”ujarnya. (Matra/AdeSM).

Ketua Umum PWI Pusat, H Atal S Depari (delapan dari kiri), Ketua PWI Cabang Provinsi Jambi, HR Ridwan Agus Depati (sembilan dari kiri), Ketua PWI Cabang Sumut,  H Farianda Putra Sinik (tujuh dari kiri) bersama Pengurus Lengkap PWI Cabang Provinsi Jambi pada pelantikan Pengurus PWI Cabang Provinsi Jambi periode 2022 – 2027 di hotel Golden Harvest, Kota Jambi, Provinsi Jambi, Rabu (7/9/2022). (Foto : Matra/FendiS). 

Susunan Pengurus Lengkap PWI Cabang Provinsi Jambi Periode 2022 – 2027 :

Ketua : HR Ridwan Agus Depati.
1. Wakil Ketua Bidang Organisasi: Nalom Siadari, SE
2. Wakil Ketua Bidang Pembelaan Wartawan: Dodi Irawan, SH
3. Wakil Ketua Bidang Pendidikan: Dr Yunita Pini, SPd, MPDi
4. Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan: R Iwan MA
5. Wakil Ketua Bidang Media Siber dan Multimedia: Risza S Bassar
6. Wakil Ketua Bidang Daerah: Erwin S
7. Wakil Ketua Bidang Kerja Sama: Jakasim Purba
Sekretaris: Drs Arwani
1. Wakil Sekretaris: Busmadi
2. Wakil Sekretaris: M Soleh Rofiki
Bendahara: Hendrawati SE
1. Wakil Bendahara: Agung Kahar Prayitno
Seksi – Seksi:
1. Seksi Olahraga
Ketua: Herianto Reza
Sekretaris: Mirza Isa
Bendahara: Mardiansyah
Anggota : Ade Putra Wijaya, Ari Irawan, Dedi Zamora, Ranto Wibowo .
2. Seksi Pengembangan Organisasi
Ketua: Pirma Satria
Anggota: Nono Wahyu Nugroho, Samsul Bahri, Siti Hawa Hazroni, SE, Tugas Tri Wahyono.
3. Seksi Usaha
Ketua: Sukria Darma, SE
Anggota: Benny Lestia, SE, Andy Mulia dan Pebriyogi Ramadhani.
4. Seksi Pelayan Anggota
Ketua: Rahmudin
Anggota: Pendi Sinabutar, M Hasan dan Andi Brilian.
5. Seksi Advokasi
Ketua: Jurnal Opini, SH
Anggota: M Gazali, SH, MH, Titi Yuswati dan Daniel Saputra.
6. Seksi Hukum
Ketua: M Asroni, SHI.
Anggota: Bainal, SH, M Sasi, SH dan Bahtiar.
7. Seksi Perlindungan Wartawan dalam Hubungan Kerja
Ketua: Rosenman S Manihuruk.
Anggota: Kemas Supriyadi, Suci Mahayanti, Siti Rakine, STHI dan Dicky
Syahputra, SH
8. Seksi Penelitian dan Pengembangan
Ketua: Dasri Nasution SH (TVRI)
Anggota: Radesman Saragih S Sos, Meri Pransida, SE dan Iswa, ST.
9. Seksi Sosial
Ketua: E Septimen Loethfi
Anggota: Abdul Mu’in, Parwira, Sugito dan H Joni Achmad.
10. Seksi Kompetensi Wartawan
Ketua: Candra
Anggota: Laimak Spdi, MPd, Ari Kunari dan Muchtarudin.
11. Seksi Pendidikan dan Latihan, Perpustakaan
Ketua: Mustopa Leman, ST
Anggota: H Tabrani, SPdI, Asmadi, ST dan Dedy Rachmawan.
12. Seksi Humas, Dokumentasi dan Publikasi
Ketua: Janewar Usman
Anggota: Muawin, SPd, River Brimer, Firdaus H Sianturi dan Hambali.

Dewan Penasehat PWI Cabang Provinsi Jambi periode 2022 – 2027 :

1. Prof Dr H Abdul Bari Azed, SH, MH
2. Drs H Mursyid Songsang, MPd
3. Irjen Pol (Purn) Drs H Bambang Suparsoni, SH, MH
4. Drs Dahril Miftah, MSi
5. Munawir, SH, MH
6. H Sanur Datuk Iman Malelo
7. Bernad Tampubolon
8. Khusaeri Seger, ME
9. Raden Sarjono, SE, MM
10. Drs Syarif Abdullah, SE
11. Rahma Juwita, SE
12. H Leman Burhan
13. H Syafrudin Dahlan, SH
14. Drs Arlis
15. Efendi Nasution
16. Merdeka Sari Sinaga
17. Robinson Simanjuntak. (Matra/AdeSM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.