4 Oktober 2022
Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos, MH (tiga dari kiri), Wakil Gubernur Jambi, H Abdullah Sani (tiga dari kanan) bersama jajaran Dinas Kesehatan Provinsi Jambi dan para penerima Kartu Jambi Sehat pada Advokasi dan Sosialisasi Pembiayaan Kesehatan dan Launching Kartu Jambi Sehat di Hotel Shang Ratu, Selasa (6/9/2022). (Foto : Matra/KominfoJambi).

(Matra, Jambi) – Sekitar 75.586 orang warga miskin di Provinsi Jambi kini sudah bisa menikmati pelayanan kesehatan gratis menyusul terealisasinya program Kartu Jambi Sehat. Warga miskin di Jambi tersebut mendapatkan Kartu Jambi Sehat melalui kerja sama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Kesehatan Jambi.

“Pemprov Jambi sudah menyerahkan 75.586 Kartu Jambi Sehat kepada warga masyarakat Provinsi Jambi hingga Juli 2022. Penerima Kartu Jambi Sehat tersebut semuanya warga masyarakat Jambi yang tidak mampu dan layak mendapatkan bantuan kesehatan dari Pemprov Jambi,”kata Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos, MH pada Advokasi dan Sosialisasi Pembiayaan Kesehatan dalam mendukung Universal Health Governance (UHG) dan Kemitraan Penyakit Prioritas serta Launching (Peluncuran) Kartu Jambi Sehat di Hotel Shang Ratu, Selasa (6/9/2022).

Pada kesempatan tersebut, Al Haris didampingi Wakil Gubernur Jambi, Drs H Abdullah Sani,MPdI dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, dr Ferry Kusnadi, SpOg menyerahkan Kartu Jambi Sehat secara simbolis kepada seorang warga miskin Kota Jambi.

Menurut Al Haris, Pemprov Jambi terus berupaya membantu masyarakat yang tidak mampu guna mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik dengan memberikan Kartu Jambi Sehat. Kartu Jambi Sehat merupakan salah satu program Dua Miliar Satu Kecamatan (Dumisake) yang merupakan program unggulan Gubernur Jambi dan Wakil Gubernur Jambi periode 2021 – 2025.

“Kartu Jambi Sehat merupakan program dari Jambi Sehat untuk mewujudkan Jambi Maju, Aman, Nyaman, Tertib, Amanah dan Profesional (MANTAP) 2024. Sasaran Kartu Jambi Sehat warga masyarakat kurang mampu. Melalui Kartu Jambi Sehat, warga masyarakat kurang mampu bisa mendapatkan pelayanan gratis,”katanya.

Al Haris mengharapkan, Kartu Jambi Sehat tersebut dapat meringankan beban masyarakat yang kurang mampu di Provinsi Jambi. Dengan demikian mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik.

“Kami berharap semakin banyak masyarakat yang kurang mampu bisa mendapatkan Kartu Jambi Sehat ini di masa mendatang. Hal ini penting untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat kurang mampu,”tambahnya.

Dijelaskan, program Kartu Jambi Sehat terealisasi juga merupakan hasil sinergitas (kerja sama) dengan Pemerintah Pusat. Kerja sama tersebut terutama untuk mendukung salah satu program nasional, yaitu program Indonesia Sehat. Program Indonesia Sehat merupakan bentuk promosi pemberian pelayanan kesehatan yang lebih berkualitas kepada masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, dr Ferry Kusnadi, SpOG pada kesempatan tersebut mengatakan, Pemprov Jambi mencanangkan program Kartu Jambi Sehat yang merupakan bagian dari program Dumisake. Karena itu penyediaan Kartu Jambi Sehat dilaksanakans esuai dengan petunjuk teknis program Dumisake.

“Program Dumisake ini dilaksanakan di setiap kabupaten/kota se-Provinsi Jambi. Dumisake ini menjadi program prioritas bidang kesehatan kita di samping Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) yang telah dilaksanakan di rumah sakit pemerintah,”katanya. (Matra/AdeSM).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.