29 September 2022
Ruas jalan Bangko, Kabupaten Merangin – Kerinci, Provinsi Jambi, tepatnya di Km 32 Desa Birun, Kecamatan Pangkalan Jambi, Merangin yang diterjang longsor, Jumat (2/9/2022) subuh. (Foto : Matra/HumasPolresMerangin).

(Matra, Jambi) – Arus transportasi Kota Sungaipenuh dan Kabupaten Kerinci – Bangko, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi yang sempat lumpuh akibat longsor sejak Jumat (2/9/2022) pagi mulai normal kembali. Ruas jalan Kerinci – Bangko sudah dapat kembali dilalui kenderaan setelah material longsor yang menimbun badan jalan di beberapa titik atau lokasi dibersihkan menggunakan alat berat.

Kapolres Merangin, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Dewa Ngakan Nyoman Arinata, SIK, MH didampingi Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Merangin, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Eko Sudiharsono di Bangko, Merangin, Jambi, Jumat (2/9/2022) malam menjelaskan, arus lalu lintas Bangko – Kerinci yang sempat lumpuh akibat longsor sudah mulai lancar.

“Material longsor yang menimbun badan jalan di beberapa titik sudah dibersihkan menggunakan alat berat. Namun arus lalu lintas masih diatur dengan sistem buka tutup. Selain itu para pengendara yang melintas juga diminta berjalan lambat dan waspada longsor susulan,”katanya.

Dijelaskan, hujan deras yang melanda Kerinci – Merangin sepanjang Kamis (1/9/2022) membuat daerah perbukitan di ruas jalan Bangko, Merangin – Kerinci longsor. Lokasi longsor terdapat di Kilometer (Km) 72 Desa Birun, Kecamatan Pangkalan Jambu, Kabupaten Merangin.

Badan jalan yang tertimbun longsor mencapai belasan titik. Material yang menimbun jalan terdiri dari batu, tanah dan kayu. Material longsor yang menimbun jalan baru bisa dibersihkan Jumat sore setelah satu unit alat berat dikerahkan ke lokasi. Longsor sempat membuat macet total hingga lebih lima jam dan banyak kendaran terjebak.

Dewa Ngakan NYoman Arinata menjelaskan, pihaknya masih menyiagakan petugas di lokasi jalan yang longsor tersebut mengatur arus lalu lintas. Selain itu alat berat juga masih siaga di sekitar lokasi longsor. Pengaturan lalu lintas turut dibantu petugas Polsek Sungaimanau, anggota TNI dari Kodim 0420/Sarko, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil Sungaimanau, anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Merangin dan warga masyarakat.

Sementara itu catatan medialintassumatera.net (Matra), ruas jalan di perbukitan, Bangko – Kerinci yang merupakan akses dari Kota Jambi ke Kota Sungaipenuh dan Kerinci menjadi langganan longsor setiap musim hujan. Kerawanan longsor dan ambles ruas jalan tersebut disebabkan kondisi tanah di kawasan perbukitan yang labil.

Ruas jalan Bangko – Kerinci juga dilanda longsor akibat hujan lebat, Minggu (10/10/2021). Longsor terjadi di ruas jalan Muaraemat, Kecamatan Batangmerangin, Kabupaten Kerinci, Jambi. Longsor saat itu sempat membuat travel (bus) penumpang terjebak material longsor. (Matra/AdeSM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.