29 September 2022
Gubernur Jambi, H Al Haris (dua dari kanan) menandatangani berita acara serah terima hasil TMMD ke-114 tahun 2022 pada penutupan TMMD ke-114 di lapangan sepakbola Siulak Deras Mudik, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, Rabu (24/8/2022). (Foto : Matra/KominfoJambi).

(Matra, Kerinci) – Program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-114 di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi yang dilaksanakan sejak 26 Juli hingga 24 Agustus 2022 berhasil membangun sarana dan prasarana infrastruktur jalan desa. Ruas jalan baru pedesaan yang dibangun prajurit TNI selama TMMD tersebut mencapai 6,2 kilometer (Km) dengan lebar delapan meter. Selain itu, program TMMD di daerah pegunungan Jambi tersebut juga berhasil membantu mengatasi stunting (terhambatnya pertumbuhan) anak-anak pedesaan.  

Hal tersebut dikatakan Wakil Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos, MH pada penutupan TMMD ke-114 tahun 2022 Wilayah Kodim 0417/Kerinci di lapangan sepakbola Siulak Deras Mudik, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, Rabu (24/8/2022).

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Danrem 042/Gapu Jambi, Brigjen TNI Supriono, Bupati Kerinci, Adi Rozal dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kerinci. Pada kesempatan tersebut, Al Haris menyerahkan bantuan paket sembako kepada warga masyarakat desa yang berhak menerima.

Menurut Al Haris, ruas jalan sepanjang 6,2 Km dengan lebar delapan meter yang dibangun selama TMMD di Kerinci, yakni mulai dari Kelurahan Siulak Deras, Kecamatan Gunung Kerinci hingga Desa Batu Hampar, Kecamatan Kayu Aro Barat. Selain itu dilakukan juga rehabilitas satu unit masjid dan satu lapangan sepakbola. Kemudian dibangun juga instalasi air bersih 400 meter dan pembuatan Mandi Cuci Kakus (MCK) di Siulak Deras.

Dikatakan, selain membangun sarana fisik, TMMD di Kerinci juga turut membantu pelayanan kesehatan, pertanian, keamanan dan ketertiban masyarakat, pencegahan narkotika dan obat-obat berbahaya (narkoba) dan pencegahan Covid-19. TMMD di Kerinci juga melakukan pengobatan massal, pelayanan keluarga berencana, penanganan stunting (kurang gizi), posyandu dan pos bindu penyakit tidak menular.

“Semua kegiatan tersbeut bertujuan membangun, memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat untuk mendukung program pemerintah tentang percepatan penurunan stunting, ketahanan pangan dan penanganan kesehatan di wilayah,”katanya.

Al Haris mengatakan, untuk masa mendatang banyak lagi harapan masyarakat dan pemerintah daerah terhadap program TMMD di Jambi. Di antaranya upaya memelihara semangat kebersamaan antara rakyat dan TNI sehingga tidak masyarakat tidak mudah terhasut dan terprovokasi.

Kemudian memelihara semangat gotong – royong sebagai warisan budaya bangsa yang sudah terbina begitu lama. Selain itu menjaga hasil program TMMD agar tetap bermanfaat bagi masyarakat dalam waktu yang cukup Panjang.

Gubernur Jambi, H Al Haris (tengah) bersama Danrem 042/Gapu Jambi, Brigjen TNI Supriono (kanan) dan Bupati Kerinci, H Adi Rozal pada TMMD ke-114 di lapangan sepakbola Siulak Deras Mudik, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, Rabu (24/8/2022). (Foto : Matra/KominfoJambi).

Sementara itu, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr Dudung Abdurachman dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Gubernur Jambi, H Al Haris pada kesempatan tersebut mengatakannya, pihaknya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak dan elemen masyarakat yang telah membantu secara moril dan materil TMMD ke-114 di Kerinci.
Dikatakan, TMMD ke-114 di Kerinci diharapkan dapat dijadikan sebagai momentum meningkatkan semangat kebersamaan dan gotong – royong serta kemanunggalan antara TNI dan rakyat mengakselerasi program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Hasil program TMMD yang sudah kami serahkan kepada pemerintah daerah harus dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat. Masyarakat harus menjaga dan merawat hasil pembangunan program TMMD ini. Hal itu penting agar nilai manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat dalam jangka waktu yang lama,”katanya.

Sementara itu, Danrem 042/Gapu Jambi, Brigjen TNI Supriono, SIP, MM mengatakan, keberhasilan program TMMD ke-114 di Kerinci tidak terlepas dari kerja sama yang baik antara Pemerintah Provinsi Jambi, Pemerintah Kabupaten Kerinci, dinas instansi terkait dan seluruh komponen masyarakat.

“Kerja sama ini perlu terus dijalin agar hasil-hasil pembangunan TMMD bisa terpelihara dan dilanjutkan di masa-masa mendatang. Warga masyarakat Kerinci dan Jambi juga kami harapkan terus meningkatkan semangat gotong – royong agar pembangunan desa semakin maju,”katanya. (Matra/AdeSM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.